Comscore Tracker

6 Manfaat Labu Kuning, Sajian Lezat Saat Buka Puasa 

#RamadanMasaKini Ini dia manfaat labu kuning untuk kesehatan

Berbukalah dengan yang manis, slogan itu terdengar manis pada setiap bulan Ramadan. Di Indonesia, berbuka dengan kolak sangat familiar, bisa kolak pisang, ubi, tape, kolang-kaling, atau labu kuning.

Penganan kolak labu kuning adalah salah satu takjil yang sering diburu para penikmatnya, apalagi rasanya yang manis dan empuk juga mengenyangkan. Sedapnya!

Labu kuning kaya akan nutrisi seperti vitamin A, C, E, riboflavin, magnesium, fosfor, asam folat, dan sebagainya. Selain itu, juga terdapat kandungan yang lain diantaranya karbohidrat, protein, serat, lemak, serta gula. 

Karena banyaknya kandungan nutrisi dalam labu kuning, maka makanan ini pun membawa banyak manfaat sehat. Berikut adalah manfaat labu kuning untuk kesehatan tubuhmu.

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

6 Manfaat Labu Kuning, Sajian Lezat Saat Buka Puasa Pexels.com/Pixabay

Labu kuning kaya akan vitamin C. Seperti kita ketahui, vitamin C sangat baik untuk menjaga daya tubuh kita agar terhindar dari kelelahan atau penyakit. Vitamin C dalam labu kuning ini terdapat dalam kandungan warna oranye di daging buahnya.

2. Mencegah panas dalam

6 Manfaat Labu Kuning, Sajian Lezat Saat Buka Puasa Pexels.com/LolaRussian

Labu kuning yang mengandung vitamin C ini juga bermanfaat untuk mencegah panas dalam. Jika sakit tenggorokan ataupun sariawan, cocok makan kolak labu kuning ini. Dijamin panas dalam akan pergi. Apalagi saat puasa, haus seharian dan tenggorokan juga menjadi kering.

3. Menjadikan kulit sehat

6 Manfaat Labu Kuning, Sajian Lezat Saat Buka Puasa Pexels.com/ChrisHoward

Selagi puasa, kulit sering merasa kering karena kekurangan asupan cairan dalam tubuh. Nah, mengonsumsi kolak labu kuning akan baik sekali untuk kesehatan kulitmu, lho. Dalam labu kuning ini terdapat kandungan zink dan selenium yang berkhasiat untuk membantu menyehatkan kulit.

Baca Juga: 5 Makanan Ini Berkhasiat Jaga Kepadatan Otot Selama Puasa

4. Menyehatkan jantung

6 Manfaat Labu Kuning, Sajian Lezat Saat Buka Puasa Pexels.com/KouroshQaffari

Selain kebaikan di atas, labu kuning juga bisa menjaga kesehatan jantung. Kandungan vitamin B1 di dalamnya sangat baik untuk menjaga jaringan jantung agar tetap sehat. Jika jantung kita sehat, tentunya akan kuat beraktivitas selama puasa, bukan?

5. Melancarkan pencernaan

6 Manfaat Labu Kuning, Sajian Lezat Saat Buka Puasa Pixabay.com/leninscape

Kandungan serat yang tinggi ada dalam labu kuning ini juga akan membantu kesehatan pencernaan selama puasa. Kandungan kalium dalam daging labu kuning mampu menjaga cadangan elektrolit dalam tubuh.

6. Mencegah anemia

6 Manfaat Labu Kuning, Sajian Lezat Saat Buka Puasa Pexels.com/TessEmilySeymour

Saat puasa, anemia nyaris selalu mengancam kesehatanmu. Jika saat berbuka mengonsumsi kolak labu kuning, maka bia mengatasi masalah ini. Dalam labu kuning, kaya akan zat besi yang akan mengatasi anemia. Zat besi ini akan membantu produksi hemoglobin dalam darah, lho.

Ternyata, manfaat labu kuning untuk kesehatan patut kita acungi jempol lho. Jadi tak salah lagi, menu kolak labu kuning harus disantap saat berbuka puasa. Selain rasanya yang lezat dan mengenyangkan, juga kandungan nutrisinya mampu menjaga kesehatanmu selama puasa.

Baca Juga: 6 Makanan Fermentasi Ini Wajib Kamu Coba, Biar Gak Kimchi Melulu

Renny Fitri Photo Verified Writer Renny Fitri

Penyuka fotografi, traveling, dan menjahit. Menyempatkan diri menulis apa saja.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You