Comscore Tracker

8 Makanan Penyebab Asam Lambung Naik, Hindari ya!

Naiknya asam lambung bisa menyebabkan iritasi kerongkongan

Asam lambung sudah menjadi masalah kesehatan yang paling umum di masyarakat. Penyakit ini ditandai dengan timbulnya nyeri pada ulu hati dan rasa terbakar di dada. Munculnya kedua masalah ini dikarenakan asam lambung naik menuju kerongkongan.  Naiknya asam lambung menuju kerongkongan ini ternyata dapat dipicu oleh beberapa makanan. Berikut ini adalah 8 makanan penyebab asam lambung naik!

1. Minuman bersoda

8 Makanan Penyebab Asam Lambung Naik, Hindari ya!unspalsh.com/benceboros

Minuman favorit sejuta umat ini memang terbukti bisa menyebabkan naiknya asam lambung lho. Pasalnya, minuman berkarbonasi tersebut akan bereaksi dalam lambung sehingga menimbulkan gas yang memicu rasa mual.

2. Produk susu tinggi lemak

8 Makanan Penyebab Asam Lambung Naik, Hindari ya!unsplash.com/eilivaceron

Bagi penderita asam lambung, tampaknya kamu harus ekstra bijak dalam mengonsumsi produk yang satu ini. Apalagi ketika perutmu masih dalam keadaan kosong. Pasalnya, lambung akan mencerna susu dengan jalan menaikkan produksi asam. 

3. Buah yang asam

8 Makanan Penyebab Asam Lambung Naik, Hindari ya!unsplash.com/fikrirasyid

Asam lambung memiliki tingkat keasaman yang sangat tinggi. Mengonsumsi makanan yang rasanya asam hanya akan semakin meningkatkan asam lambung. Jadi, sebaiknya pilih buah lain yang tidak terlalu asam seperti semangka, pepaya, atau jambu.

4. Makanan pedas

8 Makanan Penyebab Asam Lambung Naik, Hindari ya!unsplash.com/oelli

Sensasi panas yang ditimbulkan akibat mengonsumsi makanan pedas juga bisa meningkatkan asam lambung. Hati-hati ya! Jika kamu suka pedas, lebih baik perhatikan tingkat kepedasan makanan yang kamu konsumsi.

Baca Juga: 5 Tips Rumahan yang Mudah dan Alami untuk Mengobati Asam Lambung

5. Gorengan

8 Makanan Penyebab Asam Lambung Naik, Hindari ya!unsplash.com/tareqismail

Gorengan mengandung banyak minyak dan lemak sehingga lambung harus bekerja lebih keras untuk mengolahnya. Artinya, jumlah asam lambung yang diproduksi pun akan meningkat. Batasi bahkan jika perlu hindari makan gorengan agar tubuh lebih sehat.

6. Cokelat

8 Makanan Penyebab Asam Lambung Naik, Hindari ya!unsplash.com/charissek

Kabar buruk buat pecinta cokelat nih! Tenang, kamu masih bisa mengonsumsi dark cocholate yang kandungan susu dan lemaknya lebih sedikit. Tapi, tetap harus dikontrol ya!

7. Daging berlemak

8 Makanan Penyebab Asam Lambung Naik, Hindari ya!unsplash.com//freestocks

Yaps, lambungmu harus bekerja ekstra keras untuk mencerna makanan yang satu ini. Akibatnya, lambung akan memproduksi banyak asam lambung. Makan daging boleh saja namun pilih yang rendah atau bebas lemak.

8. Kafein

8 Makanan Penyebab Asam Lambung Naik, Hindari ya!unsplash.com//brigittetohm

Minuman berkafein juga bersifat asam lho! Ada baiknya kamu mulai mengurangi konsumsi kopi atau minuman berkafein lainnya ya.

Nah, itu dia 8 makanan penyebab asam lambung naik dan sebaiknya kamu hindari. Semoga bisa membantumu untuk lebih selektif memilih makanan.

Baca Juga: Catat! Ini 5 Buah di Pasaran yang Aman untuk Penderita Asam Lambung

Vina Anggerina Photo Verified Writer Vina Anggerina

an ISFP-T // yuk berteman: @vinaanggerina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan
  • Septi Riyani
  • Novaya
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya