Comscore Tracker

5 Masalah Kesehatan Ini Akan Terjadi Pada Tubuhmu jika Kelebihan Garam

Karena semua yang berlebihan pasti tidak baik

Setiap orang membutuhkan garam untuk bertahan hidup karena tubuh manusia bergantung pada natrium untuk kontraksi otot, transmisi saraf dan sistem kontrol guna menyeimbangkan cairan tubuh, bersama dengan elektrolit lain seperti kalium.

Garam membuat banyak makanan terasa lebih enak, tapi tanpa banyak orang ketahui, terlalu banyak makan garam dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Para ahli menjelaskan 5 hal yang akan terjadi kepada tubuhmu saat kamu terlalu banyak mengonsumsi garam!

1. Kamu mulai memiliki masalah ginjal

5 Masalah Kesehatan Ini Akan Terjadi Pada Tubuhmu jika Kelebihan Garamnutritiouslife.com

Tingginya natrium atau yang dikenal dengan garam dalam tubuhmu bisa meningkatkan risiko terjadinya batu ginjal. Hal ini dikarenakan garam akan meningkatkan jumlah kalsium - yang menjadi faktor kunci pembentukan batu ginjal - di dalam urin. Saat kamu mengonsumsi lebih banyak garam, tubuh menahan lebih banyak air untuk mencoba mencairkan natrium tersebut.

Tubuhmu biasanya menghilangkan kelebihan cairan dengan menyaring darah melalui ginjalmu untuk mengambil air dari darahmu. Namun saat kamu memiliki banyak kandungan natrium, ginjal akan membuang lebih sedikit air. Oleh karena itu, tekanan darahmu meningkat. Hal ini dapat menyebabkan gagal ginjal karena, ketika tekanan darahmu naik untuk menampung kelebihan garam, itu memberikan tekanan luar biasa pada pembuluh darah arteri yang mengarah ke ginjal.

2. Tekanan darahmu akan meningkat

5 Masalah Kesehatan Ini Akan Terjadi Pada Tubuhmu jika Kelebihan Garampexels.com

Seperti yang telah dijelaskan di atas, orang-orang yang mengonsumsi banyak garam dalam makanan mereka memiliki risiko lebih besar untuk mengalami tekanan darah tinggi. Ini terjadi karena garam membuatmu menahan air, yang membuat jantungmu memompa lebih keras.

Hal tersebut akan menempatkan banyak tekanan di organmu. Hingga akhirnya tekanan ini dapat menyebabkan penyakit jantung, stroke, demensia, penyakit kardiovaskular dan masalah serius lainnya.

Baca Juga: Ini Lho Alasan Mengapa Garam Membuat Masakan Kamu Terasa Enak

3. Kamu akan merasa kembung

5 Masalah Kesehatan Ini Akan Terjadi Pada Tubuhmu jika Kelebihan Garamgetthegloss.com

Saat kamu mengonsumsi terlalu banyak garam, kamu akan menahan air, seperti yang telah kita bahas sebelumnya. Kebanyakan orang berpikir perasaan kembung ini hanya di perut mereka saja.

Namun jangan salah, garam bisa membuatmu menahan air di seluruh tubuhmu. Hal ini bisa menyebabkan edema, pembengkakan di beberapa area tubuh seperti kaki dan tangan karena konsumsi garam yang terlalu berlebih.

4. Kamu akan lebih sulit konsentrasi dan mudah hilang fokus

5 Masalah Kesehatan Ini Akan Terjadi Pada Tubuhmu jika Kelebihan Garampexels.com

Banyak hal yang dapat menyebabkan gangguan kognitif, termasuk kelebihan garam. Kesulitan untuk berkonsentrasi ini biasanya merupakan tanda peradangan, yang bisa disebabkan oleh kelebihan garam. Selain itu, orang yang mengonsumsi banyak garam biasanya tidak minum cukup air dan dehidrasi dapat menyebabkan gangguan kognitif juga.

5. Tulangmu bisa lebih rentan terkena osteoporosis.

5 Masalah Kesehatan Ini Akan Terjadi Pada Tubuhmu jika Kelebihan Garamamazonaws.com

Tanpa kamu sadari, tingginya kadar garam dalam tubuhmu akan menyebabkan kamu kekurangan kalsium. Hal ini disebabkan karena semakin banyak garam yang kamu konsumsi, semakin banyak kalsium yang terbuang dalam urin. Saat kamu tidak punya cukup kalsium dalam darah, akhirnya tubuh mengambilnya dari tulang yang akan menyebabkan osteoporosis.

Nah, sekarang sudah tahu kan apa yang akan terjadi pada tubuhmu kalau terlalu banyak mengonsumsi garam? Garam memang enak, dan setiap makanan yang tidak ada garamnya tentu akan terasa hambar. Namun semua yang berlebihan tentu tidak baik, karena itu berhati-hati ya!

Baca Juga: 5 Pilihan Olahraga Paling Pas Buat Kamu yang Kelebihan Berat Badan

Topic:

  • Ribka Eleazar Handoyo
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya