Comscore Tracker

Pandemik Percepat Digitalisasi Layanan Kesehatan

Telemedicine bisa tanggapi hingga 50.000 layanan kesehatan

Jakarta, IDN Times - Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan bahwa pandemik COVID-19 mempercepat proses digitalisasi layanan kesehatan di Indonesia. 

Hal ini disampaikan saat menjadi pembicara dalam acara Indonesia Millenial & Gen-Z Summit 2022 di The Tribrata, Jakarta, pada Kamis (29/9/2022).

"Dulu kita mau vaksinasi itu susahnya setengah mati, sekarang kita bisa melakukan itu dengan menggunakan WA (WhatsApp)," ujar dia.

Selain itu, pandemi memicu meningkatnya layanan kesehatan telemedicine. Menurut pemaparan Budi, telemedicine bisa menanggapi hingga 50.000 layanan kesehatan dalam sehari pada awal pandemik berlangsung.

Digitalisasi layanan kesehatan juga mempermudah sekaligus mempercepat proses distribusi vaksin. Ini menjadi faktor penting dalam menurunkan angka kasus COVID-19 di Indonesia. 

Program digitalisasi layanan kesehatan ini tentunya didukung oleh kolaborasi dari berbagai sektor, baik itu pemerintah dan swasta. 

Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2022 yang digelar IDN Media mengusung tema Indonesia Fast Forward. Acara ini berlangsung 2 hari, 29-30 September 2022, di Tribrata Jakarta, dengan menghadirkan 3 stage, yakni Visionary Leaders by IDN Times, Future is Female by Popbela, dan Talent Trifecta by ICE.

IMGS 2022 menghadirkan 115 pembicara kompeten di berbagai bidang, dari politik, ekonomi, bisnis, olahraga, budaya, lintas agama, sosial, lingkungan sampai kepemimpinan milennial.  Ajang milennial dan Gen-Z terbesar di Tanah Air ini dihadiri lebih dari 4.000 future leader Indonesia. Dalam IMGS 2022, IDN Times juga meluncurkan Indonesia Gen Z and Millennial Report 2022. Survei ini dikerjakan IDN Research Institute bekerja sama dengan Populix.

Survei ini digelar pada periode 27 Januari-7 Maret 2022, dengan margin of error kurang dari 5 persen. Melalui survei yang melibatkan 1.000 responden di 12 kota dan daerah aglomerasi ini, IDN Times ingin menyajikan potret yang jelas dan lengkap mengenai Gen Z Indonesia, sehingga bisa memahami dan membentuk mereka lebih baik sebagai calon pemimpin bangsa. Simak hasilnya di IMGS 2022, dan ikuti perkembangannya di situs kami, IDN Times.

Baca Juga: Menkes Pastikan 250 Ribu Vaksin Meningitis Siap Awal Oktober

Topic:

  • Nurulia

Berita Terkini Lainnya