Comscore Tracker

5 Manfaat Ampuh Buah Kelengkeng yang Tak Banyak Orang Tahu

Kamu harus tahu

Buah kelengkeng adalah salah satu buah yang digemari banyak orang. Buah kelengkeng banyak dan mudah sekali ditemui di Indonesia. Meski memiliki ukuran kecil namun ternyata buah kelengkeng mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan lho. Nah, berikut 5 manfaat buah kelengkeng buat kesehatan yang jarang diketahui. Yuk simak

1. Mempertahankan daya tahan tubuh

5 Manfaat Ampuh Buah Kelengkeng yang Tak Banyak Orang Tahuunsplash.com/Inna Lesyk

Manfaat kelengkeng yang pertama adalah dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Bila mengonsumsi setengah mangkuk kelengkeng sudah bisa memenuhi 80 persen asupan harian vitamin C. Dengan mendapatkan asupan vitamin C yang cukup, maka penyerapan zat besi pada makanan akan berjalan dengan maksimal, sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat, dan juga dapat menyehatkan kulit dari dalam.

2. Mempercepat penyembuahan luka

5 Manfaat Ampuh Buah Kelengkeng yang Tak Banyak Orang Tahuunsplash.com/Priscilla Du Preez

Manfaat lain dari buah kelengkeng yang lain yaitu dapat membantu menyembuhkan luka dengan cepat. Hal ini dikarenankan dalam buah kelengkeng mengandung polifenol yang dapat membantu menangkal serangan radikal bebas yang ada didalam tubuh dan mampu mencegah kerusakan sel-sel dalam tubuh. Sehingga ketika kamu mengonsumsi kelengkeng lukamu dapat sembuh dengan cepat.

3. Cocok untuk kamu yang lagi diet

5 Manfaat Ampuh Buah Kelengkeng yang Tak Banyak Orang Tahuunsplash.com/Allef Vinicius

Jarang diketahui banyak orang kalau buah kelengkeng memiliki kandungan lemak dan protein yang relatif rendah. Oleh karena itu, kamu bisa menjadikan buah ini sebagai menu makanan diet. Setengah cangkir yang dalamnya diisi lengkeng hanya mengandung 35 kalori sehingga direkomendasikan bagi kamu yang menjalani program diet rendah kalori.

Baca Juga: 5 Khasiat Tak Terduga Ini Tersimpan dalam Buah Kelengkeng

4. Dapat mengurangi rasa stres

5 Manfaat Ampuh Buah Kelengkeng yang Tak Banyak Orang Tahuunsplash.com/Omar Lopez

Ternyata buah kelengkeng tmemiliki kandungan zat anti depresan. Sehingga sangat cocok dikonsumsi buat kamu yang lagi stres dan mempunyai masalah. Karena itu mengonsumsi buah kelengkeng mampu memberikan efek ketenangan pada saraf dan mencegah terjadinya rasa lelah yang berlebihan dan terhindar dari masalah insomnia juga lho.

5. Memperkuat tulang

5 Manfaat Ampuh Buah Kelengkeng yang Tak Banyak Orang Tahuunsplash.com/Brooke Cagle

Sebuah penelitian yang diterbitkan ditahun 2013 dalam “maturitas” melaporkan jika wanita menopause yang kekurangan mineral seperti tembaga di dalam tubuh secara signifikan akan lebih mungkin mengalami risiko terkena osteoporosis dengan bertambahnya usia mereka. Idealnya, orang dewasa harus memenuhi asupan akan kebutuhan tembaga sebanyak 900 mikrogram setiap hari. Oleh karena itu orang dewasa disarankan mengonsumsi buah kelengkeng segar sekitar 3,5 ons per hari yang mana mengandung 807 mikrogram mineral. Artinya, mengonsumsi buah kelengkeng mampu memenuhi kebutuhan tembaga hampir 90 persen dari angka kecukupan gizi per hari.

Nah, itulah 5 manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan yang jarang diketahui orang. Jadi, jangan meremehkan manfaat dari buah ini yah karna meskipun buahnya kecil tapi mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan.

Baca Juga: Jus Buah Tersehat, 7 Manfaat Ubi Bit Merah Bagi Kesehatan Tubuh

Yulianamawar Photo Writer Yulianamawar

Mahasiswi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya