Comscore Tracker

4 Alasan Mengapa Kamu Tidak Gemuk Meskipun Makan Banyak

Bertubuh kurus karena bawaan gen merugikan juga lho

Sejak mempelajari nutrisi, para ilmuwan telah banyak meneliti tentang bagaimana makanan memengaruhi berat badan. Sulit untuk memahami bagaimana seseorang yang makan begitu banyak dapat menahan berat badannya. Sedangkan terkadang seseorang yang makan sedikit atau diet tidak dapat menahan berat badannya.

Orang-orang kurus biasanya berpikir mereka bisa makan apa pun yang mereka inginkan tanpa khawatir berat badan bertambah karena memiliki metabolisme yang cepat. Namun, beberapa orang berpikir mereka tidak dapat menambah berat badan karena mereka tidak mencerna makanan yang mereka makan, stres, atau cacingan.

Oleh karena itu, untuk menghindari asumsi yang salah tentang hal ini, berikut beberapa alasan mengapa seseorang tidak bisa gemuk meskipun makan banyak.

1. Gen

4 Alasan Mengapa Kamu Tidak Gemuk Meskipun Makan Banyakexpress.co.uk

Diperkirakan antara 60 hingga 70 persen berat badan kita ditentukan oleh gen menurut Michael Cowley, direktur Institut Obesitas dan Diabetes Monash University. Namun, para ilmuwan telah mengidentifikasi kurang dari seperlima gen yang terlibat.

Faktor lingkungan seperti seberapa banyak kita makan dan jumlah aktivitas fisik yang kita lakukan menentukan sekitar 30 hingga 40 persen dari berat badan kita.

Berat badan adalah produk dari gen dan seberapa banyak seseorang makan dan berolahraga. Bagi sebagian besar orang yang bertubuh kurus karena gen, ini adalah berat 'normal' begitu mereka berhenti tumbuh.

Beberapa orang kurus cukup beruntung untuk memiliki satu set gen yang memastikan mereka tetap langsing meskipun sedikit beraktivitas dan banyak makan. Namun, hal tersebut tetap saja merugikan untuk beberapa hal.

2. Set point

4 Alasan Mengapa Kamu Tidak Gemuk Meskipun Makan BanyakUnsplash.com/stefano_zocca

Menurut penelitian yang diterbitkan pada tahun 2016 dalam International Journal of Obesity Supplements otak dan tubuh manusia memiliki "tingkat pertahanan" atau "set point" berat badan, yang berusaha dipertahankan oleh sistem saraf setiap individu.

Teorinya adalah meskipun sebagian besar individu dewasa akan mengalami beberapa fluktuasi berat badan melalui kehidupan dewasa, mereka akan secara konsisten tetap dengan "set point" meskipun diet, faktor lingkungan, dan faktor genetik semuanya dapat memengaruhi "set point" seseorang hingga taraf tertentu.

Baca Juga: Ingin Kurusan? 11 Kegiatan Ini Anehnya Mampu Bakar Kalori Tubuhmu Lho!

3. Bekerja

4 Alasan Mengapa Kamu Tidak Gemuk Meskipun Makan BanyakUnsplash.com/brucemars

Orang-orang yang bekerja dapat mempertahankan berat badan mereka meskipun makan banyak karena tubuh mereka membutuhkan lebih banyak kalori dan juga membakar lebih banyak kalori sepanjang hari.

Orang yang bekerja dan atlet biasanya memiliki lebih banyak massa otot daripada individu yang tidak bekerja, dan massa otot membakar lebih banyak kalori saat istirahat daripada lemak tubuh. Massa otot juga lebih padat daripada lemak, begitu kecil tetapi orang yang bekerja akan tampak lebih ramping.

4. Tingkat metabolisme

4 Alasan Mengapa Kamu Tidak Gemuk Meskipun Makan BanyakUnsplash.com/yunmai

Faktor lain yang memengaruhi berat badan adalah tingkat metabolisme basal, atau BMR (Basal Metabolic Rate) atau dikenal sebagai jumlah kalori yang dibakar tubuh dalam keadaan istirahat setiap hari.

Jika kalian memiliki tingkat metabolisme yang tinggi, kalian mungkin bisa makan lebih banyak daripada yang lain dan berat badan tidak akan bertambah. Gen hanyalah salah satu variabel yang mempengaruhi BMR. Yang lainnya termasuk usia, tinggi badan, berat badan, tingkat aktivitas fisik dan persentase massa otot.

Nah, itu dia beberapa alasan mengapa beberapa orang bisa mempertahankan berat badan mereka meskipun makan banyak. Walaupun terkadang seseorang lebih menyukai bertubuh kurus, tetapi bawaan gen seperti itu sangat merugikan lho.

Baca Juga: Terbukti 5 Fakta Bukan Makan Lemak yang Bikin Kamu Gemuk, tapi Gula! 

Anis Photo Verified Writer Anis

من صبر ظفر

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani
  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya