Comscore Tracker

5 Manfaat Tape Singkong, Camilan Tradisional yang Menyehatkan 

Ternyata kaya akan manfaat sehat, kamu sudah tahu?

Singkong merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan. Dengan proses fermentasi menggunakan ragi selama kurang lebih 2 hingga 3 hari, dapat menghasilkan tape singkong yang empuk dan enak.

Ragi yang ditaburkan pada tape sudah mengandung berbagai jenis mikroorganisme. Mikroorganisme ini akan memecah gula menjadi kelompok gula yang lebih kecil. Cara kerja ragi ini akan menghasilkan enzim amilolitik sehingga dapat membuat lapisan gula dalam bentuk yang lebih sederhana. Gula yang dihasilkan oleh mikroorganisme ini akan diubah menjadi alkohol yang membuat aroma tape menjadi harum dan memiliki rasa pedas yang khas. 

Kandungan alkohol yang dihasilkan oleh tape akan tergantung pada berapa lama tape disimpan. Semakin lama disimpan, semakin besar kandungan alkohol yang dihasilkan.

Selain itu, tape singkong memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan namun belum banyak yang mengetahuinya. Berikut adalah manfaat sehat dari tape singkong.

1. Mengatasi jerawat  

5 Manfaat Tape Singkong, Camilan Tradisional yang Menyehatkan ilustrasi kulit wajah sehat (pexels.com/Mikhail Nilov)

Inilah salah satu manfaat tape singkong untuk tubuh yang banyak disukai wanita khususnya untuk mengatasi jerawat.

Seperti yang kita pahami, akumulasi debu, kotoran, dan zat beracun di pori-pori akan meningkatkan potensi timbulnya jerawat. Dan ternyata tape bisa membantu tubuh untuk mengurangi efek zat beracun tersebut dengan menetralisir racun yang menumpuk di permukaan pori-pori kulit.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dalam mencegah jerawat; hindari terlalu banyak makan makanan yang digoreng dan makanan dengan olahan susu, selalu menjaga kebersihan kulit wajah, serta istirahat yang cukup.

2. Memperbaiki sistem pencernaan

5 Manfaat Tape Singkong, Camilan Tradisional yang Menyehatkan ilustrasi sakit perut (pexels.com/cottonbro)

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, manfaat tape singkong untuk kesehatan salah satunya sebagai makanan super untuk sistem pencernaan. Proses fermentasi yang melibatkan berbagai jenis mikroorganisme sangat baik untuk menghasilkan cairan probiotik. Kandungan probiotik dan asam laktat di dalamnya membuat makanan fermentasi ini mampu melawan bakteri dan virus yang masuk ke sistem pencernaan.

Dengan mengkonsumsi tape singkong secara rutin, dapat memperbaiki sistem pencernaan, membantu mengeluarkan racun dalam tubuh, dan membantu proses sekresi serta mengurangi terjadinya wasir. Alhasil, sembelit pun bisa dihindari. 

Baca Juga: 10 Cara Membuat Tape Singkong Manis, Ini Resepnya

3. Menghangatkan tubuh 

5 Manfaat Tape Singkong, Camilan Tradisional yang Menyehatkan ilustrasi menghangatkan tubuh (pexels.com/Nikita Khandelwa)

Manfaat tape singkong yang lainnya adalah menghangatkan badan. Karena proses fermentasi, tape singkong juga mengandung alkohol dalam kadar ringan. Inilah yang membuat tape singkong bagus untuk menghangatkan tubuh.

Bagi kamu yang sedang merasa tidak enak badan, lemah atau tidak enak badan, mungkin kamu bisa mencoba mengkonsumsi tape singkong untuk mengembalikan masalah kesehatan dan kebugaran tubuhmu.

4. Menurunkan tekanan darah tinggi

5 Manfaat Tape Singkong, Camilan Tradisional yang Menyehatkan ilustrasi hipertensi (pexels.com/Thirdman)

Tekanan darah tinggi merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat menakutkan bagi setiap orang. Tekanan darah tinggi dapat meningkatkan berbagai jenis penyakit lain yang lebih berbahaya.

Tape merupakan sumber potasium yang berfungsi untuk mengatur tekanan darah, menjaga detak jantung, dan menjaga kesehatan pembuluh darah. Kandungan kalium dalam tape dapat membantu mengatasi hipertensi. Seperti yang kita ketahui, hipertensi cukup berbahaya jika tidak ditangani dengan baik.

Bagi orang yang memiliki tekanan darah tinggi, dapat mengkonsumsi tape secara teratur untuk mengatasi hipertensi yang dialami.

5. Meningkatkan sistem saraf dan otot

5 Manfaat Tape Singkong, Camilan Tradisional yang Menyehatkan ilustrasi pengobatan saraf dan otot (pexels.com/Karolina Grabowska)

Manfaat tape singkong selanjutnya adalah bisa dijadikan makanan untuk menambah energi. Karbohidrat dalam tape singkong menjadi sumber energi. Fungsi ini sama ketika anda makan nasi atau sumber karbohidrat lainnya. Mengkonsumsi tape singkong dapat membuat tubuh kamu berenergi sehingga dapat mengolah protein dan membuat tubuh lebih bugar.

Saat proses fermentasi tape, berbagai proses kimia akan terjadi dengan cepat. Tanpa disadari, ternyata proses fermentasi juga meningkatkan produksi tiamin yang berfungsi untuk memperbaiki sistem saraf dan otot. Kondisi ini akan cepat kamu rasakan karena setelah makan tape tubuh akan terasa lebih bertenaga dan sensitif.

Walaupun tape singkong memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan, namun tetap perlu memperhatikan batasan mengonsumsinya dan tidak boleh berlebihan yaitu tidak boleh lebih dari 50 gram dalam satu hari.

Perlu diingat juga bahwa tape singkong tidak boleh diberikan kepada anak-anak atau remaja yang memiliki gangguan kekebalan tubuh.

 

 

Baca Juga: 5 Fakta Tape Ketan Khas Muntilan, Camilan Legit yang Laris Manis

Siti Fatimah Anggraeni Photo Writer Siti Fatimah Anggraeni

Hello, I'm new here. I just wanna share what i'm thinking of. I'm glad to share my stories and experiences with you :))

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya