Comscore Tracker

5 Fakta Ablutophobia, Fobia Takut Mandi dan Membersihkan Diri

Ternyata ada juga ketakutan seperti ini

Ada banyak sekali jenis fobia yang dialami seseorang. Paling umum seperti fobia terhadap ketinggian, atau mungkin fobia mendengar suara petir. Namun, bagaimana dengan fobia yang membuat seseorang takut mandi?

Bukan rekayasa, ternyata fobia yang satu ini ada, lho. Ingin tahu apa saja fakta yang membuat seseorang mengidap ablutophobia? Simak ulasannya berikut ini.

1. Pengertian ablutophobia

5 Fakta Ablutophobia, Fobia Takut Mandi dan Membersihkan DiriUnsplash.com/Naomi August

Dilansir healthline.com, pengertian ablutophobia sendiri adalah suatu perasaan takut yang dialami oleh seseorang berupa takut mandi dan juga takut membersihkan diri.

Mereka juga cenderung takut akan hal-hal yang berhubungan dengan kamar mandi, sabun, ataupun air. Fobia ini bisa menyerang siapa saja baik laki-laki maupun perempuan, dari usia anak-anak hingga dewasa.

2. Penyebab ablutophobia

5 Fakta Ablutophobia, Fobia Takut Mandi dan Membersihkan DiriUnsplash.com/Lubomirkin

Ablutophobia merupakan salah satu jenis fobia yang spesifik. Berdasarkan verywellmind.com, disebutkan jika ada banyak faktor yang memicu fobia ini.

Di antaranya gangguan fungsi otak karena kecelakaan atau cedera, faktor genetik karena orang tua juga mengalami hal serupa, pengalaman traumatis berkaitan dengan aktivitas mandi, ataupun kebiasaan dari kecil yang kerap kali menghindari saat disuruh mandi akan terbawa hingga usia dewasa.

Baca Juga: Mengenal Haphefobia, Fobia yang Bikin Seseorang Takut dengan Sentuhan

3. Gejala ablutophobia

5 Fakta Ablutophobia, Fobia Takut Mandi dan Membersihkan DiriShutterstock.com/Vladimir Gjorgiev

Dilansir medicalnewstoday.com, gejala yang ditimbulkan oleh ablutaphobia ada beragam. Beberapa gejala yang dimaksud meliputi gangguan kecemasan, sesak nafas, mengalami ketakutan, panik, jantung berdetak cepat, berkeringat, pusing, mulut kering, tantrum, menangis, dan juga gemetar.

4. Efek yang ditimbulkan

5 Fakta Ablutophobia, Fobia Takut Mandi dan Membersihkan DiriGettyimages.co.uk/Peter Dazeley

Efek yang ditimbulkan dari ablutophobia ada bermacam-macam, lho. Penderita fobia yang satu ini akan cenderung mengalami kesulitan dalam bersosialisasi, mengidap beragam penyakit karena tidak mau membersihkan badan, depresi hingga bullying sekalipun.

Ketakutan-ketakutan ini dapat membuat penderitanya berpikir bahwa mereka akan pingsan, hilang kendali, bahkan meninggal. Ternyata efek yang ditimbulkan fobia ini gak main-main, ya.

5. Cara mengatasi ablutophobia

5 Fakta Ablutophobia, Fobia Takut Mandi dan Membersihkan DiriPexels.com/Jonathan Andrew

Dilansir thehealthsite.com, cara mengatasi ketakutan ini adalah dengan psikoterapi, perubahan pola hidup, meditasi, yoga, mengonsumsi obat penenang, dan juga latihan pernapasan.

Psikoterapi yang dilakukan bagi penderita ablutophobia adalah dengan cara dihadapkan dengan ketakutan mereka sendiri yaitu mandi. Lantas mereka akan dibimbing dan diberi pengarahan untuk mengatasi perasaan serta kecemasannya sendiri.

 

Demikian tadi fakta mengenai ablutophobia. Bila kamu terindikasi mengalami hal serupa, lekas hubungi para profesional, ya. Jangan self-diagnose, agar fobiamu dapat segera diatasi.

Baca Juga: Mengenal Niktofobia, Rasa Takut Berlebihan atau Fobia akan Kegelapan

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya