Comscore Tracker

Jarang Terjadi tapi Berbahaya, Ini 9 Gejala Kanker Penis

Waspadai perubahan kulit maupun tekstur pada penis, ya!

Kanker adalah salah satu penyakit yang ditakuti. Menurut keterangan di laman Badan Kesehatan Dunia (WHO), kanker adalah penyebab utama kematian di seluruh dunia, terhitung hampir 10 juta kematian pada tahun 2020. Selain itu, sekitar 70 persen kematian akibat kanker terjadi di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah.

Nah, salah satu kanker yang perlu diwaspadai khususnya oleh para laki-laki adalah kanker penis. Menurut sebuah tinjauan ilmiah dalam Pan American Journal of Public Health tahun 2017, kanker penis tergolong jarang terjadi terutama di negara maju, di mana insiden tahunannya di bawah 1 kasus per 100.000 laki-laki. Insiden ini mewakili kurang dari 1 persen kanker pada kaum adam. Namun, di beberapa negara Asia, Afrika, dan Amerika Selatan, kejadiannya bisa mewakili hingga 10 persen dari kasus. 

Walaupun kanker penis termasuk kanker yang jarang terjadi, tetapi laki-laki tetap perlu mewaspadainya. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa gejala kanker penis yang perlu diperhatikan.

1. Muncul luka pada area kelamin

Jarang Terjadi tapi Berbahaya, Ini 9 Gejala Kanker Penisilustrasi penis sakit (snopes.com)

Menurut laman Cancer Research UK, adanya pertumbuhan atau luka pada penis yang tidak sembuh dalam waktu 4 minggu bisa menjadi gejala kanker penis. Ini bisa terlihat seperti kutil, bisul, atau lecet, dan mungkin tidak menyakitkan.

2. Muncul ruam

Jarang Terjadi tapi Berbahaya, Ini 9 Gejala Kanker Penisilustrasi ruam kulit (pixabay.com/Hans)

Bila melihat ada ruam yang berkembang di penis, jangan disepelekan. Baiknya segera periksakan ke dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan untuk mengetahui penyebab kemunculan ruam tersebut.

3. Keluarnya darah dari penis

Jarang Terjadi tapi Berbahaya, Ini 9 Gejala Kanker Penisilustrasi penis (metro.co.uk)

Perdarahan di penis juga bisa menjadi tanda kanker, termasuk perdarahan yang terjadi di bawah kulup penis.

4. Keluarnya cairan berbau tak sedap

Jarang Terjadi tapi Berbahaya, Ini 9 Gejala Kanker Penisilustrasi bau (orissapost.com)

Keluarnya cairan berbau busuk dari penis bisa menandakan adanya infeksi atau adanya sesuatu yang mengiritasi kulit penis. Ini juga bisa terjadi kalau kamu tidak menjaga kebersihan penis dengan baik. Kanker penis sebetulnya adalah penyebab gejala ini yang lebih jarang.

Kalau kamu tidak membersihkan penis dengan benar setiap hari, substansi yang tampak mirip keju yang disebut smegma bisa menumpuk. Ini berbeda dengan cairan yang keluar secara konstan dari penis. Periksakan ke dokter bila kamu melihat adanya cairan yang tak biasa dari penis.

Baca Juga: 5 Perubahan yang Terjadi pada Penis saat Menginjak Usia Lanjut

5. Terjadi fimosis

Jarang Terjadi tapi Berbahaya, Ini 9 Gejala Kanker Penisilustrasi penis (moorgateandrology.co.uk)

Dilansir Cancer.Net, fimosis muncul ketika kulup penis menjadi kencang dan sulit untuk ditarik kembali. Laki-laki dengan kondisi ini memiliki peningkatan risiko terkena kanker penis. Kemungkinan besar karena mereka cenderung tidak bisa membersihkan penis secara menyeluruh.

Kebersihan penis yang buruk meningkatkan risiko peradangan kronis yang bisa menyebabkan kanker.

Kabar baiknya, terdapat perawatan bedah dan non-bedah yang tersedia untuk fimosis. Kondisi ini juga bisa dicegah dengan sunat.

6. Perubahan warna kulit penis

Jarang Terjadi tapi Berbahaya, Ini 9 Gejala Kanker Penisilustrasi warna penis berubah (healthline.com)

Dilansir Beaumont, tanda awal kanker penis biasanya berupa perubahan warna pada kulit penis. Perubahan warna ini mungkin meliputi:

  • Perubahan warna: kulit penis menjadi lebih gelap ataupun lebih terang, atau mungkin berubah warna menjadi kemerahan.
  • Perubahan pada ketebalan kulit: kulit penis mungkin menebal atau teksturnya berubah.
  • Penumpukan jaringan: kamu mungkin akan melihatnya sebagai area kulit yang terangkat atau menonjol.
  • Luka atau ulkus: beberapa kanker penis mungkin dimulai dengan adanya luka atau ulkus di kulit penis.
  • Benjolan: adanya benjolan juga bisa menjadi tanda kanker penis.

7. Adanya benjolan di selangkangan

Jarang Terjadi tapi Berbahaya, Ini 9 Gejala Kanker Penisilustrasi penis (healthline.com)

Menurut American Cancer Society, jika kanker telah menyebar dari penis, ini paling sering pertama kali menyebar ke kelenjar getah bening di selangkangan. Ini bisa membuat kelenjar getah bening di sana membengkak.

Kelenjar getah bening adalah kumpulan sel sistem kekebalan tubuh. Biasanya, mereka seukuran kacang dan hampir tidak bisa dirasakan sama sekali. Jika bengkak, kelenjar getah bening umumnya akan terasa seperti benjolan halus di bawah kulit. 

Meski demikian, kelenjar getah bening yang bengkak tidak selalu berarti kanker telah menyebar ke sana. Umumnya ini disebabkan oleh respons terhadap infeksi. Kulit di dan sekitar kanker penis sering kali bisa terinfeksi, yang bisa menyebabkan kelenjar getah bening di sekitarnya membengkak, bahkan jika kanker belum mencapainya.

8. Rasa sakit ketika berhubungan seks

Jarang Terjadi tapi Berbahaya, Ini 9 Gejala Kanker Penisilustrasi pasangan tidak serasi (medicalnewstoday.com)

Rasa sakit pada penis saat berhubungan seks dengan pasangan, atau rasa sakit saat berkemih, juga bisa menjadi tanda kanker penis, mengutip Moffitt Cancer Center. 

9. Perut sakit

Jarang Terjadi tapi Berbahaya, Ini 9 Gejala Kanker Penisilustrasi sakit perut (pixabay.com/derneuemann)

Gejala sakit perut akibat kanker penis biasanya merupakan tanda kanker tersebut sudah masuk pada tahap lanjut. Hal ini bisa berujung pada penurunan nafsu makan dan berat badan, hingga membuat penderitanya mudah lelah.

Memiliki satu atau beberapa gejala di atas memang tidak berarti kamu memiliki kanker penis. Akan tetapi, baiknya periksakan ke dokter, apalagi bila ada faktor risiko seperti usia di atas 60 tahun, merokok, praktik kebersihan yang buruk, hidup di area dengan sanitasi dan kebersihan yang buruk, serta memiliki penyakit menular seksual seperti human papillomavirus (HPV).

Intinya, waspadai perubahan sekecil apa pun pada penis. Ambil langkah bijak dengan segera memeriksakan diri ke dokter. Karena, makin cepat kanker penis terdeteksi, maka peluang efektifnya perawatan pun akan lebih tinggi.

Baca Juga: Penis Ereksi Mendadak, Ini 6 Cara Mudah 'Menenangkannya'

Topic:

  • Nurulia

Berita Terkini Lainnya