Comscore Tracker

5 Keuntungan Mengonsumsi Zukini, Bantu Jaga Kekuatan Tulang

Tambahkan ke dalam menu harianmu, ya!

Zukini atau courgette adalah salah satu sumber makanan yang mengandung berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Memiliki bentuk mirip mentimun, zukini sebenarnya masih masuk ke dalam kategori buah-buahan.

Beragam manfaat kesehatan dapat diperoleh dari rutin mengonsumsi zukini. Salah satu keuntungan tersebut berupa kulit jadi lebih awet muda. Selain itu, masih banyak manfaat yang bisa didapat dari zukini sebagai berikut!

1. Menjaga sistem pencernaan tetap normal

5 Keuntungan Mengonsumsi Zukini, Bantu Jaga Kekuatan Tulangilustrasi badan yang bugar (pexels.com/Karolina Grabowska)

Dilansir Healthline, zukini mengandung air, serat tak larut air, dan serat larut air yang menguntungkan bagi proses pencernaan. Kandungan air yang kaya dalam zukini membantu melunakkan feses, sehingga mencegah terkena konstipasi.

Serat tak larut air berfungsi untuk membantu pencernaan makanan, sedangkan serat larut air menjadi nutrisi penting bagi bakteri baik dalam usus. Sebagai gantinya, bakteri tersebut memberikan feedback positif berupa produksi short-chain fatty acid (SCFAs) yang menutrisi sel-sel usus. Hal ini dikemukakan Macfarlane, dkk., dalam jurnal Alimentary Pharmacology & Therapeutics tahun 2006.

2. Membantu menangkal radikal bebas

5 Keuntungan Mengonsumsi Zukini, Bantu Jaga Kekuatan Tulangilustrasi gaya hidup sehat (pexels.com/Marcus Aurelius)

Zukini merupakan salah satu jenis buah yang banyak mengandung vitamin C. Very Well Fit melansir, satu cup saji zukini menyediakan sekitar 24 persen dari kebutuhan vitamin C harian tubuh.

National Institutes of Health melaporkan, vitamin C berperan untuk meningkatkan imunitas, memperbaiki kerusakan sel, dan menunda proses penuaan. Selain itu, vitamin C juga berfungsi untuk membatasi efek kerusakan akibat radikal bebas melalui aktivitas antioksidannya, sehingga membantu mencegah terbentuknya kanker dan penyakit jantung.

Baca Juga: 7 Manfaat Selenium bagi Kesehatan Tubuh, Penting Banget!

3. Menjaga berat badan tetap stabil

5 Keuntungan Mengonsumsi Zukini, Bantu Jaga Kekuatan Tulangilustrasi menimbang berat badan (pexels.com/Andres Ayrton)

Mengonsumsi zukini secara teratur dapat membantu mengurangi berat badan. Healthline melansir, zukini mengandung air dan serat yang tinggi, tetapi rendah kalori, sehingga membantu perut merasa kenyang lebih lama.

Konsumsi nutrisi semacam ini dapat membantu mengurangi asupan kalori berlebihan yang bisa berdampak pada penambahan berat badan yang signifikan. Hasilnya, tubuh jadi lebih sehat dan aktif.

4. Menambah kekuatan tulang

5 Keuntungan Mengonsumsi Zukini, Bantu Jaga Kekuatan Tulangilustrasi berolahraga bersama anak (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Rutin mengonsumsi zukini dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Healthline melansir, zukini kaya akan antioksidan lutein dan zeaxanthin, vitamin K, serta magnesium yang merupakan komponen penting untuk mendukung kekuatan tulang.

Bovier dan Hammond dalam risetnya yang diterbitkan oleh jurnal Foods tahun 2017 mengungkapkan bahwa lutein dan zeaxanthin menjaga kesehatan tulang dengan menurunkan level stres oksidatif yang terjadi, terutama pada individu muda. Kandungan antioksidan tersebut tidak hanya mengurangi pengeroposan tulang, tetapi juga menambah kepadatannya.

5. Menunda penuaan kulit

5 Keuntungan Mengonsumsi Zukini, Bantu Jaga Kekuatan Tulangilustrasi kulit wajah sehat (pexels.com/Ron Lach)

Vitamin C adalah salah satu vitamin yang penting untuk kesehatan kulit. USDA melaporkan, setiap satu cup zukini dalam kondisi raw chopphed mengandung vitamin C sebanyak 22,2 miligram.

Pullar, dkk., dalam studinya yang dipublikasikan oleh jurnal Nutrients tahun 2017 menjelaskan bahwa vitamin C berfungsi untuk membantu sintesis kolagen dan bekerja sama dengan antioksidan untuk melindungi kulit dari bahaya sinar ultraviolet. Oleh karena itu, rutin konsumsi zukini dapat membantu menunda proses penuaan kulit.

Zukini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Kemampuan untuk mencegah munculnya berbagai penyakit, menunda penuaan, hingga membantu menstabilkan berat badan sangat penting untuk menjaga tubuh tetap bugar. Jadi, jangan ragu untuk konsumsi zukini secara teratur, ya!

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Jarak Pagar untuk Berbagai Jenis Penyakit

Ratna Kurnia Ramadhani Photo Verified Writer Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya