Comscore Tracker

Benarkah Sel Kanker Payudara Lebih Aktif pada Malam Hari? 

Sel kanker payudara ditemukan paling aktif saat pasien tidur

Kanker payudara adalah kanker yang paling umum terjadi pada perempuan. Pada tahun 2020, Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa kanker payudara menyerang 2,3 juta perempuan di seluruh dunia dan menyebabkan 685.000 kematian.

Pencegahan kanker payudara amat penting untuk mencegah sel kanker menyebar (metastasis) ke organ tubuh lainnya. Masalahnya, sebuah studi terbaru memperingatkan kalau sel kanker payudara bisa aktif dan menyebar pada malam hari.

1. Libatkan pasien kanker payudara

Benarkah Sel Kanker Payudara Lebih Aktif pada Malam Hari? Ilustrasi kanker payudara (unsplash.com/Angiola Harry)

Hingga saat ini, masih minim penelitian yang mencari tahu bagaimana waktu bisa memengaruhi metastasis sel kanker payudara pada perempuan. Dimuat dalam jurnal Nature pada 22 Juni 2022, sebuah penelitian di Swiss ingin mencari tahu hal tersebut.

Penelitian bertajuk "The metastatic spread of breast cancer accelerates during sleep" ini merekrut 30 partisipan perempuan. Sebanyak 21 partisipan menderita kanker payudara jinak, sementara 9 partisipan menderita kanker payudara stadium IV yang sudah bermetastasis. Tak ada yang menerima pengobatan saat penelitian berlangsung.

Para peneliti Swiss kemudian mengambil sampel darah dari para partisipan pada jam 10 pagi (saat bangun) dan 4 dini hari (saat tidur). Setelah dianalisis untuk mengetahui kadar CTC, ternyata hampir 80 persen CTC ditemukan dalam sampel darah yang diambil pada waktu tidur.

2. Diujikan juga ke hewan

Apakah hanya malam hari saja? Para peneliti juga melaksanakan percobaan yang sama pada tikus dengan sel kanker payudara. Sebagai informasi, tikus dan hewan pengerat lain adalah makhluk nokturnal, sehingga ritme sirkadiannya terbalik (tidur pada waktu siang dan bangun pada waktu malam).

Setelah mengambil sampel darah dengan prosedur yang serupa, penelitian ini mencatat bahwa kebanyakan CTC terdeteksi pada siang hari, saat para tikus sedang beristirahat. Efek ini terlihat bahkan jika siklus tidur tikus diganggu, entah dengan paparan cahaya atau pemberian melatonin.

Baca Juga: Gak Nyangka, 10 Kebiasaan Sepele Ini Dapat Memicu Kanker Payudara

3. Perlu penelitian lebih lanjut

Selain itu, para peneliti menemukan bahwa luruhan CTC saat istirahat membelah diri lebih cepat dibanding saat sedang bangun. CTC kala manusia istirahat memperlihatkan gen mitosis yang lebih banyak dibanding CTC lain, sehingga CTC bisa bermetastasis.

Para peneliti menduga bahwa senyawa melatonin, testosteron, dan insulin adalah faktor di balik penyebaran dan pembelahan masif CTC pada malam hari. Namun, tentu saja, penelitian yang lebih mendalam diperlukan untuk mengonfirmasi hasil studi.

"Menurut pandangan kami, temuan ini menunjukkan pentingnya tenaga kesehatan profesional untuk merekam waktu saat mereka melakukan biopsi," ujar kepala peneliti dari ETH Zurich, Nicola Aceto, dilansir Medical News Today.

Untuk itu, para peneliti mengaku bahwa mereka telah merencanakan penelitian lanjutan untuk mengetahui apakah kanker jenis lain juga memiliki perilaku metastasis yang serupa. Selain itu, apakah waktu pemberian terapi juga bisa memengaruhi efektivitas? Ini juga perlu dicari tahu.

4. Bukan berarti tidak butuh tidur

Benarkah Sel Kanker Payudara Lebih Aktif pada Malam Hari? ilustrasi tidur malam (pexels.com/@vanyaoboleninov)

Penelitian ini menemukan bahwa sel kanker payudara memang lebih aktif saat sedang beristirahat. Hal ini terlihat pada manusia dan pada hewan. Jadi, apakah artinya kita tak perlu tidur untuk mencegah pergerakan CTC kanker payudara? Tentu saja, tidak!

Menurut sebuah riset di Inggris yang dimuat dalam jurnal Sleep tahun 2010, pasien kanker yang tidur kurang dari 7 jam lebih berisiko mengalami kematian dini. Selain itu, penelitian tahun 2022 di Australia juga mencatat bahwa mengacaukan ritme sirkadian tikus bisa membuat sel kanker menyebar lebih cepat.

Intinya, temuan para peneliti Swiss bukanlah peringatan untuk tidak tidur. Penelitian ini menunjukkan bahwa sel kanker payudara memiliki waktu aktif spesifik untuk menyebar melalui aliran darah, yaitu pada saat pasien sedang beristirahat.

Baca Juga: 7 Cara Mencegah Kanker Payudara, Penting untuk Diketahui!

Topic:

  • Nurulia

Berita Terkini Lainnya