Comscore Tracker

6 Manfaat Sehat Konsumsi Bunga Turi, Bisa Melancarkan ASI!

Bukan sekedar lalapan

Turi adalah tanaman asli Indonesia. Hampir semua bagian dari tanaman bernama latin Sesbania grandiflora ini dapat dimanfaatkan, termasuk bunganya. Bunga yang berbentuk mirip kupu-kupu ini sangat digemari masyarakat Jawa sebagai campuran pecel dan lalapan karena rasanya yang nikmat. 

Tapi siapa menduga, bunga yang mudah ditemui di pekarangan rumah ini ternyata memiliki sederet manfaat yang menakjubkan untuk kesehatan tubuhmu. Berikut ini enam manfaat bunga turi yang harus kamu tahu.

1. Gurih dan agak pahit, kembang turi bisa buat pelancar ASI

6 Manfaat Sehat Konsumsi Bunga Turi, Bisa Melancarkan ASI!41a.net

Bunga turi sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu yang sedang menyusui. Kandungan yang dimiliki bunga turi ini dipercaya masyarakat dapat melancarkan produksi Air Susu Ibu (ASI).

Moms, yang merasa pasokan ASI-nya sedang berkurang bisa nih ambil bunga turi untuk lalapan atau campuran masakan lainnya. Murah meriah sekali solusinya, ya!

2. Mempercepat penyembuhan luka, kulit pun jadi sehat

6 Manfaat Sehat Konsumsi Bunga Turi, Bisa Melancarkan ASI!sclerodermanews.com

Manfaat satu ini sudah dibuktikan secara klinis lho. Berdasarkan penelitian dari International Journal of Pharma Tech Research, bunga turi memiliki ekstrak etanol yang dapat membantu mempercepat penyembuhan luka pada kulit seperti kudis, memar-memar, kuku bengkak, dan sebagainya.

Caranya sangat mudah, tumbuk bunga turi hingga halus dan oleskan pada sisi luka hingga mengering. Semakin hemat budget belanja obat, nih.

4. Warna merahnya yang cantik bisa buat pewarna makanan alami lho, guys!

6 Manfaat Sehat Konsumsi Bunga Turi, Bisa Melancarkan ASI!foodhighs.com

Satu lagi nih kabar baik dari bunga turi. Kandungan antosianin jenis sianidin 3-glukosa, pumarilglukosida, serta 5-glukosida yang terdapat dalam bunga turi merah bisa kamu gunakan untuk pewarna makanan alami. Wah, makananmu yang sudah enak tambah bikin sehat ni dengan pewarna alami dari bunga turi.  

Baca Juga: 6 Manfaat Bunga Kenop untuk Kesehatan, Banyak Dijadikan Ramuan Obat

4. Kandungan Vitamin C-nya ampuh untuk mengobati sariawan

6 Manfaat Sehat Konsumsi Bunga Turi, Bisa Melancarkan ASI!dupontdental.com

Buat kamu yang sedang mengeluh terkena sariawan, bunga turi bisa jadi pilihan yang tepat. Bunga turi bisa menambah asupan Vitamin C mu, nih.

Remas-remas bunga turi dalam air, lalu gunakan untuk berkumur-kumur. Ulangi sebanyak 4 kali dalam sehari. Cara lain, bisa kamu coba dengan meminum rebusan bunga turi. Kamu mau pilih cara yang mana?

5. Mengobati keputihan bagi wanita

6 Manfaat Sehat Konsumsi Bunga Turi, Bisa Melancarkan ASI!ckbhospitalforwomen.com

Bagi wanita, keputihan itu wajar. Tapi kalau sudah berlebihan tentu sangat mengganggu aktivitas harian. Kamu juga bisa kok berusaha mengobati keputihanmu dengan bunga turi. Ambil bunga turi secukupnya, tumbuk bersama kunyit dan sedikit air. Kemudian peras dan minum, maka keputihanmu pun akan segera sembuh.

6. Mengobati rabun jauh, mata jadi lebih sehat

6 Manfaat Sehat Konsumsi Bunga Turi, Bisa Melancarkan ASI!parade.com

Di dalam bunga turi terkandung Vitamin A yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Bahkan, bunga turi juga bisa membantu mengobati gangguan pada mata seperti rabun senja, lho. Kamu wajib nih menjaga kesehatan matamu. Konsumsi bunga turi secara teratur, kamu pun akan merasakan manfaatnya.

Itu dia manfaat bunga turi untuk kesehatan tubuhmu. Bermanfaat banget kan? Yuk ah, bikin lalapan bunga turi setiap hari.

Baca Juga: 5 Manfaat Bunga Sakura untuk Kecantikan Seperti Wanita Jepang

Siti Nurdianti Photo Writer Siti Nurdianti

Sharing my daily interest

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya