Comscore Tracker

5 Cara Sederhana untuk Meredakan Sakit Tenggorokan

Yuk, intip rahasianya

Hampir semua orang pernah mengalami sakit tenggorokan. Penyakit ini dapat terjadi pada anak maupun dewasa. Saat sakit tenggorokan, anda akan merasakan panas dan tidak enak di bagian tenggorokan hingga mengalami kesulitan untuk menelan. Bahkan bila berlanjut terus, anda juga dapat mengalami batuk-batuk.

Sakit tenggorokan sendiri diakibatkan oleh adanya proses peradangan di tenggorokan kita. Peradangan tersebut biasanya terjadi karena adanya infeksi dari virus, bakteri, ataupun jamur. Selain infeksi, kondisi ini juga bisa dicetuskan oleh alergi, atau iritasi oleh zat-zat tertentu seperti debu dan asap.

Untuk mengatasi sakit tenggorokan, kita pastinya akan menggunakan obat-obatan. Namun, selain daripada itu, ternyata ada juga, lho, hal lain yang dapat kita lakukan di rumah untuk bisa membantu mengatasi gejala pada sakit tenggorokan. Berikut ini adalah cara-cara sederhana untuk melegakan sakit tenggorokan.

1. Kumur-kumur dengan menggunakan air garam

5 Cara Sederhana untuk Meredakan Sakit TenggorokanPexels.com/Lorena Martínez

Dilansir dari MedicalNewsToday, 9 Juli 2018; anda dapat mencampurkan setengah sendok teh garam dengan air yang hangat. Setelah garam tersebut larut, anda dapat berkumur selama beberapa saat menggunakan air garam tersebut. Pertahankan air garam di tenggorokan anda selama beberapa saat sebelum mengeluarkannya. Air garam akan dapat mengurangi dahak dan lendir yang ada di tenggorokan. Hal tersebut akan menyebabkan gejala batuk-batuk menjadi berkurang.

2. Konsumsilah makanan yang bergizi

5 Cara Sederhana untuk Meredakan Sakit Tenggorokanpexels.com/Trang Doan

Tanpa makanan bergizi, tubuh kita tidak akan mampu untuk melawan bakteri ataupun virus yang menginfeksi tenggorokan kita. Walau sulit untuk menelan, anda tetap harus mengonsumsi makanan. Cobalah untuk mengonsumsi makanan-makanan yang bersifat lunak untuk sementara waktu. Hindari makanan-makanan yang dapat mengiritasi tenggorokan seperti misalnya gorengan atau makanan pedas.

3. Minum air yang cukup

5 Cara Sederhana untuk Meredakan Sakit Tenggorokanpexels.com/Daria Shevtsova

Air dapat membantu proses pengenceran dahak. Selain itu, selama sakit tenggorokan, sebaiknya tubuh anda tetap terhidrasi dengan baik guna membantu menyembuhkan proses peradangan. Anda juga bisa mencoba untuk minum air yang hangat untuk meredakan rasa nyeri di tenggorokan. Selain itu, minuman seperti jus juga akan membantu memberikan vitamin dan nutrisi yang baik untuk tubuh anda. Hindari terlebih dahulu minuman seperti kopi, soda, dan teh.

Baca Juga: 10 Cara Mengeluarkan Dahak di Tenggorokan dengan Ampuh

4. Berhenti merokok dan hindari asap rokok

5 Cara Sederhana untuk Meredakan Sakit Tenggorokanpexels.com/Pixabay

Bila anda perokok dan sering kali mengalami batuk-batuk, sebaiknya anda segera berhenti merokok karena rokok tersebut menyebabkan terjadinya iritasi pada tenggorokan anda. Menghirup asap rokok sendiri juga sama berbahayanya dengan merokok. Selain dari batuk-batuk, asap rokok itu sendiri dapat mencetuskan berbagai penyakit pada pernapasan, terutama pada anak-anak.

5. Jagalah kebersihan mulut

5 Cara Sederhana untuk Meredakan Sakit Tenggorokanpexels.com/Pixabay

Penting bagi anda untuk selalu menjaga kebersihan mulut dan tangan saat sakit tenggorokan. Infeksi pada tenggorokan ini sendiri dapat terbantu dengan cara rajin menyikat gigi. Menyikat gigi sendiri selain membantu untuk mengurangi bau tidak sedap pada mulut, ternyata dapat berperan untuk membantu melawan infeksi pada tenggorokan kita.

Nah, itu tadi adalah cara-cara sederhana yang dapat dilakukan di rumah bila mengalami sakit tenggorokan. Apabila gejala sakit tenggorokan tidak kunjung membaik atau justru bertambah parah, maka anda akan sangat dianjurkan untuk segera berobat ke dokter.

Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 10 Obat Alami Ini Efektif Meredakan Sakit dan Gatal pada Tenggorokan

Pluvia Phillie Photo Writer Pluvia Phillie

Thanks for reading :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya