Comscore Tracker

Awas! 5 Gejala Awal Kanker Serviks Ini Sering Banget Diabaikan

Kalau diabaikan bisa membawa dampak lebih buruk lho!

Kanker serviks atau kanker leher rahim merupakan penyakit yang terjadi akibat pembentukan sel-sel di leher rahim (bagian serviks) secara abnormal yang terus berkembang hingga tidak terkendali. Sel-sel abnormal tersebut lambat laun bisa mengakibatkan tumbuhnya tumor ganas pada bagian serviks atau leher rahim wanita.

Penyakit kanker ini sudah banyak ditemui dan menjadi salah satu momok menakutkan bagi wanita di seluruh dunia. Bahkan menurut WHO, penyakit ini merupakan salah satu jenis kanker ke empat yang paling sering terjadi pada wanita.

Di Indonesia sendiri, jenis kanker ini menempati urutan ke dua sebagai pembunuh terbanyak kaum wanita setelah kanker payudara.

Gejala kanker serviks stadium awal umumnya tidak terlihat adanya tanda-tanda apa pun. Oleh karena itu, gejala awal dari kanker serviks sering banget diabaikan. Seperti lima gejala berikut ini nih!

1. Siklus menstruasi yang tidak teratur

Awas! 5 Gejala Awal Kanker Serviks Ini Sering Banget Diabaikanhealthybabyhappyearth.com

Umumnya periode menstruasi wanita adalah 2-7 hari, sementara siklus menstruasi berlangsung selama 21-35 hari, dengan rata-rata pada umumnya selama 28 hari. Meski siklus menstruasi yang dialami tiap wanita memiliki karakteristik berbeda, namun umumunya masa menstruasi berlangsung dalam kurun waktu tersebut. 

Jika kamu mendapati siklus menstruasi yang tidak normal, hal tersebut bisa menjadi indikasi dari kanker serviks. Oleh karena itu, jika kamu terus mengalami masalah siklus menstruasi yang tidak normal atau bermasalah, maka segeralah periksa ke dokter.

2. Keputihan yang tidak normal

Awas! 5 Gejala Awal Kanker Serviks Ini Sering Banget Diabaikaninhalemd.com

Keputihan merupakan hal yang normal terjadi yang disebabkan karena dinding vagina dan leher rahim terdapat kelenjar yang memproduksi cairan. Biasanya, keputihan akan terjadi ketika memasuki siklus menstruasi. Keputihan yang normal umumnya berwarna putih susu atau jernih dan tidak berbau.

Jika suatu hari kamu mengalami keputihan yang berair dan bercampur darah juga bisa menjadi gejala kanker serviks. Selain itu, keputihan juga bisa memiliki bau busuk, berwarna jernih, atau kecokelatan.

Baca Juga: 9 Pekerjaan Ini Berisiko Tinggi terhadap Kanker, Waspadai Penyebabnya

3. Badan menjadi lebih cepat lelah, lemas, dan sering capek

Awas! 5 Gejala Awal Kanker Serviks Ini Sering Banget Diabaikanunsplash.com/Kinga Cichewicz

Gejala yang satu ini memang paling sering disepelekan. Apalagi ketika kamu kurang tidur, tentunya tubuh akan cepat lelah, lemas, dan sering capek. Sehingga ketika kita merasa cepat lelah, seringkali mengaitkannya dengan kebiasaan-kebiasaan buruk yang dilakukan.

Padahal, ketika badan menjadi lebih cepat lelah, lemas, dan sering capek bisa menjadi tanda awal dari kanker serviks. Oleh karena itu, ketika kamu terus-menerus merasa bahwa badan lebih cepat lelah capek, gak ada salahnya untuk periksa kesehatan.

4. Nafsu makan menurun

Awas! 5 Gejala Awal Kanker Serviks Ini Sering Banget Diabaikanrd.com

Bagi sebagian orang, menurunnya nafsu makan merupakan hal yang baik. Terutama bagi mereka yang memang sedang menjalankan program diet.

Namun, jika nafsu makan terus menerus menurun setiap harinya, hal tersebut bisa juga menjadi tanda bahwa tubuhmu sedang bermasalah.

Bahkan menurunnya nafsu makan juga bisa menjadi salah satu tanda dari kanker serviks. Daripada menyepelekannya, lebih baik kamu mewaspadai ketika nafsu makanmu terus menurun. 

5. Berat badan turun drastis padahal tidak melakukan program diet

Awas! 5 Gejala Awal Kanker Serviks Ini Sering Banget Diabaikanunsplash.com/i yunmai

Gejala yang satu ini merupakan akibat dari menurunnya nafsu makan. Berat badan yang turun drastis bukan berarti lemak di dalam tubuh banyak berkurang. Alih-alih lemak, justru yang banyak hilang dari tubuh adalah air atau bahkan jaringan tubuh. 

Berat badan turun drastis sering kali dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan. Gak hanya dengan kanker servik, berat badan yang menurun drastis juga menjadi gejala masalah kesehatan lain seperti malnutrisi, diabetes, dan lain-lain.

Itulah lima tanda awal dari penyakit kanker serviks yang sering banget diabaikan. Terlebih, gejala awal dari penyakit tersebut memang tidak terlalu menonjol dan umum terjadi. Walaupun demikian, kamu wajib waspada ya!

Baca Juga: 7 Gejala Penyakit Serius pada Pria Ini Kerap Diabaikan & Dikira Ringan

Suci Wu Photo Community Writer Suci Wu

Halo :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You