Comscore Tracker

5 Manfaat Konsumsi Ubi Manis, Camilan Favorit Taeyong NCT saat Diet

Bisa menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan usus, lho

Bagi para pencinta KPop, khususnya SM Stan, pasti sudah tahu kalau kebanyakan idol asuhan dari SM Entertainment menggemari ubi manis atau sweet potato sebagai snack saat diet. Nah, salah satunya adalah leader dari NCT 127, Lee Taeyong.

Bahkan, snack dari ubi manis favorit pelantun tembang "2 Baddies" ini pernah ludes diserbu para NCTzen, sebutan penggemar mereka, lho. Namun, bukan tanpa alasan para idol SM Entertainment suka menyantap ubi manis saat sedang diet, nih.

Ubi manis ternyata mengandung 77 persen air dan 13 persen serat yang bisa membuatmu merasa kenyang lebih lama dengan sedikit kalori. Bukan cuma bikin kenyang tahan lama, berikut ini manfaat konsumsi ubi manis yang jadi camilan favorit Taeyong NCTsaat diet.

1. Kaya akan serat

5 Manfaat Konsumsi Ubi Manis, Camilan Favorit Taeyong NCT saat Dietilustrasi ubi manis (pixabay.com/StockSnap)

Ubi manis dikenal kaya akan serat yang bisa membantu menurunkan berat badan. Bahkan, kandungan serat di dalam ubi bisa memberi tambahan energi, meningkatkan metabolisme, dan memperlancar pencernaan, lho. 

Selain itu, serat merupakan prebiotik atau sumber makanan untuk bakteri sehat yang hidup di dalam usus. Sementara, apabila bakteri ini sehat, mereka akan membantu mengelola gula darah lebih baik, sehingga bisa mengurangi kadar hormon lapar saat diet.

2. Rendah kalori

5 Manfaat Konsumsi Ubi Manis, Camilan Favorit Taeyong NCT saat Dietilustrasi ubi manis (pixabay.com/chefkeem)

Meskipun tak banyak tahu, tetapi ubi manis ternyata lebih mengenyangkan daripada pasta maupun nasi, lho. Bahkan, tak masalah apabila kamu secara tak sengaja mengonsumsinya dalam porsi yang lebih banyak dibandingkan pasta atau nasi. Hal ini karena ubi manis sebenarnya lebih rendah kalori daripada nasi dan pasta.

Maka dari itu, mengganti karbohidrat bertepung lainnya dengan ubi manis saat sedang menjalani diet adalah cara yang sangat mudah untuk memangkas kalori tetapi tetap mengenyangkan. Tertarik mencobanya?

3. Sumber karbohidrat yang baik

5 Manfaat Konsumsi Ubi Manis, Camilan Favorit Taeyong NCT saat Dietilustrasi ubi manis (pixabay.com/Brett_Hondow)

Dilansir Women's Health, ubi manis termasuk makanan yang menjadi sumber karbohidrat berkualitas baik. Mengapa bisa begitu, ya? Ini karena karbohidrat pada ubi manis ternyata berasal dari kandungan gula manis yang tidak akan merusak tubuh.

Selain itu, jenis karbohidrat ini juga membuat tubuh akan merasa lebih cepat kenyang serta tahan lama, sehingga cocok untuk dikonsumsi saat menjalani diet, seperti Taeyong NCT. Bahkan, ubi manis berukuran sedang hanya mengandung 25 gram karbohidrat, lho!

Baca Juga: 9 Makanan Real Food yang Baik untuk Diet, Murah Meriah!

4. Menjaga kesehatan usus

5 Manfaat Konsumsi Ubi Manis, Camilan Favorit Taeyong NCT saat Dietilustrasi ubi manis (pixabay.com/sdnet01)

Dilansir Healthline, kandungan serat dan antioksidan ubi manis diketahui bisa menjaga kesehatan usus. Ubi jalar mengandung dua jenis serat, yakni larut serta tidak larut yang bisa difermentasi oleh bakteri di usus besar untuk menciptakan senyawa yang disebut asam lemak rantai pendek.

Nah, senyawa ini bermanfaat untuk mengisi sel-sel lapisan usus supaya tetap sehat. Kemudian, kandungan antioksidan dalam ubi manis akan mendorong pertumbuhan bakteri usus yang sehat, termasuk spesies Bifidobacterium dan Lactobacillus tertentu.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

5 Manfaat Konsumsi Ubi Manis, Camilan Favorit Taeyong NCT saat Dietilustrasi ubi manis (pixabay.com/Suanpa)

Saat diet, penting untuk memperhatikan asupan vitamin dalam makanan yang dikonsumsi. Ubi manis yang memiliki daging oranye adalah salah satu sumber alami beta-karoten terkaya, senyawa nabati yang diubah menjadi vitamin A dalam tubuh.

Vitamin A sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat serta menjaga selaput lendir di lapisan usus. Faktanya, kekurangan vitamin A bisa meningkatkan peradangan usus dan mengurangi kemampuan sistem kekebalan untuk merespons potensi ancaman.

Nah, dengan sederet manfaat di atas, tak heran apabila Taeyong NCT hingga Giselle aespa begitu menyukai ubi manis sebagai snack saat menjalani diet. Selain rendah kalori, ubi manis juga mengandung serat dan antioksidan yang bisa menjaga kesehatan usus.

Baca Juga: 10 Menu Diet Sehat ala Sooyung SNSD, Ada Es Kopi hingga Nasi! 

Anis Photo Verified Writer Anis

من صبر ظفر

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya