Comscore Tracker

Segera Periksakan, Ini 8 Jenis Gigi Patah & Cara Penanganan Daruratnya

Jika dibiarkan, akibatnya sangat fatal lho, guys...

Gigi memang kuat. Meski begitu, gigi juga rentan untuk retak, terbelah hingga patah. Penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari menggigit terlalu keras; terkena pukulan di mulut atau wajah; terjatuh; hingga gigi berlubang.

Gigi retak atau patah sedikit mungkin gak terasa sakit. Lidahmu akan dengan mudah merasakannya jika ada bagian yang patah karena terasa tajam. Namun, kalau area yang patah besar, bisa jadi kamu akan merasakan sakit yang luar biasa. Bisa jadi syaraf di gigimu rusak. Selain itu, dentin yang terbuka akan membuatmu ngilu, terutama jika terkena makanan panas atau dingin.

Rasa ngilu dan sakit bisa bermacam-macam tergantung jenis gigi patah yang kamu alami. Untuk itu, yuk kenali jenis-jenis gigi patah dan cara menanganinya berikut ini.

1. Retakan kecil yang terjadi pada permukaan luar gigi

Segera Periksakan, Ini 8 Jenis Gigi Patah & Cara Penanganan Daruratnyamcomiedentistry.com

Retakan kecil pada gigi terjadi pada permukaan luar gigi berwarna putih atau biasa disebut enamel. Retakan kecil seperti ini gak membutuhkan perawatan khusus. Dokter gigi bisa saja memoles area tersebut agar halus. 

2. Gigi retak yang rawan menyebar

Segera Periksakan, Ini 8 Jenis Gigi Patah & Cara Penanganan Daruratnyagotoapro.org

Gigi retak melibatkan seluruh gigi, mulai dari permukaan untuk mengunyah hingga ke syaraf. Potongan-potongan gigi berada di tempatnya, namun retakannya secara bertahap menyebar. Retakan gigi bisa diperbaiki dengan ditambal.

Gigi membutuhkan mahkota agar retakan gak memburuk. Kamu pun memerlukan saluran akar juga apabila kerusakan menjangkau syaraf atau jaringan hidup lainnya. 

3. Irisan kecil pada gigi

Segera Periksakan, Ini 8 Jenis Gigi Patah & Cara Penanganan Daruratnyaladnerdentist.com

Irisan kecil pada gigi gak selalu membutuhkan perawatan. Biasanya dokter gigi akan menyarankan untuk menambal agar mencegahnya memburuk dan tetap terlihat menarik. Jika irisan sangat kecil, dokter biasanya akan memoles dan menghaluskan area yang terkelupas. 

4. Puncak gigi (cusp) yang rusak

Segera Periksakan, Ini 8 Jenis Gigi Patah & Cara Penanganan Daruratnyameadfamilydental.com

Kerusakan ini biasanya memengaruhi permukaan runcing gigi untuk mengunyah. Biasanya kerusakan ini gak memengaruhi area pulpa dan gak terasa sakit. Dokter gigi bisa memperbaiki kerusakan dengan mengembalikan bentuk gigi, dengan metode onlay atau penambahan mahkota. 

Baca Juga: Seekor Ular Bernama Toothless Pakai Behel untuk Perbaiki Gigitannya

5. Kerusakan gigi serius yang mengekspos syaraf

Segera Periksakan, Ini 8 Jenis Gigi Patah & Cara Penanganan Daruratnyaabsolutedental.com

Kerusakan ini akan menyebabkan gigi terluka dan sensitif. Bisanya bagian yang patah akan berdarah. Kamu memerlukan perawatan saluran akar untuk mengangkat syaraf yang terbuka. Selain itu kamu pun perlu mahkota untuk mengembalikan gigi agar bisa mengunyah dengan benar. 

6. Gigi terbelah menjadi dua bagian

Segera Periksakan, Ini 8 Jenis Gigi Patah & Cara Penanganan Daruratnyaprosites.com

Kondisi ini terlihat dengan gigi yang terbelah secara vertikal menjadi dua bagian. Beberapa gigi seperti gigi belakang memiliki lebih dari satu akar. Sehingga, memungkinkan untuk mempertahankan salah satu akar dan sisanya ditutup dengan mahkota.

Adapun, langkah pertama kamu memerlukan perawatan saluran akar. Kedua, dokter gigi akan menghilangkan akar gigi yang gak terselamatkan. Ketiga, kamu akan membutuhkan mahkota untuk menutupi akar dan mengganti gigi. 

7. Gigi patah secara vertikal atau akar terbelah

Segera Periksakan, Ini 8 Jenis Gigi Patah & Cara Penanganan Daruratnyaelectricteeth.co.uk

Retakan ini dimulai dari akar gigi dan memanjang hingga ke area untuk mengunyah. Kerusakan ini biasanya menyakitkan karena area akar meradang dan terinfeksi. Untuk itu, gigi perlu dikeluarkan. 

8. Kerusakan karena gigi keropos

Segera Periksakan, Ini 8 Jenis Gigi Patah & Cara Penanganan Daruratnyaenacademic.com

Dalam kasus ini, gigi yang patah atau hancur disebabkan gigi yang sudah lemah. Dokter gigi akan coba mengevaluasi dan melakukan cara terbaik untuk memulihkan gigi. Jika gigi sudah sangat keropos dan meluas, gigi mungkin perlu dibuang.

Adapun, pertolongan pertama saat gigimu patah, kamu perlu membersihkan mulutmu dengan air hangat. Jika terjadi pendarahan, ambil sepotong kain kasa dan tekan area pendarahan selama 10 menit hingga pendarahan berhenti. Bisa juga dengan kantong teh jika cara ini gak berhasil.

Untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan, kompres pipi atau area bibir di atas gigi yang patah dengan kompres dingin. Konsumsi obat peredam rasa sakit yang dijual bebas dan jangan lupa untuk segera ke dokter!

Baca Juga: Ini Manfaat dan Risiko Memakai Kawat Gigi, Gak Cuma Buat Gaya-gayaan! 

Topic:

  • Yudha
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You