Comscore Tracker

5 Tips Gampang Menyetir Melawan Kantuk, Boleh Minum Kopi Kok!

Kalau ngantuk melipir, Guys

Menyetir harus sangat berhati-hati. Ngantuk sedikit bisa-bisa berakhir fatal. Tentunya, kita tidak mau hal yang tidak diinginkan terjadi, bukan?

Menyetir dengan aman sampai tujuan adalah prinsip yang harus dijaga setiap pengendara. Menyetir saat ngantuk? Jangan dilanjutkan! Sebaiknya, pahami hal-hal berikut ini agar menyelamatkan diri dari kantuk yang sewaktu-waktu menyergap.

1. Sebelum menyetir, sempatkan minum kopi

5 Tips Gampang Menyetir Melawan Kantuk, Boleh Minum Kopi Kok!Pexels.com/ChevanonPhotography

Sah-sah saja meminum kopi sebelum menyetir karena kadar kafein yang ada akan menunda kantuk serta menyegarkan staminamu. Namun, hendaknya minum kopi setengah hingga satu jam sebelum menyetir, ya. Itu karena kafein baru bereaksi setelah waktu tersebut.

2. Jika menyetir jarak jauh, melipir setiap dua jam untuk beristirahat

5 Tips Gampang Menyetir Melawan Kantuk, Boleh Minum Kopi Kok!Pexels.com/picjumbo.com

Jarak jauh dan ngantuk menyergap? Jangan abaikan. Carilah tempat untuk beristirahat. Tidurlah selang beberapa saat, 20-30 menitan tak masalah. Lalu, regangkan otot agar tidak kaku dan hirup oksigen sebanyak-banyaknya agar pikiran juga segar. Energi pun akan terkumpul untuk melanjutkan perjalanan kembali.

Baca Juga: 6 Makanan yang Harus Kamu Bawa Saat Mudik untuk Atasi Mabuk Perjalanan

3. Dilarang keras mengonsumsi obat-obatan atau minuman beralkohol sebelum atau saat menyetir, ya

5 Tips Gampang Menyetir Melawan Kantuk, Boleh Minum Kopi Kok!Pexels.com/Energipic.com

Tentunya, larangan dilarang meminum alkohol dan obat-obatan ini sudah menjadi peraturan di seluruh negara. Meminum alkohol akan menyebabkan konsentrasi terganggu. Kewaspadaan dalam berkendara juga akan lalai. Untuk itu, hindari meminum alkohol dan obat-obatan demi keselamatan menyetir.

4. Setel musik kesayangan agar hatimu ikut terbawa ceria saat kamu menyetir

5 Tips Gampang Menyetir Melawan Kantuk, Boleh Minum Kopi Kok!Pexels.com/Kaboompics.com

Saat ngantuk menerpa, mood bisa dibangun dengan menyetel lagu kesukaan kamu di mobil. Setel sesuka hati. Namun, jangan memutar volume yang berlebihan, ya. Bisa-bisa malah bikin pecah konsentrasi saat menyetir.

5. Minta teman untuk menemani perjalananmu, setidaknya ada teman untuk mengobrol

5 Tips Gampang Menyetir Melawan Kantuk, Boleh Minum Kopi Kok!Pexels.com/Brucemars

Hal ini yang paling menyenangkan. Mengobrol sepanjang perjalanan akan menghilangkan kantuk. Ditemani seorang teman saat menyetir adalah cara jitu. Teman kamu juga bisa mengingatkan kalau kamu kurang konsentrasi saat menyetir.

Itulah tips menyetir untuk melawan rasa kantuk kamu. Tetap berkendara dengan aman dan nyaman serta patuhi aturan berlalu-lintas agar kamu selamat sampai tujuan, ya. Keluarga kamu sangat menunggu kedatanganmu di rumah! Ingat, kalau ngantuk segera melipir, ya.

Baca Juga: 5 Penyebab Mabuk Perjalanan yang Harus Kamu Tahu

Renny Fitri Photo Verified Writer Renny Fitri

Penyuka fotografi, traveling, dan menjahit. Menyempatkan diri menulis apa saja.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You