Comscore Tracker

Cuma Modal Tiang, 4 Gerakan Ini Bisa Membentuk Ototmu dengan Efektif

Lakukan gerakan dalam dua set dengan 8-12 repetisi

Samarinda, IDN Times - Memiliki tubuh yang terpahat dengan baik adalah impian banyak orang. Olah fisik bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Jika kamu bingung karena jenisnya terlalu banyak, sebaiknya perhatikan sekelilingmu.

Bahkan dengan benda yang satu ini, kamu bisa membentuk otot dengan cara praktis. Modalnya hanya dua tiang yang menyangga pipa besi yang melintang horizontal.

EddyCalter, trainer dari Rai Fitness Samarinda memberikan saran empat gerakan untuk melatih otot menggunakan tiang. Namun sebelum mencoba gerakan tersebut jangan lupa melakukan pemanasan dan peregangan agar otot tak kaku serta menghindari cedera. Lakukan masing-masing gerakan dengan 8-12 repetisi.

1. Awali dengan pull-up

Cuma Modal Tiang, 4 Gerakan Ini Bisa Membentuk Ototmu dengan EfektifIlustrasi pull-up (livefit.com)

Gerakan ini paling mudah di antara tiga gerakan lainnya. Mulai dengan cara menggantung tubuh kamu dengan telapak tangan yang menghadap ke depan. Posisi lengan lebih lebar dari bahu.

Tarik tubuh ke atas dengan cepat hingga kedua lengan membentuk siku 90 derajat, lalu kembalikan ke posisi semula dengan tempo lebih lambat. Lakukan gerakan ini sebanyak dua set yang masing-masing set terdiri dari 8-12 repetisi sesuai kemampuan.

"Gerakan ini akan membentuk otot biseps, bahu, punggung dan perut secara bersamaan," terangnya.

Baca Juga: Membakar Lemak hingga Membentuk Otot, Ini Manfaat Hebat Lompat Tali

2. Coba lanjutkan dengan hanging oblique raise

Cuma Modal Tiang, 4 Gerakan Ini Bisa Membentuk Ototmu dengan EfektifIlustrasi gerakan hanging oblique raise (bodybuilding.com)

Bergantunglah di tiang dengan genggaman sejajar dengan posisi bahu. Angkat kedua kaki dan lipatkan ke kiri, tengah dan kanan secara bergantian sebanyak dua set yang masing-masing setnya terdiri dari 8-12 repetisi sesuai kemampuan. "Gerakan ini akan sangat berguna untuk melatih otot perut bagian samping," sebutnya

3. Gerakan hanging leg raises

Cuma Modal Tiang, 4 Gerakan Ini Bisa Membentuk Ototmu dengan EfektifIlustrasi hanging leg raises (t-nation.com)

Dia melanjutkan, letakkan tangan kamu di tiang dengan posisi yang lebih lebar dari posisi bahu. Angkat kedua kaki secara bersamaan dengan tempo cepat hingga kaki sejajar dengan pinggul, lalu turunkan perlahan. Untuk membentuk otot perut bagian bawah, lakukan gerakan ini sebanyak dua set dengan masing-masing set memiliki repetisi sebanyak 8-12 kali. 

4. Bila tak bisa pull up bisa mencoba chin up

Cuma Modal Tiang, 4 Gerakan Ini Bisa Membentuk Ototmu dengan EfektifIlustrasi chin up (barbend.com)

Untuk gerakan chin up, kata dia, merupakan kebalikan dari pull up. Chin up lebih fokus melatih otot bisep dan punggung kamu. Gerakan chin up umumnya lebih ringan daripada pull up. Sebab itu bila kamu tak mampu melakukan pull up, cobalah dengan chin up sebagai permulaan.

"Seperti gerakan lainnya,  lakukan gerakan ini sebanyak dua set dengan masing-masing set memiliki repetisi sebanyak 8-12 kali," pungkasnya.

Baca Juga: Ingin Otot Kaki Terbentuk Lebih Cepat, Lakukan 4 Gerakan Ini

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You