Comscore Tracker

6 Makanan Ini Memicu Batu Ginjal Jika Dikonsumsi Berlebihan

Yuk kita batasi konsumsi makanan yang memicu batu ginjal

Batu ginjal terbentuk dari beberapa mineral dan garam yang berasal dari makanan dan minuman yang dikonsumsi. Jika mineral dan garam tersebut menumpuk di ginjal maka akan membentuk suatu kristal yang lama kelamaan berbentuk seperti batu.

Batu ginjal ukurannya bermacam-macam dan bisa tetap berada di ginjal atau turun ke saluran yang menghubungkan ginjal ke kandung kemih dan bisa keluar bersama urin. Batu ginjal juga bisa tersangkut di saluran kencing sehingga mengganggu keluarnya urin dan menimbulkan rasa sakit bahkan perdarahan. Makanan di bawah bisa memicu terbentuknya batu ginjal jika terlalu banyak dikonsumsi.

1. Daging merah

6 Makanan Ini Memicu Batu Ginjal Jika Dikonsumsi Berlebihanwww.cnbc.com

Daging merah merupakan sumber protein hewani yang mengandung tinggi purin. Purin merupakan suatu mineral yang nantinya akan diubah menjadi asam urat. Asam urat seharusnya dikeluarkan bersama urin, jika menumpuk di ginjal bisa membentuk batu ginjal.

Makanan tinggi protein juga akan menurunkan kadar sitrat dalam tubuh. Sitrat berfungsi mencegah pembentukan batu ginjal. Jadi apakah kamu penggemar steak, sate, atau opor? Batasi konsumsinya tidak lebih dari 170-225 gram perhari ya.

2. Seafood

6 Makanan Ini Memicu Batu Ginjal Jika Dikonsumsi Berlebihanbarossa.coop

Kamu suka makan seafood? Udang, ikan, lobster, cumi, kerang dan kepiting memang sangat lezat. Walaupun nikmat dimakan, kamu jangan kebablasan saat mengkonsumsi seafood ya. Karena seafood juga mengandung tinggi purin seperti daging merah.

3. Kacang-kacangan

6 Makanan Ini Memicu Batu Ginjal Jika Dikonsumsi Berlebihanwww.mnn.com

Kamu suka ngemil kacang? Semua jenis kacang, termasuk kacang mede dan almond mengandung tinggi oksalat. Oksalat merupakan salah satu mineral yang dapat membentuk batu ginjal jika kadarnya berlebihan.

Oleh karena itu batasi makan kacang ya, agar kadar oksalat di ginjal tidak menumpuk.

Baca Juga: 10 Makanan Pemicu Batu Ginjal, Batasi Konsumsinya

4. Teh

6 Makanan Ini Memicu Batu Ginjal Jika Dikonsumsi BerlebihanMerdeka.com

Minuman satu ini banyak penggemarnya, apalagi sekarang banyak variasi dari teh. Namun, kamu harus membatasi konsumsi teh. Sesekali saja boleh. Karena teh juga mengandung oksalat yang bisa membentuk batu ginjal.

5. Coklat

6 Makanan Ini Memicu Batu Ginjal Jika Dikonsumsi Berlebihanwww.harryanddavid.com

Siapa yang tidak suka coklat? Dalam bentuk cemilan atau minuman, coklat merupakan favorit banyak orang. Namun, sama seperti kacang dan teh, coklat juga memiliki kandungan oksalat. Jadi, walaupun enak tetap batasi jumlah konsumsinya ya.

6. Makanan tinggi garam

6 Makanan Ini Memicu Batu Ginjal Jika Dikonsumsi Berlebihanwww.verywellfit.com

Penggunaan garam yang disarankan adalah maksimal 5 gram perhari atau sekitar 1 sendok teh. Garam atau sodium bisa memicu pembentukan batu ginjal.

Tidak hanya garam dapur yang harus dibatasi karena garam juga banyak terkandung pada makanan olahan seperti nugget dan sosis, makanan kaleng misalnya sarden, makanan instan, dan makanan kemasan.

Itulah makanan dan minuman yang bisa memicu batu ginjal. Untuk mencegahnya batasi konsumsi makanan di atas ya. Kamu juga harus minum air putih minimal 2 liter perhari untuk membantu ginjal membuang zat-zat berlebih yang bisa membentuk batu ginjal.

Baca Juga: 5 Manfaat Sehat Rambut Jagung, Salah Satunya Mencegah Gagal Ginjal

Wiwit Widiastuti Photo Verified Writer Wiwit Widiastuti

Full time mother, part time doctor. Alumni FK Unpad, suka membaca dan menulis. Terima Kasih sudah membaca tulisan saya, semoga bermanfaat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya