Comscore Tracker

7Jenis Buah yang Sering Menjadi Pemicu Alergi

Ternyata buah bisa menyebabkan alergi, loh

Kita tahu bahwa buah-buahan adalah salah satu jenis makanan sehat yang wajib dikonsumsi untuk menjaga kesehatan kita. Namun, tak selamanya semua orang bisa mendapatkan dampak positif yang diberikan oleh buah, bagi beberapa orang justru jenis buah-buahan tertentu harus mereka hindari.

Berikut adalah jenis buah yang biasanya sering menjadi pemicu penyebab alergi.

1. Strawberry

7Jenis Buah yang Sering Menjadi Pemicu AlergiUnsplash.com/Danielle MacInnes

Reaksi yang ditimbulkan dari alergi starwberry biasanya berupa pembengkakan pada mulut, gusi, lidah, langit-langit pada mulut dan tenggorokan.

Orang yang mempunyai alergi terhadap strawberry biasanya mereka juga tidak bisa memakan makanan olahan yang sedikit saja mengandung strawberry.

2. Kiwi

7Jenis Buah yang Sering Menjadi Pemicu AlergiUnsplash.com/Lesley juarez

Pada orang dewasa, efek dari alergi buah kiwi biasanya akan lebih ringan namun jika di tubuh anak-anank biasanya reaksi yang ditimbulkan akan lebih parah.

3.Tomat

7Jenis Buah yang Sering Menjadi Pemicu AlergiUnsplash.com/Tom Hermans

Efek dari alergi terhadap tomat adalah terjadinya k semburan pada bibir atau adanya ruam merah pada mulut yang sangat gatal. Biasanya orang yang alergi terhadap tomat akan alergi juga terhadap kentang, paprika dan terong.

Namun ada beberapa orang yang alergi pada tomat masih bisa mentolerir tomat yang telah dimasak, ini dikarenakan kebanyakan orang-orang yang alergi pada tomat tidak dapat menolerir protein IgE yang ada tomat mentah tetapi masih dapat mentolerir tomat yang telah dimasak.

Baca Juga: Jangan Berikan 10 Makanan Berbahaya ini buat Kucingmu!

4. Pisang

7Jenis Buah yang Sering Menjadi Pemicu AlergiUnsplash.com/Mike Dorner

Diperkirakan ada sekitar 0,1-1,2% orang memahami alergi pisang yang sangat parah. Efek yang ditimbulkan biasanya adalah pembengkakan pada bibir dan lidah, ataupun diare. Bahkan, bagi orang yang punya alergi pisang yang parah, hanya dengan menyentuh pisang saja dapat menyebabkan gatal-gatal dan ruam pada kulit.

Tak hanya itu, protein chitinase yang baisanya menyebabkan seseorang alergi terhadap pisang ada juga di dalam kiwi dan alpukat, sehingga tak jarang orang yang mempunyai alergi terhadap pisang akan bereaksi buruk juga dengan kiwi dan alpukat.

5. Apel

7Jenis Buah yang Sering Menjadi Pemicu AlergiUnsplash.com/Annie Spratt

Sebelum membahas lebih lanjut, kamu perlu tahu bahwa ada dua jenis alergi apel. Pertama, orang yang alergi terhadap protein yang ada di dalam apel yang bisa juga ditemukan di buah persik. Efek yang ditimbulkan pun biasanya akan sangat parah.

Kedua, orang yang alergi terhadap protein yang ada di dalam apel yang ditemukan juga dalam serbuk sari pohon birch. Efek yang ditimbulkan pun biasanya akan lebih ringan.

6. Buah persik

7Jenis Buah yang Sering Menjadi Pemicu AlergiUnsplash.com/Orloava Maria

Penderita buah persik biasanya terbagi dua. Pertama, penderita yang masih bisa mentolerir buah persik yang telah dimasak dan kedua, penderita yang sama sekali tak bisa makan makanan yang mengandung buah persik. Biasanya, para penderita alergi buah persik juga memilki reaksi negatif terhadap apel, pir, ceri, aprikot, melon, pisang dan kacang- kacangan seperti hazelnut, kenari dan kacang tanah.

7. Buah aprikot

7Jenis Buah yang Sering Menjadi Pemicu AlergiUnsplash.com/Nadya Spetnitskaya

Alergi buah aprikot dibagi dua. Pertama, orang yang masih bisa mentolerir aprikot yang telah dimasak. Kedua, orang yang sama sekali tidak bisa makan jenis makanan apapun yang mengandung aprikot. Tak hanya itu, orang-orang yang memiliki alergi terhadap aprikot cenderung mempunyai reaksi yang negatif terhadap apel, pir, ceri, kacang-kacangan seperti hazelnut dan kenari dan wortel.

Kamu salah satu penderita alergi ini bukan?

Baca Juga: Apa Manusia Bisa Alergi terhadap Air? Ini 7 Hal yang Perlu Kamu Pahami

Ruth Cikita Photo Community Writer Ruth Cikita

[kosong]

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You