Comscore Tracker

Hati-hati, 5 Kebiasaan Buruk Ini Disebabkan oleh Stres Berat

Cobalah untuk tenangkan pikiran sejenak

Gangguan mental yang paling banyak dialami oleh orang ialah stres. Stres bisa terjadi karena adanya tekanan dalam hidup seseorang. Baik tekanan dalam sekolah, pekerjaan, ataupun tuntutan hidup. 

Secara tidak sadar, stres yang berlebihan dapat menyebabkan seseorang untuk melakukan kebiasaan yang buruk. Kebiasaan tersebut dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

Lalu, seperti apakah kebiasaan buruk yang disebabkan oleh stres berat? Berikut adalah penjelasannya.

1. Menjadi lebih emosi

Hati-hati, 5 Kebiasaan Buruk Ini Disebabkan oleh Stres Beratmensline.org.au

Seseorang yang sedang stres berat akan menjadi lebih emosi. Hal ini disebabkan karena hormon stres akan meningkatkan hormon adrenalin. Akibatnya, seseorang akan lebih mudah marah saat sedang stres.

Kebiasaan buruk ini harus dihindari karena emosi yang berlebihan dapat menimbulkan masalah pada kehidupan. Selain itu masalah kesehatan dapat terjadi akibat emosi yang berlebihan seperti seperti serangan jantung atau stroke.

2. Makan terlalu banyak atau terlalu sedikit

Hati-hati, 5 Kebiasaan Buruk Ini Disebabkan oleh Stres Berathealth.harvard.edu

Gangguan pada pola makan dapat terjadi karena seseorang sedang stres berat. Gangguan tersebut bisa menyebabkan seseorang makan terlalu banyak atau terlalu sedikit. Stres berat dapat menyebabkan hormon kortisol, hormon insulin, dan hormon ghrelin mengalami peningkatan sehingga seseorang lebih mudah untuk lapar.

Sedangkan pada kasus lain, seseorang yang stres berat akan kehilangan nafsu makannya. Gangguan pada pola makan tersebut dapat menyebabkan terjadinya permasalahan pada kesehatan.

Baca Juga: Kamu Lagi Stres atau Lagi Sakit? Kami Tahu dari Pilihanmu di Sini!

3. Merokok dan mengonsumsi alkohol secara berlebihan

Hati-hati, 5 Kebiasaan Buruk Ini Disebabkan oleh Stres Beratnewshub.co.nz

Banyak orang yang beranggapan kalau stres bisa hilang dengan cara merokok dan minum alkohol. Padahal kedua hal tersebut tidak akan mengurangi stres. Bahkan merokok dan mengonsumsi alkohol dapat menimbulkan masalah kesehatan. Mulai dari peningkatan tekanan darah, kerusakan jaringan otot, dan oksigen dalam darah berkurang.

4. Malas berolahraga

Hati-hati, 5 Kebiasaan Buruk Ini Disebabkan oleh Stres Beratpixabay.com/StockSnap

Seseorang yang sedang stres berat akan merasa malas untuk berolahraga. Akibatnya stres tidak akan hilang dan tubuh jadi rentan sakit.

Berolahraga memiliki manfaat untuk mengurangi stres. Tubuh akan memproduksi hormon endorfin yang membuat tubuh menjadi lebih rileks. Selain itu berolahraga dapat membuat mood menjadi lebih baik.

5. Menarik diri dari lingkungan sosial

Hati-hati, 5 Kebiasaan Buruk Ini Disebabkan oleh Stres Beratnbcnews.com

Seseorang yang sedang stres berat tidak hanya malas untuk berolahraga saja, mereka juga malas untuk bersosialisasi kemudian akan menarik diri dari lingkungan sosial. Hal ini dapat menyebabkan kepercayaan diri dalam seseorang yang sedang stres menjadi menurun. Kemudian, menarik diri dari lingkungan sosial akan membuat stres bisa menjadi bertambah.

Kebiasaan buruk yang sudah disebutkan di atas dapat terjadi akibat seseorang sedang stres berat.

Untuk itu, cobalah untuk menenangkan pikiran sejenak. Kemudian menceritakan masalah yang terjadi kepada orang yang dipercaya dapat mengurangi stres. Lalu mulailah pola hidup yang sehat agar terhindar dari stres. Jangan lupa pula untuk selalu mendekatkan diri kepada Tuhan.

Baca Juga: 7 Penyakit Ini Akan Menghantui Kamu Jika Stres Berlarut-larut

Xehi Dekirty Photo Community Writer Xehi Dekirty

Live in another peaceful place

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You