Comscore Tracker

7 Alasan Kamu Perlu Coba Akupunktur untuk Menurunkan Berat Badan

Eits, bukan dengan cara instan, lho!

Sudah mencoba berbagai jenis diet tetapi berat badan masih juga tak menunjukkan perubahan berarti? Hmmm... mungkin ini saatnya kamu coba untuk menggunakan metode akupunktur untuk membantumu mengurangi berat badan.

Akupunktur sendiri kini semakin banyak direkomendasikan oleh dokter dan bahkan ditanggung oleh beberapa pihak asuransi. Teknik yang menggunakan jarum steril dengan panjang tertentu ini dapat membantu meningkatkan aliran energi. 

Menurut sebuah studi di jurnal Evidence-Based Complementery Alternative Medicine, hanya akupunktur saja sementara kamu tetap sembarangan mengonsumsi junk food dan mengadopsi pola hidup tidak sehat tak akan serta merta membuatmu jadi turun berat badan. Namun setidaknya, bersama dengan gaya hidup sehat dan tepat, beberapa manfaat akupunktur ini akan kamu rasakan.

1. Mengurangi stres

7 Alasan Kamu Perlu Coba Akupunktur untuk Menurunkan Berat Badanmedicalnewstoday.com

Seperti yang sudah sering dijelaskan, stres adalah salah satu pemicu paling umum yang membuatmu mendadak jadi bernafsu makan berlebihan. Dalam kondisi ini, kamu pun jadi gelap mata terhadap apa yang baik dan tidak bagi tubuh.

Menurut ahli akupunktur Tim Rhudy, akupunktur dapat membantumu jadi lebih relaks dan mengurangi kadar stres yang dialami. Dengan begitu, kemungkinan makan secara impulsif juga akan berkurang sehingga berat badan tak perlu terus melonjak naik.

2. Mengontrol nafsu makan

7 Alasan Kamu Perlu Coba Akupunktur untuk Menurunkan Berat Badanmedicalnewstoday.com

Setelah satu sesi akupunktur, kamu mungkin dapat merasakan efek yang diberikan: tak lagi terlalu ngidam makanan. Sebuah riset kecil yang melibatkan 10 responden dan dipublikasikan di BMJ Open Gastroenterology menemukan bahwa orang-orang yang melakukan terapi akupunktur selama sebulan berhasil menurunkan berat badan dibandingkan mereka yang tidak melakukannya. Peneliti pun menjelaskan bahwa hal tersebut terjadi karena akupunktur menekan kadar ghrelin dalam tubuh, yakni hormon yang meningkatkan nafsu makan.

3. Lebih bertenaga

7 Alasan Kamu Perlu Coba Akupunktur untuk Menurunkan Berat Badanmedicalnewstoday.com

Sharon Zarabi RD dari Lenox Hill Hospital, peningkatan aliran darah yang dihasilkan dari akupunktur dapat membuatmu lebih baik dalam menentukan berbagai pilihan, memiliki risiko lebih rendah untuk mengalami peradangan dan nyeri pada tulang dan sendi, meningkatkan keinginan untuk berolahraga, dan lain-lain. Tak lupa, akupunktur juga memengaruhi metabolismemu untuk lebih lancar. Keberadaan energi semacam ini pun sangat penting dalam menjaga kestabilan berat badan.

Baca Juga: Turun Berat Badan Saat Tidur? Bisa Kok, Lakukan Aja dengan 9 Cara Ini!

4. Menyeimbangkan gula darah

7 Alasan Kamu Perlu Coba Akupunktur untuk Menurunkan Berat Badanmedicalnewstoday.com

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa jenis akupunktur tertentu dapat membantu menyeimbangkan kadar gula darah. Dalam studi di FASEB Journal, ditemukan wanita dengan kondisi obesitas dan tidak dapat melakukan olahraga dan mengikuti terapi akupunktur elektronik berhasil mengalami peningkatan kondisi gula darahnya. Lebih lanjut, ahli nutrisi Dana Greene RD mengemukakan bahwa saat kadar gula darah seimbang, nafsu makanmu pun akan lebih terjaga dan kamu tak akan mudah lapar.

5. Meredakan inflamasi

7 Alasan Kamu Perlu Coba Akupunktur untuk Menurunkan Berat Badanmedicalnewstoday.com

Inflamasi memiliki korelasi yang cukup erat dengan diabetes, kenaikan berat badan, dan diabetes. Karena itu, penting bagimu untuk mencari jenis makanan dan minuman yang tak akan menimbulkan peradangan.

Dalam sebuah riset di tahun 2016, stimulasi beberapa saraf tertentu melalui akupunktur dalam meredakan inflamasi pada tubuh. Di riset lainnya yang termuat di Open Access Macedonian Journal of Medical Science, ditemukan bahwa akupunktur dalam meredakan inflamasi dan mengubah komposisi tubuh penderita obesitas menjadi lebih baik.

6. Tidur lebih baik

7 Alasan Kamu Perlu Coba Akupunktur untuk Menurunkan Berat Badanmedicalnewstoday.com

Saat gelisah dan kualitas tidur berkurang, coba kembali tinjau pilihan makanan dan minuman yang kamu konsumsi beberapa waktu terakhir. Menurut psikolog Michael J. Breus PhD, saat kurang tidur artinya kamu memiliki lebih banyak hormon ghrelin yang akan memicumu untuk lebih banyak makan dan memiliki lebih sedikit hormon leptin yang membantu untuk menyetopmu makan.

Karenanya, memiliki pola dan kualitas tidur yang baik akan sangat membantumu untuk mencapai berat badan ideal dan hal ini dapat kamu peroleh melalui akupunktur. hayo, jangan sering-sering begadang ya!

7. Merasa lebih baik

7 Alasan Kamu Perlu Coba Akupunktur untuk Menurunkan Berat Badanmedicalnewstoday.com

Akupunktur dapat membuatmu merasa lebih tenang dan salah satu kunci kesehatan yang sebenarnya adalah dengan memiliki kondisi fisik dan mental yang sehat. Dengan perasaan yang lebih tenang, kamu jadi tak akan mudah merasa impulsif untuk melampiaskan emosi dalam bentuk makan.

Sebelum memutuskan mengikuti terapi ini, pastikan kamu memilih ahli akupunktur yang memang kredibel, ya. Untuk hasil terbaik, rerata dibutuhkan waktu kunjungan satu hingga dua kali seminggu selama enam bulan. Ingat, asal sabar dan konsisten, berat badan jadi turun dan tubuh lebih sehat pun bisa kamu miliki.

Baca Juga: 7 Tanda Pasanganmu Adalah Faktor Penyebab Berat Badanmu Naik

Topic:

  • Shelly Salfatira
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You