Comscore Tracker

Kena Dampak Sengatan Matahari? Atasi dengan 5 Cara Mudah dan Ampuh Ini

Lain kali jangan lupa pakai tabir surya ya

Ada banyak alasan untuk menghindari sengatan matahari, mulai dari khawatir kulit menggelap, rasa terbakar, hingga risiko kanker kulit. Meski begitu, mungkin kamu pernah terpapar matahari hingga terasa menyengat, seperti setelah main ke pantai atau jalan-jalan di alam terbuka.

Parahnya lagi mungkin kamu lupa menggunakan pakaian tertutup dan menggunakan tabir surya. Buat kamu yang merasa butuh pengobatan, ada baiknya kamu coba dulu beberapa cara mudah ini!

1. Mandi dengan air dingin untuk meredakan rasa sakit dan nyeri

Kena Dampak Sengatan Matahari? Atasi dengan 5 Cara Mudah dan Ampuh Inimensjournal.com

Sengatan matahari bisa jadi membuatmu nyeri dan sakit dalam waktu agak lama. Jika tidak tahan, kamu bisa mandi dengan air dingin untuk meredakannya.

Cobalah bilas dengan air dan biarkan badanmu agak basah. Setelah itu, kamu bisa mengoleskan pelembab agar air terjebak di kulit sehingga gak mudah kering.

2. Gunakan pelembab yang mengandung aloe vera

Kena Dampak Sengatan Matahari? Atasi dengan 5 Cara Mudah dan Ampuh Iniyouthmanual.com

Jangan sembarangan menangani kulit yang terbakar akibat sengatan sinar matahari. Gunakanlah pelembab yang mengandung lidah buaya atau aloe vera untuk membuat kulitmu lebih baik. Sembarangan menggunakan pelembab bisa berakibat membuat kulitmu makin nyeri atau bahkan alergi.

Baca Juga: Kenapa Kamu Merasa Lelah Setiap Saat?

3. Minum air putih lebih banyak dari biasanya

Kena Dampak Sengatan Matahari? Atasi dengan 5 Cara Mudah dan Ampuh Inipexels.com

Salah satu cara sederhana untuk membuat kulitmu membaik akibat sengatan matahari adalah dengan meminum lebih banyak air putih. Guna air putih adalah menghidrasi kulitmu sehingga gak kering.

4. Biarkan kulitmu melepuh dan jangan coba-coba untuk mengelupasnya

Kena Dampak Sengatan Matahari? Atasi dengan 5 Cara Mudah dan Ampuh Inijoshrharrison.com

Sengatan matahari kadang membuat kulitmu melepuh. Untuk itu jangan coba untuk mengelupasnya. Itu adalah bagian dari kulit terbakar tingkat kedua. Kulit yang melepuh membantu kulit untuk beregenerasi. Karenanya, jangan dikelupas ya!

5. Gunakan pakaian yang nyaman untuk menutupi kulitmu yang terbakar

Kena Dampak Sengatan Matahari? Atasi dengan 5 Cara Mudah dan Ampuh IniWallpaper Alphacoders

Setelah tersengat matahari, jangan biarkan kulitmu kembali terpapar oleh matahari. Itu akan membuatnya makin buruk. Untuk itu gunakan pakaian tertutup yang membuat kulitmu lebih nyaman.

Cara tersebut paling cocok buat kamu yang ingin metode praktis, tapi cepat pulih. Namun, kalau kamu merasakan sakit yang tidak kunjung reda, tidak ada salahnya berobat langsung pada dokter, daripada terkena dampak yang lebih parah kan.

Baca Juga: Ternyata Binatang Peliharaan Baik untuk Kesehatan Fisik dan Mentalmu

Topic:

  • Yudha
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You