Comscore Tracker

5 Manfaat Wijen Bagi Kesehatan Tubuh Kita, Kecil-kecil Kece

Banyak banget manfaatnya

Bila selama ini kita tahu selama ini wijen menjadi taburan di atas roti namun ternyata biji kecil berwarna putih ini bermanfaat juga untuk kesehatan, lho. Mau tau apa saja manfaat wijen bagi kesehatan? Simak ulasannya berikut ini.

1. Menurunkan tekanan darah

5 Manfaat Wijen Bagi Kesehatan Tubuh Kita, Kecil-kecil Kecebbdistributors.co.za

Tekanan darah yang tinggi tentunya akan meningkatkan resiko penyakit berbahaya dan mematikan seperti stroke ataupun jantung. Seperti halnya yang diungkapkan dalam jurnal dari University Medical Center Groningen Netherlands  wijen mengandung magnesium yang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah. Tak hanya itu saja kandungan vitamin E dan juga antioksidan lain dapat mencegah pertumbuhan plak pada arteri sehingga tekanan darah dapat terjaga.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh kita

5 Manfaat Wijen Bagi Kesehatan Tubuh Kita, Kecil-kecil Kecegraina.com.au

Dikutip dari National Institutes of Health bahwa wijen memiliki kandungan zinc yang baik untuk kesehatan. Pasalnya bila tubuh kekurangan zinc maka sistem kekebalan atau imun tubuh akan menurun. Selain itu wijen mengandung selenium, zat besi, vitamin B6 dan vitamin E yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh kita.

3. Melancarkan sistem pencernaan

5 Manfaat Wijen Bagi Kesehatan Tubuh Kita, Kecil-kecil Kecewillkart.com

Apakah kamu mengalami masalah pencernaan seperti kesulitan buang air besar? Hal tersebut bisa terjadi karena tubuhmu kurang memiliki serat. Oleh karenanya kamu dapat mendapatkan asupan serat salah satunya dari wijen.

Melansir dari jurnal U.S Department of Agriculture yang menyatakan bahwa mengkonsumsi 3 sendok makan wijen atau setara dengan 30 gram akan memenuhi 12% asupan serat harian kita.

Baca Juga: 8 Tanda Kolesterol Tinggi Tanpa Perlu Cek Lab, Bisa Diketahui Sendiri

4. Menjaga dan mengontrol kolesterol dalam tubuh

5 Manfaat Wijen Bagi Kesehatan Tubuh Kita, Kecil-kecil Kecethespruceeats.com

Wijen mengandung 39 persen lemak tak jenuh tunggal, 41 persen lemak tak jenuh ganda dan 15 persen lemak jenuh. Dari penelitian milik Departmen of Nutrition Harvard  menyebutkan bahwa mengonsumsi lebih banyak lemak tak jenuh ganda maupun tunggal dapat membantu dalam mengurangi atau menurunkan kolesterol dalam tubuh kita yang berpotensi untuk meningkatkan risiko penyakit seperti penyakit jantung.

5. Meningkatkan kesehatan tulang kita

5 Manfaat Wijen Bagi Kesehatan Tubuh Kita, Kecil-kecil Keceistockphoto.com/ecobo

Mengutip hasil penelitian sebuah jurnal yang berjudul The Role of Nutrients in Bone Health, From A To Z diketahui bahwa bila kita mengonsumsi biji wijen yang tidak dikupas dengan cara merendamnya atau memanggangnya maka kandungan yang terdapat di dalam wijen tersebut akan sangat baik untuk kesehatan kulit kita. Pasalnya wijen mengandung 22 persen kalsium, 21 persen zat besi, 32 persen mangan dan juga 25 persen magnesium.

Itulah tadi, 5 manfaat wijen bagi kesehatan tubuh kita. Sangat bermanfaat, ya ternyata. Benar-benar kecil-kecil cabai rawit, deh.

Baca Juga: 5 Manfaat Hebat Minyak Wijen untuk Rambut, Sudah Pernah Coba?

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

a talkative who loves to write and tweeting | “Even a falling star still shines” - Tablo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Berita Terkini Lainnya