Comscore Tracker

5 Manfaat Sari Kurma, Si Manis Penjaga Kesehatan Tubuhmu

Cocok untuk minuman harianmu

Ada banyak cara untuk menikmati manfaat kurma. Satu di antaranya melalui proses ekstraksi hingga menjadi sari kurma, sehingga tubuh lebih mudah menyerap kandungan yang terdapat pada kurma. Sari kurma dapat bekerja lebih cepat dan efektif di dalam tubuhmu dibandingkan mengonsumsi buah kurma secara langsung. Jika dibandingkan, satu sendok sari kurma bisa setara dengan tujuh butir buah kurma lho. Apa aja manfaat dari sari kurma?

1. Minuman sumber energi bagi ibu hamil, pasca melahirkan dan menyusui

5 Manfaat Sari Kurma, Si Manis Penjaga Kesehatan TubuhmuUnsplash/Suhyeon Choi

Sari kurma memiliki kandungan 60-70% karbohidrat, yang diperlukan bu hamil untuk menghadapi proses persalinan nanti. Selain itu, kandungan zat besinya mampu menambah asupan gizi agar ibu hamil tidak anemia. Selain itu, efek oksitosin yang dihasilkan  kurma mampu membantu mempercepat proses kelahiran serta mengandung unsur sejenis pengikat rahim yang dapat mencegah pendarahan setelah melahirkan.

2. Meningkatkan trombosit darah dan mengatasi DBD

5 Manfaat Sari Kurma, Si Manis Penjaga Kesehatan Tubuhmuphago.site

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Miftahul Mushlih tahun 2016 menghasilkan kesimpulan bahwa  pemberian sari kurma selama tiga hari berturu-turut mampu menaikkan jumlah trombosit secara signifikan pada pasien penderita demam berdarah dengue (DBD) di rumah sakit, dibandingkan pasien yang tidak diberikan sari kurma. Bisa nih, buat rekomendasi kenalan yang sedang menderita DBD. 

3. Memberikan rasa bahagia dan menenangkan saraf

5 Manfaat Sari Kurma, Si Manis Penjaga Kesehatan TubuhmuUnsplash/Artem Beliaikin @belart84

Mengkonsumsi sari kurma secara teratur juga mampu menenangkan sel-sel saraf melalui pengaruhnya terhadap kelenjar gondok. Apabila tubuh manusia terlalu banyak hormon tiroid (hipertiroidisme), tubuh akan berkeringat, gelisah, tidak bisa diam dan berat badan akan berkurang. Konsumsi satu hingga dua sendok sari kurma pada pagi hari pun bisa jadi solusi agar tubuh kembali stabil dan tenang. 

Baca Juga: 5 Resep Smoothie Kurma Dipadu Aneka Buah yang Segar Bernutrisi

4. Ssstt.. Sari kurma juga bisa menjadi 'obat kuat' dan menambah gairah sex, lho

5 Manfaat Sari Kurma, Si Manis Penjaga Kesehatan Tubuhmufirstcry.com

Diam-diam, sari kurma juga bisa digunakan untuk mengatasi gangguan seksual sebab buah manis berwarna cokelat ini memiliki bersifat afrodisiak. Sehingga libido dan gairah seksual pun akan meningkat. Tidak hanya itu, kandungan flavonoid dan estradiol di dalam sari kurma, juga dapat berfungsi menambah jumlah dan mobilitas sperma pria, lho. Cocok nih bagi yang mengalami disfungsi ereksi atau ejakulasi dini!

5. Efektif untuk meningkatkan kalium bagi penderita hipokalemia

5 Manfaat Sari Kurma, Si Manis Penjaga Kesehatan Tubuhmumedicalnewstoday.com

Hipokalemia adalah penyakit yang terjadi karena kadar kalium tubuh yang lebih rendah dari 3.5 mg ini dalam kondisi parah membuat penderitanya lumpuh total. Bahkan,  bisa juga mengakibatkan kematian. Tingginya  kalium yang terkandung dalam buah kurma dapat menaikkan kadar kalium dalam tubuh dengan cepat. Seduh sari kurma dengan segelas air. 

Itu dia beberapa manfaat yang bisa kamu dapat sari kurma. Rasanya yang manis dan enak membuatmu minum obat tanpa merasa minum obat. Nikmat, kan?

Baca Juga: 16 Fakta Menarik tentang Kurma, Beda dari Buah Lainnya!

Siti Nurdianti Photo Community Writer Siti Nurdianti

Sharing my daily interest

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You