Comscore Tracker

5 Tips Kurangi 'Screen Time' Demi Kesehatan Mata Kita

Coba yuk kurangi lihat layar HP secara terus-menerus!

Zaman sekarang, smartphone menjadi kebutuhan paling mendasar bagi setiap orang. Kemanapun dan kapanpun, setiap orang pasti tak lepas dari smartphone-nya. Memang sih, smartphone amat berperan penting dalam kegiatan kita sehari-hari. Bermain game, e-commerce, bertukar pesan, browsing, bahkan hingga mobile banking semua terangkum dalam satu smartphone.

Sudah banyak sumber yang mengatakan pula bahwa menatap layar smartphone secara berlebihan berdampak negatif bagi mata dan otak kita, dan hampir semua orang paham akan hal itu. Tetapi, tak sedikit orang yang tanpa henti bermain gawai dari pagi hingga malam, khususnya para remaja nih.

Nah, tips di bawah ini bisa jadi membantu kamu untuk kurang-kurangin mantengin layar smartphone, terutama menjelang tidur malam. Apa saja, ya?

1. Sebisa mungkin, jauhkan smartphone darimu

5 Tips Kurangi 'Screen Time' Demi Kesehatan Mata Kitaunsplash.com/jonah_jpg

Ini adalah tips paling sederhana yang dapat kamu lakukan jika kamu memang benar-benar dalam keadaan kecanduan sama yang namanya smartphone. Jauhkan smartphone kamu sebisa mungkin, terutama 30 menit hingga satu jam sebelum kamu tidur.

Hilangkan kebiasaanmu menaruh smartphone di bawah atau di samping bantalmu, ya! Usahakan berjarak beberapa meter darimu agar kamu tidak terkena dampak radiasi dari smartphone tersebut.

2. Habiskan waktu luangmu dengan orang terdekat

5 Tips Kurangi 'Screen Time' Demi Kesehatan Mata Kitaunsplash.com/@heftiba

Jika memang menjauh dari smartphone bukan sebuah solusi dan malah membuatmu cemas atau panik, alangkah baiknya kamu memperbanyak interaksi dengan sosialmu. Kamu bisa memanfaatkannya untuk quality time sama keluarga, sahabat, atau pacar bagi yang punya.

Tips yang kelihatannya biasa ini wajib kamu coba deh. Karena dengan berinteraksi dengan orang lain, setidaknya kamu bisa sedikit mengurangi kebiasaan apa-apa buka HP ketika gabut, nih. 

3. Dengarkan podcast

5 Tips Kurangi 'Screen Time' Demi Kesehatan Mata Kitaunsplash.com/@oriento

Jika kamu memang dalam keadaan gabut banget, nggak ada siapa-siapa, dan sedang dalam perjuangan untuk mengurangi screen-time smartphone, tips yang satu ini wajib banget kamu lakuin, guys. Mendengarkan podcast.

Sebenarnya apa sih podcast itu? Buat yang belum tahu apa itu podcastpodcast merupakan media informasi melalui audio yang zaman sekarang sangat digandrungi lho. Podcast bisa kamu dengarkan di berbagai platform seperti Apple Podcast, Spotify, Soundcloud, dan lainnya.

Baca Juga: 5 Cara Sederhana Merawat Charger Handphone Agar Tidak Mudah Rusak

4. Matikan notifikasi yang masuk

5 Tips Kurangi 'Screen Time' Demi Kesehatan Mata Kitaunsplash.com/@jamie452

Notifikasi yang masuk juga termasuk faktor mengapa orang-orang sering ngecek smartphone-nya lho. Tips ini bisa jadi sangat ampuh untuk kamu yang sering mantengin smartphone karena tergoda atau penasaran dengan notifikasi yang masuk.

Misalnya, anak sekolah sedang belajar dengan HP di sampingnya, saat sedang fokus membaca, notifikasi chat  yang berbunyi atau bergetar membuatnya mengecek HP, dan akhirnya lupa dengan kegiatan membaca buku yang sedang dilakukannya. Hmm, berdampak banget, kan?

5. Gunakan mode malam

5 Tips Kurangi 'Screen Time' Demi Kesehatan Mata Kitaunsplash.com/@rami_alzayat

Jika kamu sedang dalam usaha mengurangi main smartphone, dan dalam keadaan mode malaterdesak untuk ngecek smartphone, kamu bisa banget nih mengikuti tips ini. Gunakanlah mode malam atau istilah lainnya night mode pada tampilan layar smartphone-mu.

Setidaknya, dengan menyalakan mode malam, warna dan kontras yang ditampilkan layar smartphone tidak terlalu mencolok dan cukup nyaman di mata. Namun, bagi smartphone yang tidak punya night mode, kamu bisa mengatur brightness seminimal mungkin agar nyaman di mata, ya.

Smartphone memang diciptakan untuk membantu, bahkan memenuhi kebutuhan setiap manusia. Tapi, jangan sampai kita yang diperbudak oleh smartphone tersebut. Ada baiknya, kita menggunakannya sesuai kebutuhan, tanpa perlu ketergantungan.
Semoga lima tips di atas bermanaat untukmu, ya!

Baca Juga: 7 Mitos tentang Baterai Handphone yang Harus Kamu Tahu Kebenarannya

Yuki Kristina Photo Verified Writer Yuki Kristina

17. | Suka nulis. Nulis apa aja.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya