Comscore Tracker

Suka Dengar Suara ASMR? Ternyata Ini 5 Fakta & Manfaatnya

Selain menyenangkan, banyak manfaatnya ternyata!

Semenjak banyak bermunculan platform tempat berbagai gambar dan video di internet, ada banyak hal menarik dan baru yang bermunculan salah satunya adalah video ASMR yang banyak bermunculan disana sini. ASMR adalah respon yang muncul ketika tibuh melihat atau mendengan bunyi-bunyian atau visual yang terasa menyenangkan.

ASMR bisa berasal dari banyak sumber seperti bunyi ketukan yang konstan, suara orang mengigit makanan, sebuah bisikan ataupun tampilan video atau gambar yang menimbulkan sensasi menyenangkan pada tubuh. Karena banyaknya masyarakat yang kecanduan melihat ataupun mendengan video dan suara-suara ASMR, membuat banyak orang mulai mencari-cari mengapa hal ini terjadi. Danternyata setelah dilakukan serangkaian penelitian dan observasi, ada banyak hal yang menarik untuk digali dari ASMR ini.

1. Menimbulkan rasa rileks dan membantu mengatasi depresi

Suka Dengar Suara ASMR? Ternyata Ini 5 Fakta & Manfaatnyatwentytwowords.com

Iatilah ASMR (Autonomus Sensory Meridian Respon) pertama kali muncul pada tahun 2010 yang diperkenalkan oleh seorang pakar keamanan siber bernama Jeniffer Allen. Banyak YouTuber ASMR ataupun para penonton mereka yang mengaku mendapat sensasi tenang dan rileks saat mereka membuat atau menonton video ASMR. Suara-suara yang ringan itu terasa begitu menarik sekaligus menenangkan untuk didengarkan. Hal ini membuat mereka menjadi ketagihan untuk mendengarkan dan menonton video serupa ketika mereka mulai mengalami tekanan, stres ataupun lelah karena aktivitas seharian.

2. Berguna dalam pengobatan insomnia

Suka Dengar Suara ASMR? Ternyata Ini 5 Fakta & Manfaatnyayaaz.az

Karena memiliki efek yang menenangkan, ASMR banyak digunakan untuk membantu permasalahan sulit tidur yang kerap dialami masyarakat. Setelah menonton ASMR, pikiran akan jauh lebih rileks dan tenang sehingga lebih mudah mendapatkan kualitas tidur yang baik karena suara-suara lembut yang mengiringinya.

Efek ini tak jauh berbeda dengan ketika kita masih kecil, orang tua kita akan membacakan dongeng bercerita ringan dengan suara yang lembut untuk membuat kita menjadi lebih rileks dan kemudian mengantuk dengan sendirinya.

3. Memberi "ruang istirahat" dalam otak

Suka Dengar Suara ASMR? Ternyata Ini 5 Fakta & Manfaatnyatiktok.com

Menurut Carl W Bazil  yang merupakan seorang profesor bidang neurologi dari Columbia Medical Center dan Direktur Sleep Disorders Center. ASMR diyakini dapat memberian "ruang istirahat" dalam otak sehingga memberi kesempatan untuk pendengarnya melakukan meditasi, relaksasi dan hipnosis untuk otaknya juga untuk mengembangkan imajinasi, yang semua itu bermanfaak untuk perawatan dari permasalahan emosional.

Baca Juga: 5 Hidangan Tiram Ini Mampu Menggugah Selera Makan, Bikin Ketagihan!

4. Menimbulkan euforia positif dan sensasi menggelitik pada tubuh

Suka Dengar Suara ASMR? Ternyata Ini 5 Fakta & Manfaatnyawikipedia.org

ASMR merupakan istilah teknis yang digunakan untuk menjelaskan sensasi menggelitik yang dialami otak, kulit, leher, maupun bagian tubuh lain, sebagai respons atas rangsangan sensor tubuh ketika kita mendengarkan bunyi-bunyian dari video atau rekaman suara ASMR. Dengan merespon ASMR, menimbulkan sebuah euforia kecil yang menyenangkan pada tubuh. Tak heran video-video ASMR banyak digandrungi dan menjadi tontonan yang menyenangkan.

5. Efek yang ditimbulkan berbeda pada tiap orang

Suka Dengar Suara ASMR? Ternyata Ini 5 Fakta & ManfaatnyaYouTube.com

Namun faktanya tak semua orang memiliki pendapat yang sama mengenai respon tubuh terhadap ASMR ini beberapa orang justru tak suka mendengan orang mengunyah atau menimbulkan suara-suara konstan yang memuakan.  Karena bagi beberapa orang respon terhadap tersebut sangat berhubungan dengan memori yang memicu respon khusus. Jadi sangat wajar menemukan orang yang justru tak suka mendengar bunyi-bunyian ASMR karena respon ini sesungguhnya amat personal untuk masing-masing orang.

Baca Juga: 5 Kesalahan Saat Makan Ini Bisa Membuat Kamu Gemuk Lho!

Vini Krisdiani Photo Verified Writer Vini Krisdiani

just write it !

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya