Comscore Tracker

5 Tips Melakukan Cheating Day Secara Aman, Diet Jadi Gak Berantakan!

#IDNTimesHealth Tak berarti dapat mengonsumsi segalanya

Cheating day merupakan istilah yang merujuk pada aktivitas seseorang untuk 'libur' sejenak dari pola dietnya. Biasanya orang-orang akan memilih waktu-waktu yang tepat untuk melakukan hal ini, berikut juga dengan menu yang akan dimakan.

Tapi kamu yang akan melakukan cheating day juga perlu memastikan beberapa hal penting berikut ini agar pola dietmu tidak berantakan. Catat, ya!

1. Anggaplah cheating day sebagai self reward

5 Tips Melakukan Cheating Day Secara Aman, Diet Jadi Gak Berantakan!ilustrasi makan pizza (Pexels/cottonbro)

Banyak orang yang sering merasa bersalah setelah melakukan cheating day, padahal rasa bersalah itulah yang akan membuat pola dietmu jadi tidak maksimal. Lepaskan beban pikiran dan anggaplah cheating day sebagai bentuk self reward untukmu. Dengan melakukan hal yang demikian, maka kamu dapat memberikan penghargaan untuk diri sendiri yang telah melakukan diet dengan baik.

2. Disiplin pada waktu cheating day

5 Tips Melakukan Cheating Day Secara Aman, Diet Jadi Gak Berantakan!ilustrasi makan sehat vs junkfood (Pexels/Andres Ayrton)

Kedisiplinan dalam diet merupakan hal paling penting yang harus kamu perhatikan. Hal ini juga berlaku pada saat waktu cheating day. Tanpa memiliki kedisiplinan, maka kamu akan dengan mudahnya melakukan cheating day secara berturut-turut sehingga tak seimbang dengan pola dietnya.

3. Tak lepas dari pola olahraga yang teratur

5 Tips Melakukan Cheating Day Secara Aman, Diet Jadi Gak Berantakan!ilustrasi bodybuilder (Pexels/Andrea Piacquadio)

Meskipun kamu sudah banyak mengonsumsi makanan di luar diet, namun pola olahraga menjadi hal yang paling penting untuk dijaga. Jangan pernah lepas dari kebiasaan untuk melatih otot tubuh dan rajin bergerak. Cara tersebut akan mampu membuat lemak tubuh menjadi lebih terbakar dan berubah jadi energi.

Baca Juga: 5 Risiko Diet dengan Mengandalkan Jus untuk Detoks, Perhatikan ya!

4. Hanya memilih satu kali waktu untuk cheating day, entah makan siang atau makan malam

5 Tips Melakukan Cheating Day Secara Aman, Diet Jadi Gak Berantakan!ilustrasi orang lagi makan (Unsplash/Jackie Hutchinson)

Dalam proses pemilihan waktu untuk cheating day, kamu juga perlu memperhatikan kapan kamu sebaiknya makan. Pilihlah antara makan siang ataupun makan malam sebagai bentuk cheating day. Melalui cara tersebut, maka kamu tak akan jadi double dalam mengonsumsi makanan di luar jadwal dietmu.

5. Makan dengan tidak berlebihan

5 Tips Melakukan Cheating Day Secara Aman, Diet Jadi Gak Berantakan!ilustrasi salad (Pexels/Cats Coming)

Kamu harus tetap memperhatikan porsi makan meskipun sedang melakukan cheating day. Pastikan untuk tidak mengonsumsi makanan secara berlebihan. Sesuaikan porsinya dengan kebutuhan tubuh, sehingga tak akan terlalu berpengaruh pada berat badan.

 

Melalui cara cheating day yang tepat, kamu pun jadi tetap memiliki pola diet yang ideal dan tidak berantakan. Tetap disiplin, ya!

Baca Juga: Mengenal Reverse Diet, Metode Diet yang Gak Bikin Stres

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya