Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Tetap Perlu Berolahraga Walau Hanya Berada #DiRumahAja

Meski #DiRumahAja, kesehatan tetap nomor satu lho!

Di tengah ramainya ajakan untuk #DiRumahAja karena pandemi COVID-19, kita mungkin akan menghabiskan sebagian besar waktu di rumah. Meski di rumah, bukan berarti kamu hanya berdiam diri dan gak produktif.

Kamu tetap bisa bekerja dari rumah (work from home) atau melakukan aktivitas lain seperti berolahraga. Ada beragam pilihan olahraga yang bisa kamu lakukan dari rumah, seperti olahraga kardio, push-up, sit-up, yoga, senam lantai, skipping atau lompat tali, joging, menari, dan masih banyak lagi.

Berikut ini beberapa alasan kenapa kamu harus tetap berolahraga meski kamu sedang melakukan physical distancing di rumah.

1. Membuat kamu tetap sehat

5 Alasan Kamu Tetap Perlu Berolahraga Walau Hanya Berada #DiRumahAjafitnessgalore.net

Kamu mungkin sudah tahu bahwa olahraga itu bisa menyehatkan tubuh, termasuk olahraga yang kamu lakukan dari rumah. Bahkan, olahraga berkontribusi meningkatkan sistem imun tubuh, terang laman health.harvard.edu.

2. Mengurangi stres

5 Alasan Kamu Tetap Perlu Berolahraga Walau Hanya Berada #DiRumahAjawhateveryourdose.com

Di masa pandemi corona seperti saat ini, kamu mungkin merasa stres karena aktivitasmu menjadi lebih terbatas. Banyaknya paparan pemberitaan di media mengenai corona juga mungkin akan menambah stres. Daripada stres, gak ada salahnya untuk mengalihkannya ke kegiatan olahraga, bukan?

Dilansir dari academiamag.com, olahraga berperan dalam mengusir stres. Ini karena olahraga akan membuat tubuh memproduksi hormon endorfin. Hormon ini merupakan neurotransmitter otak yang membantumu mencapai ketenangan dan memunculkan perasaan positif. 

Baca Juga: 7 Kesalahan Olahraga saat Pandemi COVID-19, Bijak Cegah Virus Corona

3. Menghindari kamu bepergian ke luar rumah

5 Alasan Kamu Tetap Perlu Berolahraga Walau Hanya Berada #DiRumahAjafreepik.com/josepcurto

Dengan berolahraga, kamu akan terhindar dari rasa bosan. Kamu pun bisa merasa lebih nyaman di rumah dan ini bisa mencegah kamu bepergian ke luar rumah untuk melakukan sesuatu yang gak perlu.

4. Sebagai ajang untuk lebih dekat dengan anggota keluarga

5 Alasan Kamu Tetap Perlu Berolahraga Walau Hanya Berada #DiRumahAjafreepik.com/vgstockstudio

Kamu bisa melakukan olahraga di rumah bersama orang-orang di rumah, seperti orang tua, kakak atau adik, pasangan, atau saudaramu. Terutama kalau kamu jarang bercengkrama bersama mereka, kamu bisa menjadikan ini sebagai kesempatan untuk melakukan quality time bersama mereka.

5. Olahraga di rumah gratis dan bisa kamu lakukan kapan saja

5 Alasan Kamu Tetap Perlu Berolahraga Walau Hanya Berada #DiRumahAjacnbc.com

Dibandingkan harus pergi ke gym atau tempat olahraga lainnya, olahraga di rumah jauh lebih murah atau bahkan gratis. Kamu pun bisa menghemat pengeluaran. Selain itu, olahraga di rumah juga bersifat fleksibel karena bisa kamu lakukan kapan saja.

Nah, itulah tadi beberapa alasan kenapa kamu harus tetap berolahraga meski sedang melakukan physical distancing di rumah. Ternyata, ada banyak manfaatnya, kan? Jadi, jangan malas untuk tetap berolahraga, ya!

Baca Juga: 5 Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah, Bisa Tingkatkan Sistem Imun

Rivandi Pranandita Putra Photo Verified Writer Rivandi Pranandita Putra

IG: @rivandipputra

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya