Comscore Tracker

Mengenal Varikokel, Kondisi Pembesaran Pembuluh Darah pada Skrotum

Dapat memengaruhi kesuburan laki-laki

Varikokel atau varicocele adalah pembesaran pembuluh darah di dalam skrotum. Dilansir UCLA Health, kondisi ini dialami sekitar satu dari enam laki-laki, dan lebih sering terjadi pada laki-laki yang lebih muda, yaitu usia 15-25 tahun.

Apakah ini penyakit berbahaya? Apa saja gejala dan penyebabnya? Benarkah bisa sebabkan ketidaksuburan pada laki-laki? Yuk, simak ulasan faktanya berikut ini!

1. Apa itu varikokel?

Mengenal Varikokel, Kondisi Pembesaran Pembuluh Darah pada Skrotumilustrasi varikokel (stgeorgeurology.com.au)

Dilansir Cleveland Clinic, varikokel adalah kelainan pada pembuluh darah di dalam skrotum atau buah zakar, kantung pelindung yang melindungi dan menahan testis. Pada laki-laki dengan varikokel, itu berarti pembuluh darah di dalam skrotum membesar (lebih lebar dari seharusnya).

Varikokel mirip dengan varises, kondisi umum yang menyebabkan pembuluh darah di kaki membengkak dan kehilangan bentuknya.

Varikokel biasanya tidak menimbulkan rasa sakit, tetapi terkadang dapat menyebabkan testis sakit atau nyeri yang mungkin datang dan pergi. Pada beberapa orang, varikokel dapat memengaruhi kesuburan. Jika varikokel tidak mengganggu, kemungkinan pengobatan tidak diperlukan.

2. Gejala varikokel

Mengenal Varikokel, Kondisi Pembesaran Pembuluh Darah pada Skrotumilustrasi laki-laki dengan varikokel (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Varikokel sering kali tidak menunjukkan tanda atau gejala, dan jarang menyebabkan nyeri. Namun, seperti diuraikan di Mayo Clinic, gejala nyeri muncul bisa:

  • Bervariasi dari ketidaknyamanan yang tajam hingga tumpul
  • Meningkat saat berdiri atau melakukan aktivitas fisik, terutama dalam waktu lama
  • Memburuk sepanjang hari
  • Mereda saat berbaring telentang
  • Kesuburan terganggu

Seiring waktu, varikokel mungkin membesar dan menjadi lebih terlihat. Varikokel digambarkan tampak seperti "sekantong cacing". Kondisi tersebut dapat menyebabkan testis bengkak, hampir selalu di sisi kiri.

Baca Juga: Penis Terasa Gatal? Mungkin 9 Hal ini Pemicunya!

3. Penyebab varikokel dan jenisnya

Mengenal Varikokel, Kondisi Pembesaran Pembuluh Darah pada Skrotumilustrasi laki-laki dengan varikokel (gmcdhcc.com)

Salah satu penjelasan untuk varikokel adalah katup di tali spermatika, yang membawa darah ke dan dari testis, berhenti bekerja dengan semestinya, dilansir Medical News Today. Penyebab kenapa ini bisa terjadi tidak sepenuhnya jelas, tetapi serupa dengan varises yang terjadi di kaki.

Katup satu arah di pembuluh darah harus selalu memungkinkan darah mengalir ke jantung. Katup yang rusak dapat mengganggu aliran darah. Darah jadi menggenang, bukannya bergerak dengan lancar. Penumpukan darah ini menyebabkan pembuluh membesar.

Seperti halnya organ lainnya, gangguan aliran darah pada akhirnya dapat menghentikannya bekerja dengan baik.

Varikokel dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

  • Jenis tekanan: vena spermatika terisi dengan darah, menimbulkan varikokel tingkat I.
  • Jenis shunt: penumpukan yang parah menyebabkan kerusakan pada vena spermatika dan vena lainnya, menyebabkan varikokel kelas II atau III yang lebih besar

Testis kiri kemungkinan besar akan terpengaruh. Namun, meski umumnya hanya satu sisi yang terdampak varikokel, tetapi ini bisa memengaruhi produksi sperma di kedua sisi.

4. Siapa yang berisiko terkena varikokel?

Mengenal Varikokel, Kondisi Pembesaran Pembuluh Darah pada Skrotumilustrasi seorang pria (pexels.com/Pixabay)

Tidak ada faktor risiko khusus untuk varikokel. Akan tetapi, kemungkinan besar ini bisa muncul selama pubertas. Kelebihan berat badan dapat mengurangi risiko, sementara tubuh yang tinggi tampaknya meningkatkan risikonya.

Sebelumnya ada anggapan bahwa begitu seorang laki-laki menjadi ayah, ia tidak akan mandul setelah ini, tetapi pada tahun 1993 ada penelitian dalam jurnal Fertility and Sterility yang menyimpulkan bahwa ini mungkin tidak benar. Sebaliknya, tim peneliti mengatakan bahwa risiko kemandulan dapat meningkat seiring waktu.

Jika varikokel berkembang pada usia di atas 40 tahun, kemungkinan besar disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah yang lebih besar di area perut, kemungkinan akibat tumor ginjal.

5. Diagnosis varikokel

Mengenal Varikokel, Kondisi Pembesaran Pembuluh Darah pada Skrotumilustrasi diagnosis varikokel (vittoriavita.com)

Dilansir Healthline, diagnosis bisa ditegakkan setelah pemeriksaan fisik. Varikokel tak selalu bisa dirasakan atau dilihat saat berbaring. Dokter kemungkinan akan memeriksa testis saat pasien berdiri dan berbaring.

Dokter mungkin perlu melakukan USG skrotum untuk mengukur vena spermatika dan memungkinkan dokter mendapatkan gambaran rinci dan akurat tentang kondisi tersebut.

Setelah diagnosis varikokel ditegakkan, dokter akan mengklasifikasikannya dengan salah satu dari tiga nilai klinis. Klasifikasi ini dilabeli nilai 1 sampai 3, sesuai ukuran benjolan di testis. Kelas 1 adalah yang terkecil dan kelas 3 adalah yang terbesar.

Ukuran tidak selalu memengaruhi perawatan secara keseluruhan, karena pasien mungkin tidak membutuhkan pengobatan. Pilihannya bisa didasarkan pada tingkat ketidaknyamanan atau masalah ketidaksuburan atau infertilitas yang dimiliki.

6. Pengobatan varikokel

Mengenal Varikokel, Kondisi Pembesaran Pembuluh Darah pada Skrotumilustrasi obat dalam suntikan(pexels.com/Retha Ferguson)

Dilansir Patient, bila hanya ada sedikit ketidaknyamanan, penggunaan celana dalam yang longgar bisa membantu meringankan atau mencegah ketidaknyamanan.

Pengobatannya sendiri melibatkan pengikatan pembuluh darah yang membesar. Metode pengobatan lain adalah dengan menggunakan zat khusus yang disuntikkan ke pembuluh darah untuk memblokirnya. Kedua metode tersebut biasanya efektif.

Akan tetapi, walau pengobatan berhasil, beberapa laki-laki masih bisa mengalami kekambuhan beberapa bulan atau beberapa tahun kemudian. Ini karena pembuluh darah yang tertinggal untuk mengambil darah dari testis dapat membesar dengan darah ekstra yang sekarang harus mereka bawa. Kekambuhan dapat diobati dengan cara yang sama.

Itulah fakta mengenai varikokel. Mengingat kondisi ini bisa menyebabkan ketidaksuburan pada laki-laki, konsultasikan dengan dokter bila kamu dan pasangan sulit punya momongan serta mendapat penanganan yang paling sesuai.

Baca Juga: Tahukah Penismu Bisa Mengecil Secara Permanen karena 8 Hal ini?

Derinda Astri Photo Verified Writer Derinda Astri

"Harapanmu akan terwujud jika kamu tidak mudah menyerah dan selalu berusaha. Usir rasa malasmu dan terus berkarya tanpa membuang waktu dengan sia-sia" IG: derindaastri YT:Derindavaz

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya