Comscore Tracker

5 Pakaian yang Tepat agar Dermatitis Kontak Tidak Meradang

panduan buat kamu yang sering alergi

Beberapa orang memang dilahirkan dengan kulit yang sedikit lebih sensitif. Terkena sedikit saja bahan atau zat tertentu bisa menyebabkan alergi dan muncul ruam merah atau kulit terkelupas. Gejala ini dinamakan dengan dermatitis atopik. Dermatitis mungkin bukan penyakit parah, namun jika dibiarkan dapat mengganggu aktivitas dan penampilan. 

Beberapa pencegahan dapat dilakukan agar dermatitis tidak meradang. Salah satunya yaitu dengan melakukan pemilihan pakaian yang dikenakan sehari-hari. Dilansir Web DM, berikut beberapa tips pemilihan pakaian yang tepat untuk pengguna dermatitis.

1. Pilih perhiasan dengan bahan yang tepat

5 Pakaian yang Tepat agar Dermatitis Kontak Tidak MeradangIlustrasi bermacam perhiasan (Unsplash.com/Maria Velniceriu)

Setiap orang bereaksi terhadap perhiasan logam secara berbeda, ada yang mengalami ruam ketika mengggunakan tembaga atau emas palsu. Beberapa tidak bisa menggunakan bahan yang terbuat dari plastik. Sebagian lagi hanya bisa menggunakan perhiasan berbahan perak murni.

Untuk menjaga agar tidak mengalami iritasi, ada baiknya untuk menggunakan perhiasan dari kayu atau lebih baik jika tidak menggunakannya sama sekali. Jika memang terpaksa menggunakannya, misal saat sedang kondangan atau upacara adat tertentu bisa gunakan mangset tangan atau baju yang lebih tertutup agar tidak kontak langsung dengan bahan tersebut.

2. Gunakan bahan baju yang terbaik

5 Pakaian yang Tepat agar Dermatitis Kontak Tidak MeradangIlustrasi memilih bahan baju yang tepat (Unsplash.com/Alyssa Strohmann)

Pakaian katun yang longgar adalah pilihan terbaik yang memungkinkan kulitmu bernapas. Sebaliknya, pakaian berbahan poliester akan membuat kamu kepanasan, menyebabkan keringat dan eksim yang akan mengiritasi.

Sweater wol juga salah satu ide yang buruk. Orang yang gatal harus menghindari penggunaan wol.

Baca Juga: Dermatitis Stasis, Jenis Eksim akibat Masalah dengan Pembuluh Darah

3. Bekerja dengan alat pelindung diri yang sesuai

5 Pakaian yang Tepat agar Dermatitis Kontak Tidak MeradangUnsplash.com/Mufid Majnun

Beberapa pekerja pabrik bersinggungan dengan zat kimia yang dapat memicu dermatitis atopik. Perlengkapan seperti sarung tangan, kacamata, dan baju pelindung harus digunakan secara benar.

Ada beberapa mesin yang mengharuskan pekerja untuk menggunakan sarung tangan lateks, jika memang dirasakan menimbulkan alergi dapat mencari pengganti seperti bahan vinyl.

4. Travelling di alam bebas menggunakan pakaian berlengan panjang

5 Pakaian yang Tepat agar Dermatitis Kontak Tidak MeradangUnsplash.com/Thom Holmes

Saat mengeksplor dunia di alam bebas, seringkali kita menemukan hal-hal yang jarang ditemui. Entah itu serangga, debu atau angin yang tidak biasa menerpa kulit kita secara langsung. Pakaian berlengan panjang menjadi antisipasi agar tidak melukai kulit kita kemudian. 

5. Sesuaikan bentuk sepatu dan bahan yang nyaman

5 Pakaian yang Tepat agar Dermatitis Kontak Tidak MeradangIlustrasi memilih sepatu yang akan dibeli (Pexels.com/Engin Akyurt)

Sepatu yang tertutup seperti boots dan sneakers lebih mudah untuk menimbulkan keringat yang untuk sebagian orang juga digunakan dalam waktu yang lama akan menimbulkan ruam di kaki. Selain itu, beberapa model sepatu diproduksi menggunakan bahan seperti karet yang memicu alergi kontak. 

Saat memilih sepatu baru yang akan dibeli, pastikan terlebih dahulu apakah bahan yang digunakan sesuai dengan kondisi masing-masing. Usahakan tidak membeli sepatu yang hanya mengutamakan model, kesehatan lebih utama daripada penampilan.

Demikian beberapa tips berpakaian yang tepat bagi yang memiliki riwayat alergi dermatitis kontak. Semoga dapat mencegah terjadinya ruam dan gantal di kulit.

Baca Juga: Muncul Ruam Merah di Sekitar Mulut? Waspadai Dermatitis Perioral

Shafira Raihana Photo Verified Writer Shafira Raihana

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya