Comscore Tracker

7 Penyebab Kamu Mudah Merasa Lelah dan Cara Mengatasinya

Mulai hidup sehat yuk!

Rasa lelah akan selalu mengikuti seperti lintah bahkan setelah mempertahankan diet sehat dan gaya hidup aktif. Krisis energi ini terjadi pada sebagian besar orang dewasa yang bekerja, karena memiliki kebutuhan untuk mengikuti laju dunia modern yang bergerak cepat.

Menjaga tingkat energi adalah tantangan lain yang perlu kita hadapi dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun kelelahan yang terus-menerus dapat menjadi gejala dari masalah yang lebih besar di dalam tubuh, kamu dapat mencoba mengidentifikasi beberapa kebiasaan buruk dan mengubahnya untuk mendapatkan energi kembali.

Berikut 7 penyebab di balik kelelahan yang kamu alami dan cara mengatasinya.

1. Pola tidur tidak teratur

7 Penyebab Kamu Mudah Merasa Lelah dan Cara MengatasinyaUnsplash/Kinga Cichewicz

Jika rutinitas tidur sehari-hari tidak sama, kamu mungkin tidak cukup tidur dan kemungkinan besar mengacaukan ritme tubuhmu. Kebiasaan ini akan menyebabkan kamu merasa lebih lelah pada akhir hari setelah beraktivitas. Memiliki pasangan tidur yang selalu gelisah juga dapat menambah pola tidur yang tidak menentu.

Cara mengatasi:
Pastikan jam tidurmu konstan setiap malam, tidak menunda tidur lebih dari satu jam pada akhir pekan dan pastikan mendapatkan setidaknya 7 jam tidur yang berkualitas.

2. Malas bergerak

7 Penyebab Kamu Mudah Merasa Lelah dan Cara Mengatasinyaresim-indir.sayt.im

Duduk di sekitar meja saat berkerja selama berjam-jam tanpa henti pada suatu waktu dapat menyebabkan lebih banyak masalah dalam tubuhmu. Duduk dalam waktu yang lama dapat membuat detak jantung dan sirkulasi darah melambat.

Kebiasaan ini juga melemahkan ototmu sehingga membuatnya lebih sulit untuk melakukan pekerjaan fisik.

Cara mengatasi:
Berolahraga setidaknya setengah jam setiap hari, baik itu di gym, di rumah, menari, jogging, dll. Jika kamu tidak punya waktu senggang, cobalah berjalan-jalan sejenak di tempat kerjamu.

Baca Juga: 7 Hal Ini yang Sering Bikin Millennials Merasa Capek Sendiri Gak Jelas

3. Dehidrasi

7 Penyebab Kamu Mudah Merasa Lelah dan Cara Mengatasinyamnn.com

Banyak dari kita lupa untuk minum air yang cukup saat mengikuti gaya hidup yang sibuk, sehingga mengakibatkan perasaan lesu dalam tubuh. Dehidrasi parah terjadi di tubuh kita tanpa memberi kita banyak indikasi, kecuali rasa lelah dan terkadang rasa mual.

Cara mengatasi:
Minum 8-10 gelas air setiap hari adalah suatu keharusan. Kamu mungkin membutuhkan lebih banyak jika pekerjaan secara fisik lebih berat daripada pekerjaan biasanya.

Jika kamu memiliki kebiasaan minum produk berkafein, kamu mungkin perlu menggantinya dengan beberapa gelas air mineral lagi.

4. Tensi tinggi dan stres

7 Penyebab Kamu Mudah Merasa Lelah dan Cara Mengatasinyaheart.org

Jika kamu memiliki kebiasaan stres atau tegang sepanjang waktu, energi milikmu akan terkuras lebih cepat. Karena orang akan cenderung mengepalkan otot mereka, hiperventilasi, atau menggoncangan kaki ketika mereka sedang stres.

Cara mengatasi:
Coba hentikan pekerjaan setiap beberapa jam sekali dan berkonsentrasi untuk melepaskan ketegangan dari tubuhmu. Tarik napas panjang dan dalam dengan menggembungkan perut dan dada, serta longgarkan semua otot di tubuhmu dengan memijatnya.

5. Salah nutrisi dan diet yang berlebihan

7 Penyebab Kamu Mudah Merasa Lelah dan Cara Mengatasinyavemmedaily.com

Nutrisi yang tidak tepat dan diet yang tidak seimbang dapat menyebabkan banyak kelelahan yang tidak dapat dijelaskan. Jika dietmu mengandung banyak karbohidrat, gula, dan makanan olahan, ada kemungkinan bahwa inilah alasan di balik kelesuan yang kamu alami.

Cara mengatasi:
Sertakan karbohidrat kompleks seperti gandum, protein, dan lemak sehat dalam makanan dan camilanmu. Kamu dapat mencoba makanan yang tidak diproses untuk menghindari tambahan gula dan buah-buahan, madu, dll.

6. Tempat yang berantakan

7 Penyebab Kamu Mudah Merasa Lelah dan Cara Mengatasinyathistlepins.com

Ruang kantor yang berantakan atau lemari yang berantakan dapat memberimu perasaan cemas dan stres yang luar biasa. Memang banyak yang mengasosiasikan tempat kerja yang berantakan sebagai pertanda orang yang kreatif. Namun, membersihkannya seminggu sekali bisa dilakukan untuk meminimalisir perasaan cemas yang kamu alami. Karena aktivitas membereskan barang-barang pasti membuat kamu merasa lelah dan membuatnya lebih sulit untuk fokus pada apa pun.

Cara mengatasi:
Singkirkan segala sesuatu yang tidak kamu butuhkan dan beri label pada hal-hal penting untuk menjaga agar semuanya teratur dan menghindari situasi berantakan di masa mendatang.

7. Perasaan kesepian

7 Penyebab Kamu Mudah Merasa Lelah dan Cara Mengatasinyavaluewalk.com

Secara fisik atau emosional, jika kamu terkurung sendirian di rumah atau tidak berbicara dengan seseorang dan terbuka tentang apa yang terjadi di dalam pikiranmu, dapat menyebabkan kelelahan yang kontinu.

Cara mengatasi:
Berdiam sehari di bawah sinar matahari, melakukan percakapan dari hati ke hati dengan teman atau keluarga dapat memberi rasa lega sekaligus dapat memulihkan tingkat energi tubuhmu.

Semua 7 kebiasaan ini adalah alasan di balik kekurangan oksigen dan mengapa sirkulasi darah melambat. Manfaatkan sedikit waktu setiap hari untuk membantu dirimu keluar dari kebiasaan yang menghabiskan energi ini. Stay healthy guys!

Baca Juga: 10 Pola Hidup Sehat Sederhana Bisa Jadi Resolusi Tahun Baru 2019

Shandy Pradana Photo Community Writer Shandy Pradana

"Verba volant, scripta manent." Rock n' Roll enthusiast. Cinephile.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You