Comscore Tracker

Waspadai, Psoriasis Mampu Sebabkan 12 Komplikasi Penyakit Ini

Ini merupakan akibat dari gangguan pada sistem imun

Psoriasis adalah kondisi sistem kekebalan tubuh yang terlalu aktif, sehingga membuat kulit mengalami kulit mengalami kondisi kronis. Karena termasuk dalam kategori penyakit autoimun, kelainan pada sistem dan kerja sel pertahanan tubuh bisa menyebabkan berbagai komplikasi, terlebih bila psoriasis tidak ditangani dengan benar.

Menurut sebuah laporan dalam jurnal "Dermatology Research and Practice" tahun 2018, psoriasis memengaruhi 2-3 persen populasi dunia. Di Indonesia sendiri, seperti yang tertulis dalam "Asian Journal of Pharmaceutical and Clinical Research" tahun 2018, penderita psoriasis diperkirakan mencapai 2-6 juta orang. Kamu salah satunya?

Bila ya, ada beberapa kemungkinan komplikasi psoriasis yang mesti diwaspadai, baik fisik maupun mental. Apa saja?

1. Radang sendi

Waspadai, Psoriasis Mampu Sebabkan 12 Komplikasi Penyakit Inimedicalnewstoday.com

Radang sendi ini disebut sebagai artritis psoriatik (psoriatic arthritis atau PsA). Data dari National Psoriasis Foundation menyebutkan 30 persen penderita psoriasis mengalami kondisi ini.

Gejala awalnya adalah sendi kemerahan atau bengkak, seperti di jari, bahu, dan punggung bawah. Tanda lainnya juga termasuk kekakuan dan nyeri, khususnya saat bangun tidur pada pagi hari

2. Penyakit mata

Waspadai, Psoriasis Mampu Sebabkan 12 Komplikasi Penyakit Inimsdmanuals.com

Peradangan yang memengaruhi sel kulit juga bisa menyebabkan komplikasi pada jaringan mata. Penderita psoriasis dilaporkan lebih berisiko mengalami blefaritis (peradangan pada kelopak mata), konjungtivitis (peradangan pada konjungtiva), dan uveitis (peradangan pada uvea). 

3. Kecemasan

Waspadai, Psoriasis Mampu Sebabkan 12 Komplikasi Penyakit Iniinverse.com

Peradangan di kulit dan gangguan lainnya yang kambuh dapat memengaruhi penampilan, yang bisa lama-lama bisa mengganggu kondisi mental penderitanya. Misalnya malu saat bersosialisasi, atau cemas bila penyakit sewaktu-waktu kambuh. Ini merupakan tanda kecemasan. Untuk mengatasinya, yoga atau meditasi bisa membantu menenangkan pikiran.

4. Depresi

Waspadai, Psoriasis Mampu Sebabkan 12 Komplikasi Penyakit Iniwonderwall.sg

Bukan hanya kecemasan, depresi juga bisa muncul akibat psoriasis, malahan bisa berjalan seiringan. Gejalanya adalah kamu merasa terisolasi, merasa sedih atau bersalah bila melewatkan aktivitas dengan orang lain. Ini bisa jadi tanda awal depresi. Bila ini terjadi selama beberapa minggu, sebaiknya konsultasi dengan ahli kejiwaan untuk menghindari gangguan kesehatan mental yang lebih serius.

5. Parkinson

Waspadai, Psoriasis Mampu Sebabkan 12 Komplikasi Penyakit Inimicrobiomepost.com

Menurut sebuah penelitian berjudul “Risk of Parkinson's Disease Among Patients with Psoriasis: A Systematic Review and Meta-analysis” yang dipublikasikan dalam "Indian Journal of Dermatology" tahun 2016, kemungkinan penderita psoriasis mengalami penyakit Parkinson lebih tinggi, akibat efek dari peradangan di jaringan saraf.

Penyakit Parkinson adalah penyakit neurodegeneratif yang memengaruhi otak. Lama-lama, penyakit bisa menyebabkan tremor, gerak tumbuh melambat, dan kaku otot. Belum ada obatnya, tapi penanganan dini bisa membantu mengendalikan gejala dan mencegah perburukan.

6. Tekanan darah tinggi

Waspadai, Psoriasis Mampu Sebabkan 12 Komplikasi Penyakit Initoday.com

Laporan ini datang sebuah penelitian berjudul “Psoriasis and High Blood Pressure” dalam jurnal medis "Medical Archives" tahun 2015. Disebutkan bahwa 59,2 persen dari seluruh pasien psoriasis yang diteliti mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi. Ini mengindikasikan adanya koneksi antara psoriasis dan tekanan darah tinggi.

Baca Juga: 8 Cara Mengobati Psoriasis Secara Mudah dan Cepat

7. Sindrom metabolik

Waspadai, Psoriasis Mampu Sebabkan 12 Komplikasi Penyakit Ininutraingredients-asia.com

Psoriasis dapat meningkatkan risiko terjadinya sindrom metabolik, yaitu beberapa kondisi yang memengaruhi metabolisme dan kesehatan kardiovaskular, meliputi tekanan darah, kolesterol tinggi, dan tingginya kadar insulin dalam tubuh. Pada akhirnya, sindrom metabolik ini dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung.

8. Penyakit kardiovaskular

Waspadai, Psoriasis Mampu Sebabkan 12 Komplikasi Penyakit Inicardio.com

Dilansir Mayo Clinic, pasien psoriasis punya risiko yang lebih tinggi mengalami penyakit kardiovaskular karena, seperti yang ditulis di poin sebelumnya, adanya sindrom metabolik. Selain itu, obat yang dikonsumsi juga bisa memengaruhi kemunculkan penyakit kardiovaskular ini.

9. Diabetes tipe 2

Waspadai, Psoriasis Mampu Sebabkan 12 Komplikasi Penyakit Inigannett-cdn.com

Sistem imun meningkatkan risiko penderita psoriasis mendapatkan diabetes. Menurut sebuah penelitian dalam jurnal "Psoriasis: Targets and Therapy" tahun 2019, disebutkan bahwa permasalahan metabolisme dan genetik adalah yang memengaruhi kemunculan diabetes pada pasien psoriasis, mengingat psoriasis dapat memengaruhi tingkat insulin dalam tubuh.

10. Obesitas

Waspadai, Psoriasis Mampu Sebabkan 12 Komplikasi Penyakit Inimydr.com.au

Psoriasis juga mungkin bisa meningkatkan risiko penderitanya mengalami obesitas. Ada satu teori yang menyebut bahwa psoriasis cenderung membuat penderitanya kurang aktif, yang lama-lama bisa meningkatkan berat badan.

Teori lainnya adalah koneksi antara peradangan dan obesitas. Dalam kasus ini, diyakini bahwa peradangan yang sama menyebabkan obesitas, kemudian memunculkan psoriasis.

11. Penyakit ginjal

Waspadai, Psoriasis Mampu Sebabkan 12 Komplikasi Penyakit Inieconomictimes.indiatimes.com

Khususnya bila kondisi psoriasis sedang atau parah, psoriasis dapat meningkatkan risiko penyakit ginjal. Menurut National Kidney Foundation, faktor risiko lainnya termasuk usia di atas 60 tahun, punya tekanan darah tinggi, diabetes, atau ada riwayat penyakit ginjal dalam keluarga.

12. Penyakit autoimun lainnya

Waspadai, Psoriasis Mampu Sebabkan 12 Komplikasi Penyakit Inipowerofpositivity.com

Karena merupakan penyakit autoimun, artinya penderita psoriasis berisiko mengalami penyakit autoimun lainnya seperti penyakit radang usus, penyakit celiac, lupus, dan sebagainya.

Genetik dan gaya hidup adalah faktor yang memengaruhi kemunculan komplikasi akibat psoriasis. Maka dari itu, ketahui riwayat penyakit dalam keluarga, seperti kolesterol tinggi, supaya bisa dilakukan penanganan sedini mungkin.

Risiko komplikasi juga bisa diminimalkan dengan mengelola stres dan menerapkan pola makan sehat. Berhenti merokok dan minum minuman beralkohol juga dapat membantu mencegah psoriasis memburuk.

Psoriasis memang tak bisa disembuhkan. Namun, dengan penanganan yang tepat dan didukung dengan penyesuaian gaya hidup, kualitas hidupmu bisa tetap maksimal meski punya psoriasis.

Baca Juga: Bukan Ketombe Biasa, Ini 5 Fakta Penyakit Kulit Scalp Psoriasis 

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya