Comscore Tracker

Menyerang Semua Umur, Anak Hingga Dewasa Rentan Kena 5 Penyakit Ini

Siapa yang pernah kena saat dewasa?

Penyakit memang gak kenal usia. Siapa saja dengan dengan kondisi daya tahan tubuh yang lemah bisa terjangkit penyakit. Nah, beberapa contoh penyakit di bawah ini umumnya dialami anak kecil, namun jangan salah, orang dewasa juga berpotensi terkena penyakit yang sama, lho. 

Kalau sudah terjangkit penyakit ini, biasanya orang dewasa agak sedikit gak menyangka, apalagi jika sudah pernah di vaksin saat kecil. Nah, ini dia beberapa penyakit yang lumrah dialami anak kecil, tapi bisa juga menyerang orang dewasa. Kamu pernah gak?

1. Cacar air

Menyerang Semua Umur, Anak Hingga Dewasa Rentan Kena 5 Penyakit Inim.post.naver.com

Cacar air ditandai dengan badan yang mengalami bintil-bintil kecil berair yang menyebar di sekujur badan. Selain gatal-gatal, badan juga meriang, demam dan ngilu di bagian persendian tulang. 

Umumnya, cacar air memang dialami oleh anak-anak, namun jangan kaget karena orang dewasa juga bisa mengalami hal yang sama. Masa inkubasi virus selama 14 hari membuat kita harus ekstra sabar apalagi dengan bekas cacar yang ditinggalkan.

Nah, untuk mencegahnya jangan lupa vaksin dan diobati dengan serius ya. Karena serius, kena cacar saat dewasa lebih menyiksa dibanding saat anak-anak. 

2. Campak

Menyerang Semua Umur, Anak Hingga Dewasa Rentan Kena 5 Penyakit Inihowtocure.com

Masih satu golongan dengan cacar, penyakit campak yang umumnya diderita anak-anak bisa juga dialami orang dewasa. Campak disebabkan oleh virus yang bisa menular melalui udara atau droplet ketika penderita sedang bersin atau batuk.

Gejalanya yaitu badan yang mengalami ruam kemerahan, demam tinggi, ngilu pada tulang dan kurangnya nafsu makan. Jika kamu kena campak, segera ke dokter untuk mendapatkan obat yang tepat. Semakin cepat diobati, maka semakin baik. Walau bisa sembuh sendiri, tapi jangan anggap remeh ya. 

Baca Juga: Dulu Terkenal, 7 Penyakit Ini Sekarang Sudah Hampir Tidak Terdengar

3. Bisul

Menyerang Semua Umur, Anak Hingga Dewasa Rentan Kena 5 Penyakit Inimedicalnewstoday.com

Hm, kalau masih anak-anak kena bisul mungkin biasa, tapi kalau sudah saat dewasa, rasanya agak cukup memalukan juga. Bisul sering terjadi di daerah leher, lipatan tangan, paha atau bagian bokong. Umumnya terjadi di daerah yang sering terkena gesekan. Bisul bisa membuat penderitanya demam, meriang sampai menggigil, lho. 

Gak usah khawatir, tentunya bisul bisa dicegah dengan menjaga kebersihan seperti gak berbagi penggunaan alat-alat pribadi seperti baju atau handuk. Kalau kena bisul, kompres bagian tersebut dengan air hangat dan berikan salep yang bisa didapatkan pada apotek terdekat. 

4. Diare

Menyerang Semua Umur, Anak Hingga Dewasa Rentan Kena 5 Penyakit Inipexels.com/Andrea Piacquadio

Semua pasti setuju kalau kena diare rasanya amat sangat menyiksa. Sekujur badan jadi lemas dan gak bertenaga. Belum lagi harus bolak balik ke kamar mandi karena sakit perut yang gak tertahankan. 

Diare bisa disebabkan oleh makanan yang gak higienis. Akhirnya terjadi gangguan pencernaan yang mengakibatkan kamu buang-buang air. Karena menyebabkan cairan tubuh berkurang drastis, jangan lupa minum air yang banyak dan makan makanan yang bergizi. Jangan anggap sepele diare ya, kalau gak ditangani bisa menyebabkan kematian, lho. 

5. Flu, batuk dan pilek

Menyerang Semua Umur, Anak Hingga Dewasa Rentan Kena 5 Penyakit Inipexels.com/Andrea Piacquadio

Biasanya, batuk, flu dan pilek terjadi secara bersamaan. Daya tahan tubuh yang turun menyebabkan virus jadi mudah sekali masuk. Kondisi tadi juga diikuti dengan suhu badan yang tinggi dan kepala yang berdenyut pusing. 

Flu, batuk dan pilek sering terjadi saat pergantian cuaca dan bisa dialami siapa saja. Jika mengalami gejala flu, batuk dan pilek, jangan lupa istirahat dan konsumsi makanan bergizi supaya daya tahan tubuh segera membaik. Walau kesannya kena flu sepele, tapi bisa bikin kamu lemas berhari-hari, lho.

Nah, itu dia beberapa penyakit yang gak cuma dialami anak kecil, tapi juga orang dewasa. Jika kamu mengalami beberapa gejala di atas, segera ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat ya. Stay healthy, guys!

Baca Juga: Bukan Penyakit, 5 Hal 'Berpengaruh' Ini Menular pada Keseharian Kita

Cappucino tea Photo Verified Writer Cappucino tea

Tohoshinki Enthusiast, Instagram: astri_meita

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya