Comscore Tracker

5 Manfaat Seduhan Akar Pepaya, Bisa Obati Cacingan hingga Sakit Ginjal

Buah, daun dan akar pepaya bermanfaat tinggi

Pepaya merupakan salah satu jenis sayuran yang khas di Indonesia. Tidak hanya daun, bunga dan buahnya yang dijadikan sayur tapi akarnya dapat bermanfaat bagi kesehatan. Masa sih, akar pepaya dapat bermanfaat bagi kesehatan?

Akar pepaya ini memiliki kandungan yang sangat beragam seperti papain, fitokinase, karpain, kalsium maleat, asam malat, glikosida sianogenetik dan kimopapain. Kandungan ini dapat membantu kamu menjaga kesehatan dan mengatasi beragam jenis penyakit lho. Nah, yuk simak ulasan 5 manfaat akar pepaya bagi kesehatan.

1. Mengatasi sakit pada kandung kemih

5 Manfaat Seduhan Akar Pepaya, Bisa Obati Cacingan hingga Sakit GinjalInstagram.com/holistic_promil1

Infeksi kandung kemih adalah peradangan yang terjadi pada kandung kemih atau vesica urinaria. Infeksi kandung kemih umumnya disebabkan oleh bakteri. Saat mengalami infeksi ini, kamu akan merasa sakit saat kencing. Nah, kamu dapat mengonsumsi ramuan akar pepaya untuk mengatasi sakit pada kandung kemih.

Caranya rebus akar pepaya yang sudah dipotong dan tunggu sampai kurang lebih 20 menit hingga mendidih dan sampai air berkurang menjadi setengahnya. Kemudian masukan bawang putih. Setelah matang, angkat dan diamkan sebentar. Saat ramuan masih hangat, saring dan minumlah air dari ramuan akar pepaya ini secara rutin sebanyak 2 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang optimal. 

Baca Juga: 5 Kreasi Buah Pepaya Ini, Cocok untuk Buka Puasa!

2. Mengobati rematik

5 Manfaat Seduhan Akar Pepaya, Bisa Obati Cacingan hingga Sakit GinjalInstagram.com/ptaminsdotcom

Penyakit rematik merupakan jenis penyakit yang banyak dialami oleh orang yang sudah lanjut usia. Penyakit rematik ini biasanya disamakan dengan asam urat karena memang sangat mirip. Rasa sakit akibat rematik ini bisa sangat luar biasa sakit di bagian persendian. Untuk membantu meredakan rasa sakit dan menghilangkan rematik kamu bisa membuat ramuan dari akar pepaya sebagai obat herbal. Cara membuat ramuan dari akar pepaya ini adalah sebagai berikut.

Tumbuklah akar pepaya yang sudah disiapkan sampai halus. Kemudian rendamlah daun sambiloto, jeruk nipis, daun ketapang china, daun sirih dan cabe rawit yang sudah diiris  dengan alkohol 75% hingga 1 minggu lamanya. Setelah satu minggu kemudian, peraslah air dari rendaman tadi dan urutkan pada bagian tubuh yang terkait dengan penyakit rematik yang diderita. Lakukan pengurutan secara rutin sebanyak 3 kali sehari untuk hasil yang lebih optimal. 

3. Mengobati penyakit ginjal

5 Manfaat Seduhan Akar Pepaya, Bisa Obati Cacingan hingga Sakit GinjalUnplash.com/Robina Weermeijer

Penyakit ginjal merupakan salah satu jenis penyakit yang berbahaya bagi tubuh. Hal ini disebabkan karena ginjal berfungsi menyaring kotoran terutama urea dari darah dan membuangnya bersama dengan air dalam bentuk urin. Jadi sangat berbahaya jika ginjal kamu bermasalah. Nah, akar pepaya ini mampu mengobati penyakit ginjal lebih ampuh dan cepat dengan kandungan zat yang ada di dalamnya.

Rebuslah ke dalam air akar pepaya, akar alang-alang, kumis kucing yang sudah dicuci hingga mendidih dan sampai air berkurang menjadi setengahnya saja. Kemudian, setelah matang diamkan dan saring airnya lalu minumlah sebanyak 2 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang optimal. Jika kamu kurang suka dengan rasanya maka kamu bisa menambah gula jawa atau madu agar rasanya lebih enak.

4. Mengobati cacingan

5 Manfaat Seduhan Akar Pepaya, Bisa Obati Cacingan hingga Sakit GinjalInstagram.com/kampanye_cacingan

Cacingan adalah penyakit infeksi cacing atau parasit yang tinggal dalam usus manusia. Cacing yang menetap di usus ini akan bertahan hidup dengan mengambil sari-sari makanan yang masuk ke usus. Penyakit ini biasanya dialami oleh anak-anak karena mereka masih belum sadar akan kebersihan dan sangat mudah mengambil sesuatu yang kotor dari tanah yang mengandung cacing. Penyakit cacingan ini bisa menganggu tumbuh kembang anak. Nah, kamu dapat menggunakan akar pepaya untuk pengobatan cacingan pada buah hatimu.

Rebuslah Akar pepaya, bawang putih yang sudah dipotong hingga mendidih dan sampai air berkurang menjadi setengahnya saja. Kemudian setelah hangat, minumlah ramuan tersebut. Kamu bisa menambahkan madu atau perasa lebih banyak, jadi lebih enak karena biasanya anak-anak tidak suka rasa yang cukup pahit.

5. Minuman penyegar

5 Manfaat Seduhan Akar Pepaya, Bisa Obati Cacingan hingga Sakit GinjalInstagram.com/fifi_alamsari

Wah, ternyata daun dan akar pepaya dapat dijadikan sebagai minuman penyegar lho. Jika kamu sudah selesai melakukan aktivitas fisik dan merasa lelah maka kamu bisa mengonsumsi ramuan dari akar pepaya untuk membuat tubuhmu menjadi fit kembali. Ramuan ini sudah banyak digunakan sejak zaman dahulu sebagai penambah energi dan sudah terbukti ampuh.

Haluskan akar dan daun pepaya yang sudah dicuci bersih sebelumnya. Lalu rebuslah bahan tadi dalam air yang sudah disiapkan sampai mendidih dan sampai air berkurang menjadi setengahnya saja. Minumlah air yang sudah disaring ketika kamu merasa lelah. Kamu dapat menambah gula atau madu agar lebih nikmat. 

Nah,  itulah beberapa manfaat dari akar pepaya untuk kesehatan. Namun setelah meminum ramuan akar pepaya perlu cek ke dokter lagi apakah penyakitmu sudah semakin membaik atau tidak.

Baca Juga: 10 Manfaat Bunga Pepaya, Si Pahit yang Bantu Lancarkan Pencernaan

Yulianamawar Photo Community Writer Yulianamawar

Mahasiswi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Just For You