Comscore Tracker

5 Bahaya Menurunkan Berat Badan Secara Berlebihan

Kamu yang sering diet ketat, wajib menyimak!

Memiliki tubuh yang proporsional merupakan idaman bagi setiap orang. Gak jarang karena alasan tersebut, banyak orang yang melakukan diet ketat guna mengurangi berat badan secara signifikan.

Padahal, cara terbaik mengurangi berat bada adalah dengan melakukannya secara perlahan dan konsisten. Sebab tanpa disadari, berat badan yang turun secara drastis justru berbahaya bagi kesehatan loh!

Berat badan yang turun secara drastis sering kali dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan seperti lima masalah kesehatan berikut ini!

1. Dapat menyebabkan dehidrasi akut

5 Bahaya Menurunkan Berat Badan Secara Berlebihanpexels.com/Maurício Mascaro

Kalau lagi diet, banyak orang yang menurunkan berat badannya secara drastis dengan mengurangi nasi dan karbohidrat. Diet dengan cara seperti itu sering dilakukan oleh orang banyak meski ada efek sampingnya.

Salah satu efek samping dari kebiasaan menurunkan berat badan dengan mengurangi nasi dan karbohidrat adalah dehidrasi yang akut. Itulah kenapa pada aturan diet apapun, air putih adalah hal yang sangat wajib.

2. Tubuh kehilangan banyak nutrisi penting

5 Bahaya Menurunkan Berat Badan Secara Berlebihanpexels.com/bruce mars

Tanpa disadari, ternyata setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh memiliki manfaat berbeda.Jika sedang menurunkan berat badan, biasanya kamu akan melakukan pembatasan bahan makanan tertentu. Ada beberapa makanan yang kamu tolak untuk masuk ke dalam tubuh. 

Disisi lain, ada juga makanan yang kamu konsumsi secara berlebihan. Jika hal tersebut dibiarkan, maka tubuhmu bisa kehilangan banyak nutrisi penting. Kalau terus dibiarkan, tentunya hal tersebut bisa mengganggu kinerja organ tubuh.

Baca Juga: 5 Hal Serius yang Bisa Bikin Berat Badan Naik, Jangan Diremehkan!

3. Gangguan metabolisme tubuh

5 Bahaya Menurunkan Berat Badan Secara Berlebihanpexels.com/Nathan Cowley

Ketika tubuh kehilangan banyak nutrisi penting, lambat laun metabolisme tubuh juga menjadi menurun. Metabolisme pada tubuh akan mengalami penurunan jika kamu melakukan pembatasan kalori yang masuk. Metabolisme yang rendah akan mengganggu fungsi dari organ tubuh lainnya.

Ketika menurunkan berat badan secara berlebihan, maka kamu akan kekurangan energi sehingga tubuh menjadi mudah sekali lemas dan produktivitas menurun.

4. Menstruasi tidak teratur

5 Bahaya Menurunkan Berat Badan Secara Berlebihanrd,com

Salah satu efek penurunan berat badan secara drastis adalah bisa membuat seorang wanita mengalami perubahan pada siklus menstruasinya. Menurunnya metabolisme pada tubuh membuat kerja hormon bermasalah. Hal tersebut bisa mengubah keseimbangan hormon estrogen-progesteron dan mempengaruhi ovulasi sehingga menyebabkan menstruasi menjadi tidak teratur.

5. Hilangnya massa otot

5 Bahaya Menurunkan Berat Badan Secara Berlebihanpexels.com/pixabay

Penurunan berat badan yang perlahan-lahan akan membuatmu mudah sekali membakar lemak. Namun, kalau diet yang dijalani tidak benar, kebanyakan bukan lemak yang kamu bakar. Kemungkinan besar akan ada otot yang ikut dibakar dan dijadikan energi oleh tubuh. Oleh karena itu, ketika berat badan menurun secara drastis, kamu bisa saja kehilangan massa otot.

Nah, itulah lima masalah kesehatan yang bisa kamu alami ketika berat badanmu menurun secara berlebih. Menurunkan berat badan memang diperbolehkan, namun jangan berlebihan ya!

Baca Juga: Low-fat vs Low-carb, Mana Diet Terbaik untuk Turunkan Berat Badan?

Suci Wu Photo Community Writer Suci Wu

Halo :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You