Comscore Tracker

Hati-Hati, 10 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Metabolisme Tubuhmu Lho

Lakukan kebiasaan yang lebih menyehatkan ya!

Metabolisme adalah nama untuk reaksi kimia yang terjadi dalam sel-sel makhluk hidup, baik itu reaksi pemecahan (katabolisme) maupun reaksi pembentukan (anabolisme). Sebagai makhluk hidup, manusia dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh untuk membuatnya bekerja lebih efisien. Namun ada beberapa kebiasaan yang dapat merusak metabolisme tubuh kamu loh!

Dengan mengetahui kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut kamu dapat dengan mudah menghindarinya dan membuat metabolismemu lebih kuat. Kamu juga dapat menjaga berat badanmu supaya tetap ideal. Berikut 10 kebiasaan yang bisa merusak metabolisme tubuhmu.

1. Tidak cukup tidur

Hati-Hati, 10 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Metabolisme Tubuhmu Lhocrazynailzz.com

Kurang tidur secara terus menerus dapat mengacaukan metabolisme tubuh kamu dan jangan terkejut kalau kamu mulai mengalami kenaikan berat badan secara tiba-tiba. Kurang tidur membuat tubuhmu membakar lebih sedikit kalori daripada yang biasa kamu lakukan dengan rutinitas normal kamu. Selain itu, kurang tidur membuatmu kurang bisa mengendalikan nafsu makan, dan berujung pada bertambahnya lemak di tubuh.

2. Terlalu banyak mengonsumsi kafein

Hati-Hati, 10 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Metabolisme Tubuhmu Lhomedicalnewstoday.com

Walau telah dibuktikan oleh penelitian bahwa mengonsumsi kafein di pagi hari dapat meningkatkan metabolisme kamu, namun mengonsumsi banyak kafein sepanjang hari justru akan melemahkan metabolisme tubuhmu. Mengonsumsi kafein sepanjang waktu akan membuat kamu tidak menyadari rasa lapar dan membuatmu makan lebih banyak dari porsi yang seharusnya.

3. Makan makanan anorganik

Hati-Hati, 10 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Metabolisme Tubuhmu Lhohellosehat.com

Makan makanan non-organik dapat meningkatkan kadar hormon dalam tubuh kita, sehingga menyulitkan kita untuk menjaga proporsi tubuh dan menjaga energi kita agar tetap prima. Dengan demikian, tubuh kita tidak bisa menyeimbangkan semua hormon untuk menjaga metabolisme kita berjalan lancar. Beralih ke makanan organik adalah pilihan yang paling layak untuk menghindari hormon jahat yang dapat menganggu metabolisme.

4. Diam di tempat yang panas

Hati-Hati, 10 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Metabolisme Tubuhmu Lholancashiretelegraph.co.uk

Suhu dingin membantu metabolisme kita untuk meningkat, karena kandungan lemak menjadi lebih aktif dalam suhu yang lebih dingin untuk membantu menjaga tubuh kita tetap hangat. Hal ini dikarenakan kita adalah mamalia endotermik, sehingga tubuh kita melepaskan panas untuk membuat kita tetap hangat. Lingkungan yang panas justru akan membuat tubuh kita menahan panas tubuh, sehingga lemak tidak turut "terbakar".

Baca Juga: Tanpa Diet, Ini 5 Cara Efektif Turunkan Berat Badan Menurut Sains!

5. Diet rendah karbohidrat

Hati-Hati, 10 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Metabolisme Tubuhmu Lhodietdoctor.com

Karbohidrat memang tidak baik untuk tubuh jika kamu mencoba untuk menjaga berat badanmu. Namun, memboikot konsumsi karbohidrat sepenuhnya akan mengacaukan sistem metabolisme tubuh dan membuat kamu kehilangan lebih sedikit kalori dibanding saat kamu berolahraga.

6. Minum air mentah

Hati-Hati, 10 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Metabolisme Tubuhmu Lhosanfrancisco.cbslocal.com

Jika kamu terus menerus minum air yang mengandung fluoride dan klorida, lambat laun hal itu akan memperlambat metabolisme Anda. Kedua bahan kimia ini mengganggu fungsi tiroid secara normal dan bisa lamu rasakan jika tiroidmu "terseret". Sebisa mungkin konsumsi air minum yang sudah disaring.

7. Konsumsi obat-obatan yang tidak diperlukan

Hati-Hati, 10 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Metabolisme Tubuhmu Lhodailycaring.com

Jika kamu terus menerus mengonsumsi obat diabetes, kolesterol tinggi, atau tekanan darah tinggi, tentu saja hal itu tidak baik untuk metabolisme tubuhmu. Hal ini akan mengurangi cara tubuhmu menyimpan energi secara drastis. Alangkah baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi jenis obat ini terlalu lama dan mencari tahu jenis diet apa yang tepat jika kamu meminum obat-obatan ini.

8. Kurangnya konsumsi protein

Hati-Hati, 10 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Metabolisme Tubuhmu Lhoproteindynamix.com

Protein membantu tubuhmu mendapatkan banyak energi dan nutrisi sekaligus, dan membantu agar tidak mengonsumsi makanan yang kurang energik. Protein akan membantu kamu untuk menumbuhkan otot dan memberimu banyak energi. Kamu akan mendapatkan otot tanpa kembung atau menambah lemak perut.

9. Makan terlalu sedikit

Hati-Hati, 10 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Metabolisme Tubuhmu Lhocomoperderkilos.org

Jika kamu tidak "membakar" tubuhmu dengan baik, metabolisme akan melambat dan tubuhmu akan bergantung pada bahan bakar yang tersisa. Jadi solusi terbaik adalah makan dengan benar dan lebih sering untuk menjaga tubuhmu tetap terjaga sehingga kamu tidak kelelahan saat sedang aktif berkerja.

10. Minum alkohol

Hati-Hati, 10 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Metabolisme Tubuhmu Lhohealthline.com

Minum minuman beralkohol membuat tubuhmu membakar lebih sedikit lemak ketika kamu sedang aktif. Alkohol yang masuk dalam tubuh akan digunakan sebagai bahan bakar dalam tubuh kita dan mengurangi kemampuan membakar lemak hingga 73%. Jadi lebih baik menghindari minum minuman beralkohol semaksimal mungkin.

Terlepas dari 10 kebiasaan yang bisa merusak metabolisme tubuhmu di atas, kamu juga dapat mencoba menghindari beberapa hal lain seperti, mengonsumsi sedikit vitamin D, mengonsumsi banyak permen, kurangnya asupan kalsium, merokok, pengaturan makan yang tidak teratur, dll. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang membacanya, stay healthy!

Baca Juga: 6 Kebiasaan Inilah yang Akan Membuat Metabolisme Tubuhmu Melambat

Shandy Pradana Photo Community Writer Shandy Pradana

Verba volant, scripta manent.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You