Comscore Tracker

5 Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan, Jangan Sampai Sakit!

Hati-hati jangan sampai sakit, ya

Menjaga tubuh agar tetap sehat tentu merupakan suatu kewajiban yang setiap hari harus kita jalankan, terlebih lagi ketika musim hujan. Biasanya musim hujan tubuh lebih mudah terserang penyakit seperti demam, flu, batuk, masuk angin dan penyakit lainnya. Hal tersebut disebabkan karena pada saat musim hujan mikroba lebih mudah untuk berkembang biak dan menginfeksi tubuh manusia. Nah jika daya tahan tubuh kita lemah pastinya akan sangat mudah penyakit menyerang tubuh kita.

Untuk itu kita harus menjaga tubuh kita dengan baik supaya tidak mudah terserang penyakit atau tertular penyakit, berikut ini beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan saat musim hujan.

1. Tetap antisipasi saat beraktifitas diluar ruangan

5 Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan, Jangan Sampai Sakit!unsplash.com/osmanrana

Tips pertama yang harus kamu lakukan untuk menjaga kesehatan saat musim hujan yaitu, pada saat beraktifitas diluar ruangan kamu harus selalu antisipasi membawa barang-barang yang bisa melindungimu saat hujan turun. 

pastikan kamu tetap membawa payung atau jas hujan ketika bepergian dan beraktifitas diluar. Supaya saat hujan kamu gak basah kuyup, karena saat tubuh terpapar suhu dingin yang tidak biasa, itu akan membuat kamu lebih cepat terserang penyakit. Selain itu jangan lupa juga untuk membawa tas yang tercover sehingga saat hujan turun tas yang kamu bawa gak basah terguyur hujan, kamu juga gak akan panik karena barang-barang di dalam tas mu aman. Selain itu untuk mencegah masuk angin pakailah pakaian yang hangat saat berada diluar. 

Jangan lupa juga untuk selalu memantau prediksi cuaca dari BMKG supaya kamu lebih waspada terhadap kemungkinan cuaca buruk yang akan terjadi.

2. Melindungi diri dari air kotor

5 Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan, Jangan Sampai Sakit!pexels.com/Lisa Fotios

Pada saat musim hujan biasanya kamu akan menemukan genangan air kotor, atau selokan yang tersumbat karena tumpukan sampah. Jika kamu hidup diperkotaan kamu pasti sudah tidak asing dengan banjir. Untuk itu lindungilah dirimu supaya tidak terkena air kotor. Kamu bisa menggunakan sepatu boots karet untuk melindungi diri dari banjir dan genangan air kotor saat musim hujan. 

3. Menyediakan stok bahan makanan di rumah

5 Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan, Jangan Sampai Sakit!pixabay.com/mohamed_hassan

Biasanya saat musim hujan perut akan mudah lapar, gak sedikit orang memilih untuk menunda makan dengan alasan menunggu hujan reda. Padahal menunda makan itu jelas gak baik buat kesehatan, nah biar kamu gak selalu nunda makan dan gak perlu kehujanan untuk membeli makanan, sebaiknya kamu menyediakan stok bahan makanan supaya saat lapar kamu bisa masak di dapur, selain lebih irit memakan makanan yang baru dimasak saat musim hujan pastinya bikin tubuh kita tetap hangat. 

Baca Juga: 12 Hal Nikmat yang Cuma Bisa Kamu Lakukan di Musim Hujan

4. Istirahat yang cukup

5 Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan, Jangan Sampai Sakit!unsplash.com/kalegin

Meskipun ada banyak pekerjaan yang harus diselesaikan sebaiknya kamu gak mengabaikan waktu untuk istirahat. Hindari bergadang saat malam hari, ketika merasa ngantuk dan lelah sebaiknya kamu menyegerakan diri untuk beristirahat, pastikan tubuh mendapatkan porsi tidur yang cukup. Karena jika berlebih akan membuat tubuh menjadi lemas dan kaku pada otot. Tidur yang cukup bisa memulihkan kembali stamina serta memperbaiki sistem kekebalan tubuh. 

5. Menjaga kebersihan rumah

5 Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan, Jangan Sampai Sakit!unsplash.com/flaxeco

Saat musim hujan kamu harus lebih rajin lagi membersihkan rumah, perhatikanlah kebersihan lantai, dapur, kamar mandi. Selain itu juga pastikan bagian dalam rumah mendapatkan sirkulasi udara supaya tidak pengap dan lembap. Hindari menggantung pakaian selama berhari-hari supaya tidak menjadi sarang nyamuk.

Selain menjaga kebersihan di dalam rumah jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan pekarangan rumah. Segera bakar sampah jangan biarkan menumpuk, perhatikan juga selokan tempat pembuangan air, segera bersihkan jika terdapat banyak sampah, ingatlah selalu bahwa sampah adalah sarang penyakit, untuk itu tetaplah selalu menjaga kebersihannya supaya kesehatanmu tetap terjaga.

Nah itu dia beberapa tips menjaga kesehatan saat musim hujan, semoga bermanfaat ya, dan jangan lupa untuk diterapkan ya, supaya saat musim hujan kamu gak gampang terserang penyakit. 

Baca Juga: 15 Hal Sederhana yang Diidam-idamkan oleh Jomblo Ketika Musim Hujan Tiba

Rizky Annisa Photo Verified Writer Rizky Annisa

Instagram: rizky_annisa_muna

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You