Comscore Tracker

Awas! Ini Bahayanya Menarik Lengan Anak Terlalu Kuat

Anak bisa mengalami cedera

Biasanya anak akan menjerit kegirangan saat orang tuannya mengayunkan tangannya ke depan dan ke belakang, layaknya ayunan. Namun, tahukah kamu bahwa aktivitas yang tampak menyenangkan ini bisa menyebabkan cedera pada anak? Cedera yang dimaksud adalah nursemaid's elbow.

Nursemaid's elbow adalah cedera pada siku yang cukup sering terjadi, terutama di kalangan anak-anak dan balita. Cedera ini terjadi saat lengan anak ditarik oleh pengasuh (nursemaid) dan salah satu tulang pada persendian siku mengalami pergeseran atau dislokasi.

Bisa terasa sangat menyakitkan untuk anak, berikut ini adalah hal-hal yang perlu diketahui tentang cedera siku nursemaid's elbow.

1. Apa itu nursemaid's elbow?

Awas! Ini Bahayanya Menarik Lengan Anak Terlalu Kuatpexels.com/Anete Lusina

Melansir KidsHealth, nursemaid's elbow (juga dikenal dengan pulled elbow) yaitu kondisi siku terlepas dari tempat normalnya pada persendian. 

Tulang siku (jari-jari) dihubungkan ke sendi siku (humerus) oleh pita elastis yang disebut ligamen. Ligamen ini tumbuh lebih kuat dan lebih erat seiring bertambahnya usia anak.

Pada anak kecil dan bayi, ligamennya masih kendor. Hal ini memudahkan siku terlepas dari tempatnya. Balita dan anak usia prasekolah berisiko mengalami cedera siku yang biasa disebut nursemaid's elbow. Terkadang itu terlepas dengan sendirinya.

Dalam kebanyakan kasus, ahli perawatan kesehatan akan mengembalikan ligamen ke tempatnya dengan melakukan gerakan lengan yang cepat dan lembut.

Pada anak usia di bawah 5 tahun, mungkin anak belum bisa mengomunikasikan dengan benar apa yang ia rasakan. Jadi, orang tua perlu memperhatikan bila anak sudah mulai tidak aktif menggunakan atau menggerakkan lengannya.

Perhatikan apabila anak jadi rewel atau lebih rewel dan mengeluh tangannya sakit tanpa ada riwayat jatuh atau terbentur benda keras. Pada nursemaid's elbow memang tidak ditemukan luka, memar, atau bengkak. Hanya saja anak akan merasakan sakit di bagian lengannya.

2. Penyebab nursemaid’s elbow

Awas! Ini Bahayanya Menarik Lengan Anak Terlalu Kuatpexels.com/VisionPic.net

Kondisi nursemaid’s elbow nyatanya bisa membahayakan kesehatan anak. Maka dari itu, orang tua perlu memahami hal-hal apa saja yang berisiko menyebabkan cedera tersebut pada anak. Apa saja?

  • Menarik tangan anak bisa menyebabkan tekanan pada siku. Jangan pernah menggendong balita atau bayi dengan tangan atau pergelangan tangan, tetapi angkatlah di bagian bawah ketiak.
  • Mengayunkan balita dengan memegang tangan atau pergelangan tangan bisa memberi tekanan pada sendi siku dan harus dihindari.
  • Menyentakkan lengan saat menarik balita atau dengan cepat meraih tangannya dapat membuat ligamen tergelincir. Selalu tarik dengan lembut saat menggandeng anak.
  • Menghentikan jatuh dengan mengulurkan tangan untuk melindungi siku dapat membuat siku terlipat, menyebabkan ligamen tergelincir.
  • Berguling dengan cara yang canggung di boks bayi, tempat tidur, atau di lantai dapat menyebabkan nursemaid’s elbow pada bayi dan anak kecil.

Seiring bertambahnya usia anak, ligamen mengencang. Sebagian besar tidak akan mendapatkan nursemaid’s elbow setelah mereka berusia 5 tahun, meskipun cedera tersebut juga bisa terjadi pada usia 6 atau 7 tahun.

Baca Juga: Penting! Lakukan 7 Latihan Penguatan Kaki ini untuk Mencegah Cedera

3. Gejala nursemaid’s elbow

Awas! Ini Bahayanya Menarik Lengan Anak Terlalu Kuatpexels.com/Kamaji Ogino

Gejala utama nursemaid’s elbow adalah nyeri saat anak menggerakkan lengan. Nyatanya, nursemaid’s elbow bisa sangat menyakitkan. Namun, tidak ada pembengkakan, memar, atau tanda lain dari cedera serius.

Melansir WebMD, untuk mengurangi rasa sakit, biasanya anak umumnya menolak untuk menggunakan lengannya dan menahannya di samping tubuhnya. Sikunya mungkin akan sedikit ditekuk dan telapak tangannya akan menghadap ke tubuhnya.

Jangan mencoba meluruskan lengan atau mengembalikan siku ke tempatnya sendiri. Anak akan menolaknya, misalnya dengan menahan atau menarik tangannya, dan ini malah bisa menyebabkan cedera yang dialami makin parah.

Rasa sakit yang parah, bahkan tanpa adanya pembengkakan, bisa jadi tanda patah tulang. Segera periksakan anak ke dokter.

4. Perawatan nursemaid’s elbow

Awas! Ini Bahayanya Menarik Lengan Anak Terlalu Kuatpexels.com/Marina Abrosimova

Perawatan tergantung pada usia anak dan kesehatan secara keseluruhan. Dokter akan memeriksa anak dan memastikan ia tidak mengalami patah tulang. Sinar-X biasanya tidak diperlukan untuk mendiagnosis ini.

Obat pereda nyeri seperti asetaminofen atau ibuprofen bisa diberikan oleh dokter. Pastikan anak mendapat dosis sesuai dengan arahan dokter. Jangan pernah memberikan aspirin untuk anak di bawah usia 12 tahun.

Dokter akan menggunakan metode yang disebut "reduction maneuver" untuk mengembalikan siku ke posisi yang semestinya. Pada metode ini, dokter akan memegang pergelangan tangan dan siku anak, lalu dokter akan dengan hati-hati menggerakkan lengan anak dengan cara tertentu hingga siku kembali ke tempatnya. Mungkin kamu akan mendengar suara "klik" saat itu terjadi. Metode ini umumnya cuma butuh waktu sebentar. Prosedur ini bisa sangat menyakitkan, tapi hanya berlangsung sebentar. 

Kebanyakan anak akan bisa kembali menggunakan lengannya tanpa rasa sakit dalam waktu 10-15 menit. Namun, beberapa anak mungkin akan merasa takut untuk menggerakkannya karena teringat rasa sakit yang dialami sebelumnya. Bila ini terjadi, dokter mungkin akan merekomendasikan obat pereda sakit lalu mengobservasi beberapa jam ke depan untuk memastikan anak bisa menggerakkan tangannya seperti sediakala.

Nursemaid's elbow kadang juga bisa terjadi akibat dari kekerasan pada anak. Pada beberapa kasus, investigasi bisa dilakukan bila ada tanda-tanda kekerasan pada anak atau dialami pada anak yang berusia lebih besar.

5. Pencegahan agar anak tidak mengalami nursemaid’s elbow

Awas! Ini Bahayanya Menarik Lengan Anak Terlalu Kuathealthline.com

Saat anak tumbuh, ligamennya juga akan menguat. Jadi, kecil kemungkinannya menarik lengan anak akan menyebabkan nursemaid's elbow. Hingga saat itu tiba, orang tua bisa melakukan pencegahan dengan langkah-langkah ini:

  • Jangan mengangkat anak di lengan atau telapak tangannya. Angkat anak di bagian bawah lengan
  • Jangan menarik atau menyentak tangan atau lengan anak
  • Jangan mengayunkan anak dengan menarik tangan atau lengannya

Anak yang pernah mengalami nursemaid's elbow lebih bisa berisiko untuk mengalaminya di masa mendatang.

Demikianlah penjelasan tentang bahaya menarik lengan anak terlalu kuat karena dapat menyebabkan cedera nursemaid's elbow. Lakukan tips di atas agar anak tak mengalaminya, ya. 

Baca Juga: 7 Tips Ampuh untuk Mengurangi Risiko Cedera saat Joging

Rizky Kusumo Photo Verified Writer Rizky Kusumo

Sedang menjajaki karir sebagai penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya