Comscore Tracker

Kaya Manfaat, 6 Keuntungan yang Diperoleh jika Rutin Berenang

Bisa menurunkan risiko terkena berbagai penyakit

Berenang merupakan olahraga yang mengasyikkan. Bergerak bebas tanpa takut berkeringat menjadikan renang sebagai salah satu olah fisik favorit berbagai kalangan.

Ternyata, manfaat olahraga air yang satu ini cukup banyak. Tidak hanya baik untuk menjaga kebugaran badan, berenang secara rutin juga bisa menjaga kualitas mental tetap baik. Apa saja, sih, manfaat yang bisa didapat dari berenang? Yuk, simak penjelasan berikut ini!

1. Menurunkan tingkat stres

Kaya Manfaat, 6 Keuntungan yang Diperoleh jika Rutin Berenangilustrasi seseorang yang merasa bahagia (unsplash.com/Warren Wong)

Stres merupakan musuh bagi banyak orang. Deadline pekerjaan, masalah keluarga, atau sulit tidur dapat mengakibatkan seseorang menderita stres. Namun, ternyata berenang bisa mengatasi masalah ini dengan cukup cepat.

Dilansir Just Swim, berenang secara rutin dapat menurunkan tingkat stres, menurunkan rasa cemas dan depresi, dan memperbaiki kualitas tidur. Tidak hanya menjadikan sehat secara fisik, berenang juga bisa membuat kesehatan mental tetap terjaga.

2. Workout untuk seluruh tubuh

Kaya Manfaat, 6 Keuntungan yang Diperoleh jika Rutin Berenangilustrasi olahraga renang (pexels.com/Jamal Yahya)

Jika kamu mencari aktivitas workout yang efektif untuk seluruh bagian tubuh, renang bisa dijadikan pilihan. Dilansir Just Swim, aktivitas renang melibatkan seluruh otot penyusun tubuh dan berenang selama 30 menit setara dengan melakukan workout selama 45 menit di luar kolam.

Berenang dengan gaya breaststroke atau butterfly lebih disarankan untuk hasil optimal. Namun, secara umum, gaya renang apa saja asalkan dilakukan dengan baik dan benar dapat memberikan efek yang baik untuk kebugaran tubuh.

3. Meningkatkan kualitas tidur

Kaya Manfaat, 6 Keuntungan yang Diperoleh jika Rutin Berenangilustrasi olahraga renang (pexels.com/ShotPot)

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Reid, dkk. dalam jurnal Sleep Med tahun 2010 menyebutkan bahwa melakukan aktivitas fisik aerobik disertai dengan sleep hygiene yang baik dapat meningkatkan kualitas tidur, memperbaiki mood, dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan pada orang dewasa penderita insomnia kronis.

Oleh sebab itu, bagi kamu yang bermasalah dengan tidur, ada baiknya mencoba olahraga renang. Jika dilakukan secara rutin disertai kedisiplinan untuk menerapkan kebiasaan tidur yang baik, maka kualitas tidur akan meningkat.

Baca Juga: Bolehkah Perempuan Berenang saat Menstruasi? Cek Faktanya!

4. Membakar kalori dengan cepat

Kaya Manfaat, 6 Keuntungan yang Diperoleh jika Rutin Berenangilustrasi orang sedang berenang (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Dilansir Healthline, seseorang dengan berat 160 pound dapat membakar sekitar 423 kalori dengan berenang dalam ritme pelan hingga moderat selama satu jam dan dapat meningkat hingga 715 kalori ketika ritme ditingkatkan.

Oleh sebab itu, berenang merupakan salah satu olahraga yang paling efektif untuk membakar kalori. Dengan waktu latihan yang sama, kalori yang dibakar bisa lebih banyak dibanding dengan olahraga darat lainnya.

5. Baik untuk orang dengan kondisi khusus

Kaya Manfaat, 6 Keuntungan yang Diperoleh jika Rutin Berenangilustrasi seorang anak sedang berenang (pexels.com/Porapak Apichodilok)

Berenang disarankan untuk penderita penyakit tertentu. Healthline melansir, olahraga renang baik untuk penderita asthma, multiple sclerosis, osteoarthritis, hingga untuk orang yang dalam kondisi cedera.

Masih dari sumber yang sama, berenang juga baik dilakukan oleh ibu hamil atau bayi. Wanita hamil boleh berenang pada trimester satu, dua, atau tiga. Namun, sebaiknya tetap konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan sebelum melakukan aktivitas ini.

6. Menurunkan risiko berbagai penyakit

Kaya Manfaat, 6 Keuntungan yang Diperoleh jika Rutin Berenangilustrasi olahraga renang (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Renang merupakan olahraga yang punya banyak manfaat untuk tubuh. Dilansir Just Swim, berenang selama 30 menit per minggu dapat menurunkan risiko seseorang menderita penyakit jantung, stroke, dan diabetes tipe 2.

Berbagai manfaat renang tersebut bisa dirasakan oleh siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Jadi, jangan ragu mulai berenang untuk hidup yang lebih baik.

Rutin berenang membuat kesehatan mental terjaga dan badan menjadi lebih sehat, serta terhindar dari berbagai penyakit. Hidup akan terasa  lebih menyenangkan dan bisa beraktivitas lebih lama.

Ratna Kurnia Ramadhani Photo Verified Writer Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kalyana Dhisty

Berita Terkini Lainnya