Comscore Tracker

7 Aktivitas Harian ini Bikin Otak Tetap Muda, Fokus, dan Sehat!

Menjaga kesehatan otak itu penting!

Otak menjadi bagian tubuh yang sangat penting karena merupakan dapur pacu segala aktivitas manusia. Diambil dari laman Web MD, otak adalah organ tubuh paling besar dan rumit. Terdapat lebih dari 1 miliar saraf yang saling berhubungan di dalamnya. Karena itu, kesehatan otak menjadi hal yang sangat penting. Tidak harus melakukan olahraga yang berat, otak tetap bisa dijaga kesehatannya dengan melakukan beberapa kegiatan yang menyenangkan, seperti yang ada di bawah ini.

1. Bermain jigsaw puzzle

7 Aktivitas Harian ini Bikin Otak Tetap Muda, Fokus, dan Sehat!pexels.com/Magda Ehlers

Meski terlihat seperti mainan anak-anak, nyatanya jigsaw puzzle bisa menguatkan kemampuan otak. Diambil dari jurnal Pub Med Health, menggabungkan beberapa potongan kecil gambar yang teracak hingga menjadi satu kesatuan utuh bisa meningkatkan kemampuan kognitif otak. Selain itu, puzzle juga bisa menghindari penurunan kemampuan visual. Menarik kan?

2. Menghapal vocabulary

7 Aktivitas Harian ini Bikin Otak Tetap Muda, Fokus, dan Sehat!pexels.com/Thought Catalog

Vocabulary atau kosa kata bisa kita pelajari tanpa mengenal batas usia. Dari jurnal yang dirilis oleh Research Gate, melatih kosa kata bisa melibatkan bagian-bagian otak secara menyeluruh. Hal ini akan semakin baik jika kamu mengingat kosa kata dengan bantuan indra pendengaran dan visual.

Untuk hasil yang optimal, cobalah membaca buku berbahasa asing sambil membawa buku catatan. Kemudian tulis kata-kata baru beserta definisinya ke dalam buku tersebut. Setelah itu buatlah kalimat dari kata-kata baru tersebut dan ucapkan kalimat itu di keesokan harinya.

3. Bermain kartu

7 Aktivitas Harian ini Bikin Otak Tetap Muda, Fokus, dan Sehat!pexels.com/Leo Cardelli

Beberapa permainan kartu seperti hearts, solitaire, poker, bridge, dan crazy eights terbukti bisa meningkatkan daya ingat. Dilansir dari jurnal yang diterbitkan pada tahun 2015, berbagai permainan kartu sangat efektif dalam mengolah keterampilan berpikir dan meningkatkan volume otak.

Baca Juga: Ini 7 Manfaat Mengonsumsi Bawang Putih Tunggal, Bagus buat Kesehatan!

4. Menari

7 Aktivitas Harian ini Bikin Otak Tetap Muda, Fokus, dan Sehat!pexels.com/Tim Gouw

Bukan hanya melatih kelincahan gerak, menari pun bisa mempercepat proses otak bekerja. Dikutip dari laman Healthline, melakukan gerakan dengan ritme yang cepat dapat membuat otak mampu menghafal beberapa hal dengan lebih cepat pula.

Dari riset yang dikerjakan oleh Centers of Disease Prevention and Control, menari bersama teman juga bisa membuat otak dan psikis menjadi lebih senang lho.

5. Memasak

7 Aktivitas Harian ini Bikin Otak Tetap Muda, Fokus, dan Sehat!pexels.com/Jorge Zapata

Bukan hanya menyalurkan hobi semata, memasak juga aktivitas yang menggunakan seluruh indera yang baik untuk otak. Dari jurnal yang dikeluarkan oleh Research Report tahun 2015, memasak dan aktivitas memakai seluruh indera lainnya bisa dimanfaatkan untuk melatih keselarasan seluruh bagian otak. Jadi tak ada salahnya sesekali masuk ke dapur nih guys.

6. Mempelajari keahlian baru

7 Aktivitas Harian ini Bikin Otak Tetap Muda, Fokus, dan Sehat!pexels.com/Bruno Mars

Tidak hanya menggugah rasa penasaran, mempelajari keahlian baru bisa memperkuat koneksi di otak. Dari riset yang dilakukan pada tahun 2014, mempelajari hal-hal baru terbukti ampuh meningkatkan kapasitas memori otak. Selain itu, dengan mempelajari keahlian baru juga bisa membuatmu semakin cerdas!

7. Mengajar ke orang lain

7 Aktivitas Harian ini Bikin Otak Tetap Muda, Fokus, dan Sehat!pexels.com/fauxels

"Ketika satu mengajar, dua belajar" -Robert Heinlen 

Tidak ada yang salah dengan mengajarkan ilmu yang diketahui pada orang lain. Karena bukan hanya menambah pemahaman atas ilmu yang dimiliki, mengajar juga membuat kapasitas otak bertambah lho.

Dengan melakukan aktivitas-aktivitas ini, otak akan selalu segar dan muda. Tidak hanya itu, daya konsentrasi dan daya ingat juga bisa meningkat tanpa mengenal batas usia. Jadi yuk mulai latih otak kita dan selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Manfaat Berlibur ke Pantai untuk Kesehatan Mental dan Fisik

iam_lathiva . Photo Verified Writer iam_lathiva .

Love To See, Love To Read, and Love To Share. IG: iam_lathiva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Berita Terkini Lainnya