Sering Dianggap Remeh, 5 Fakta Kentut Ini Ternyata Penting Banget 

Bisa kentut itu hal yang harus disyukuri 

Sudah hal yang lumrah dan normal jika kentut atau buang gas sering dilakukan oleh setiap manusia. Kentut atau buang angin merupakan pelepasan gas.

Biasanya jika tidak kentut, perut kita akan kembung. Bahkan jika terlalu lama tidak kentut, bisa menimbulkan berbagai penyakit lainnya.

Nah, di bawah ini ada beberapa fakta tentang kentut yang ternyata sangat penting. Apa saja? Langsung kita simak penjelasan berikut yuk!

1. Kentut yang identik dengan bau tak sedap

Sering Dianggap Remeh, 5 Fakta Kentut Ini Ternyata Penting Banget himedik.com

Ketika kita kentut atau buang angin, seringkali menimbulkan aroma tak sedap.Hal itu karena kentut mengandung sulfur ditambah lagi dengan makanan yang kita konsumsi setiap hari yang diproses di sistem pencernaan yang membuat kentut beraroma tak sedap.

2. Penyebab kentut bersuara

Sering Dianggap Remeh, 5 Fakta Kentut Ini Ternyata Penting Banget freepik.com

Terkadang kentut mengeluarkan bunyi, namun ada juga yang tidak. Kentut yang mengeluarkan bunyi terjadi karena tekanan dari gas yang menyebabkan terjadinya getaran dari bukaan anus atau rektum. Hal itulah yang menyebabkan kentut bersuara sekaligus tinggi rendahnya frekuensi suara kentut.

Di siang hari suara kentut bisa dengan mudah dikendalikan. Namun di malam hari, kita cenderung melepaskan kentut meskipun menimbulkan suara, hal itu karena sistem pencernaan kita sedang dalam kondisi nyaman.

Baca Juga: Jarang Diketahui, Ini 8 Manfaat Kentut yang Luar Biasa bagi Kesehatan

3. Kentut bisa terjadi sampai 10 kali lebih dalam sehari

Sering Dianggap Remeh, 5 Fakta Kentut Ini Ternyata Penting Banget info.sk

Seseorang biasanya kentut atau buang angin 10 kali lebih dalam sehari tergantung seberapa baiknya sistem pencernaannya dan seberapa banyak gas yang bisa diproses.

Jadi, jika kita buang angin berkisar antara 10 sampai 20 kali dalam sehari, hal itu tak perlu dirisaukan karena itu menandakan bahwa sistem pencernaan kita berjalan dengan baik.

4. Gas yang menyebabkan kentut ternyata bisa terbakar

Sering Dianggap Remeh, 5 Fakta Kentut Ini Ternyata Penting Banget istockphoto.com/BrilliantEye

Gas yang dihasilkan dari kentut mengandung campuran hydrogen, metana, dan sulfida yang disinyalir sangat rentan terpapar api. Meskipun secara langsung tidak akan menimbulkan nyala api yang parah, namun bisa disimpulkan bahwa kandungan gas dari kentut bisa menghasilkan api.

5. Menahan kentut bisa mengundang berbagai penyakit

Sering Dianggap Remeh, 5 Fakta Kentut Ini Ternyata Penting Banget shutterstock.com/Pop Paul-Catalin

Dapat kentut setiap hari merupakan sesuatu yang patut disyukuri. Banyak orang di luaran sana harus merogoh kocek yang tidak sedikit hanya untuk bisa kentut. Maka, jangan malu untuk kentut atau buang angin, asal bisa menempatkan tempat agar tidak kentut sembarangan.

Menahan kentut apalagi secara terus menerus akan membuat perut kembung bahkan bisa mengundang berbagai penyakit pada tubuh.

Nah, itu dia kelima fakta kentut yang ternyata sangat penting. Meski terkesan menjijikkan, namun bisa kentut dengan rutin adalah hal yang patut kamu syukuri guys!

Baca Juga: 7 Hal yang Mempengaruhi Bau Kentut, Jangan Sampai Busuk dan Mengganggu

Asih Purwanti Photo Verified Writer Asih Purwanti

Bukan Siapa-Siapa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You