Comscore Tracker

Sering Diabaikan, 7 Gejala Jantung Lemah Ini Perlu Kamu Waspadai!

jangan diremehkan, ya!

Lemah jantung atau biasa juga disebut gagal jantung kongestif merupakan gangguan yang perlu diwaspadai. Pada kondisi ini, bukan berarti fungsi jantung berhenti total, namun kinerjanya mengalami penurunan (melemah) dikarenakan pembesaran otot-otot jantung. Adapun sederet faktor yang menjadi pemicunya yakni pengaruh obesitas, tingginya kadar kolesterol dalam darah, tekanan darah tinggi, artimia atau bisa pula disebabkan si penderita mengidap aritmia atau penyakit jantung koroner.

Tentunya keadaan ini nggak boleh diabaikan begitu saja. Sebab bila jantung melemah, maka proses pemompaan darah ke seluruh tubuh jadi ikut terhambat. Nah, untuk mencegah dampak yang fatal, maka kita perlu mengenali gejala awal dari jantung lemah. Dengan begitu, kita pun bisa mengambil tindak pengobatan sedini mungkin.

Langsung saja, berikut gejala awal penyakit lemah jantung yang perlu kamu ketahui!

1. Cepat merasa capek atau lelah

Sering Diabaikan, 7 Gejala Jantung Lemah Ini Perlu Kamu Waspadai!bringsafetyhome.com

Salah satu tanda jantung lemah yang sering terlihat yakni penderitanya kerap mengalami kelelahan saat beraktivitas. Hal ini terjadi akibat jantung tak bisa memompa darah secara optimal, sehingga tubuh pun jadi kekurangan suplai darah dan terasa lemas. 

Biasanya rasa lelah akan semakin terasa saat si penderita berolahraga, naik turun tangga ataupun mengangkat beban yang berat. 

2. Sering mengalami sesak nafas

Sering Diabaikan, 7 Gejala Jantung Lemah Ini Perlu Kamu Waspadai!healthday.com

Selain mudah lelah, penderita jantung lemah juga kerap mengalami sesak nafas. Kondisi ini muncul diakibatkan adanya arus balik darah, dimana darah dari jantung kembali masuk ke pembuluh darah yang memasok oksigen dari paru-paru.

Keadaan sesak nafas ini biasanya rentan kambuh ketika penderita melakukan aktivitas beratberat dan akan berkurang disaat tidur atau beristirahat. 

3. Nafsu makan terasa menurun

Sering Diabaikan, 7 Gejala Jantung Lemah Ini Perlu Kamu Waspadai!shutterstock.com

Kondisi jantung yang tak mampu menyalurkan darah secara optimal berdampak negatif pada kerja organ-organ vital di dalam tubuh, termasuk organ pencernaan dan hati yang juga ikut terganggu. 

Karena kekurangan darah, sistem pencernaan jadi kacau. Si penderita akan mudah merasa kenyang, bahkan mual dan muntah tanpa alasan. Apabila keadaan ini berlangsung secara terus-menerus, maka bukan tak mungkin si penderita mengalami kekurangan gizi dan penurunan berat badan drastis. 

Baca Juga: Menegangkan, 5 Game tentang Operasi Jantung yang Bikin Berdebar

4. Batuk yang tak kunjung sembuh

Sering Diabaikan, 7 Gejala Jantung Lemah Ini Perlu Kamu Waspadai!health.com

Selanjutnya, gejala dari jantung lemah adalah batuk kronis yang sulit disembuhkan. Kondisi ini terjadi dikarenakan penumpukan cairan dalam paru-paru. Jika keadaaan ini tak segera ditangani, maka gejalanya bisa bertambah parah hingga menimbulkan risiko batuk berdarah. 

5. Tubuh mengalami pembengkakan (edema)

Sering Diabaikan, 7 Gejala Jantung Lemah Ini Perlu Kamu Waspadai!medicalnewstoday.com

Penderita jantung lemah juga kerap mengalami kenaikan berat badan. Namun bukan gemuk karena banyak makan, melainkan terjadi akibat penumpukan cairan dalam tubuh. 

Kondisi ginjal yang kekurangan pasokan darah, membuat organ tersebut memproduksi hormon yang dapat menyimpan garam dan air. Nah, keadaan inilah yang kemudian menyebabkan akumulasi cairan sehingga tubuh pun mengalami pembengkakan (edema).

Umumnya, bagian yang tampak bengkak adalah pergelangan tangan dan kaki.

6. Denyut atau irama jantung tak beraturan

Sering Diabaikan, 7 Gejala Jantung Lemah Ini Perlu Kamu Waspadai!yesdok.com

Aritmia atau irama jantung yang tidak teratur terjadi akibat otot-otot jantung berusaha memompa darah secara optimal, padahal kondisinya cukup lemah. Kerja yang dipaksakan ini membuat detak jantung jadi tak beraturan dan cenderung lebih cepat. 

7. Sulit berkonsentrasi

Sering Diabaikan, 7 Gejala Jantung Lemah Ini Perlu Kamu Waspadai!marketingland.com

Gejala terakhir yang sering tak disadari oleh penderita jantung lemah adalah sulit untuk fokus. Kurangnya asupan darah yang menuju otak, menyebabkan kinerja syaraf-syaraf otak mengalami penurunan. Sehingga akibatnya si penderita berisiko mengidap gangguan berpikir, seperti sulit mengingat (disorientasi), linglung, bahkan tak jarang menimbulkan sakit kepala. 

Demikianlah sederet gejala jantung lemah yang perlu diperhatikan. Apabila kamu merasakan tanda-tanda di atas secara signifikan, maka tak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter. Dengan begitu kamu bisa meminimalisir dampak buruknya. Moga bermanfaat! 

Baca Juga: 7 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Mencegah Penyakit Jantung, Coba Deh!

Amaniya Photo Verified Writer Amaniya

Pengembara di bumi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You