TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Tips Mudah dan Jitu Atasi Masalah Insomnia, Bye-bye Susah Tidur!

Dijamin kamu langsung tertidur pulas!

dramaswithasideofkimchi.com

Insomnia atau gangguan sulit tidur pasti pernah dirasakan hampir setiap orang. Gangguan ini dapat dialami oleh siapapun dan disebabkan oleh berbagai macam penyebab. Bagi kamu yang sering mengalami insomnia, kamu harus cepat-cepat atasi insomniamu karena gangguan ini dapat  berdampak lanjut terhadap kondisimu seperti stres meningkat, pikiran kurang fokus, melemahnya sistem kekebalan tubuh, dan bahkan jika dibiarkan lama-kelamaan dapat berpengaruh pada fungsi organ tubuh.

Tenang guys, ada banyak cara simple yang bisa kamu lakukan untuk atasi masalah insomniamu. Penasaran apa saja? Yuk, simak enam tips jitu berikut ini!

1. Olahraga di sore hari

pexels.com/@pixabay

Berolahraga ternyata dapat mempengaruhi seberapa baik kualitas tidurmu. Namun, kamu harus memperhatikan waktu yang tepat untuk berolahraga agar kualitas tidur malammu baik. Pastikan untuk melakukan aktivitas olahraga 4-5 jam sebelum tidur sehingga dengan berolahraga akan menghabiskan energi yang membantu kamu merasa lebih lelah dan siap untuk tidur di malam hari.

2. Pastikan tubuhmu rileks sebelum tidur

pexels.com/@pixabay

Banyak cara yang bisa kamu lakukan agar tubuhmu rileks sebelum tidur seperti mandi dengan air hangat, minum teh/susu hangat, atau menyiapkan kondisi kamar dan kasurmu senyaman mungkin. Pastikan juga kamu sudah buang air kecil sebelum tidur supaya kamu gak kebelet buang air kecil ketika kamu mulai merasa mengantuk.

Baca Juga: 5 Penyebab Insomnia yang Mungkin Belum Kamu Ketahui Selama Ini

3. Stop main handphone ketika kamu sudah di kasur!

blog.net10.com

Buat kamu yang mengalami insomnia dan malah main handphone ketika sudah di atas kasur dengan alasan agar lama-kelamaan kamu bisa tertidur, hentikan deh kebiasaan itu. Cahaya terang dari layar handphone dapat menghentikan tubuh kamu memproduksi melatonin. Melatonin ini adalah hormon yang penting untuk membuatmu tidur nyenyak dan secara alami diproduksi ketika hari menjadi lebih gelap.

4. Tidak hanya handphone, pastikan juga kamu mematikan layar handphone, TV, dan laptopmu

unsplash.com/@alejandroescamilla

Panjang gelombang cahaya biru dan hijau dari layar ponsel, laptop atau tablet, dan TV dapat mengelabui otak yang membuat otakmu berpikir bahwa kamu masih berada di siang hari sehingga mencegah pelepasan melatonin. Akibatnya tidak hanya membuatmu lebih sulit untuk tidur, tetapi membuat kualitas tidurmu semakin memburuk.

5. Lakukan teknik pernafasan struktural

thechrisellefactor.com

Dalam dunia kesehatan holistik, menarik dan mengeluarkan napas dipercaya dapat mempengaruhi kualitas tidur yang baik. Latihan pernafasan sebelum tidur ini bekerja sama halnya pada pernafasan saat meditasi yang dapat menimbulkan rasa rileks dan tenang. Kamu bisa melakukan teknik pernafasan dengan cara tarik nafas selama 4 detik, tahan selama 3 detik dan buang nafas selama 7 detik, kemudian lakukan berulang hingga tubuhmu merasa rileks.

Baca Juga: Susah Tidur karena Insomnia? 5 Obat Alami Ini Membantumu Cepat Pulas

Verified Writer

Mademoiselle Dii

On a journey of life

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya