10 Cara Mengeluarkan Dahak di Tenggorokan dengan Ampuh

Dahak memang mengganggu, apalagi jika terus menyangkut

Dahak adalah lendir kental yang menyangkut di bagian belakang tenggorokan ketika kita sedang sakit. Lendir ini sebenarnya diproduksi oleh paru-paru sebagai cara untuk menghalangi masuknya virus dan bakteri. Cairan tersebut sering kali muncul dan menyumbat tenggorokan saat sedang sakit batuk, flu, atau radang tenggorokan.

Dahak bisa menjadi sangat kental sehingga sulit untuk dikeluarkan. Kondisi tersebut terjadi karena terlalu banyak partikel asing yang masuk. Namun jangan terburu-buru mengambil obat dulu.

Ada sejumlah metode atau cara mengeluarkan dahak dengan ampuh dan menggunakan metode alami. Mau tahu apa saja? Simak ulasan selengkapnya dibawah ini ya!

1. Menjaga kelembapan udara di ruangan

10 Cara Mengeluarkan Dahak di Tenggorokan dengan Ampuhvasco.eu

Udara yang kering bisa membuat hidung dan tenggorokanmu semakin iritasi. Akibatnya, paru-paru akan memproduksi lebih banyak dahak.

Kamu bisa mengatasinya dengan mengaktifkan humidifier di kamarmu. Jika udara di sekitarmu lembap, dahak akan menjadi lebih cair sehingga mudah untuk dikeluarkan.

2. Minum banyak air

10 Cara Mengeluarkan Dahak di Tenggorokan dengan Ampuhallure.com

Perbanyaklah minum, terutama air hangat agar lendir di tenggorokan lebih mudah keluar. Ini karena air bisa membantu meluruhkan dahak yang menyangkut.

Kamu juga bisa mencoba makan makanan yang berkuah seperti sup. Akan tetapi hindari makanan yang terlalu kuat dan berbumbu.

3. Buatlah minuman dari madu dan lemon

10 Cara Mengeluarkan Dahak di Tenggorokan dengan Ampuhhealthline.com

Munculnya dahak biasanya dipicu oleh batuk dan radang tenggorokan. Untuk meredakannya, kamu bisa membuat minuman dari madu dan lemon.

Campur keduanya dengan air hangat. Larutan tersebut memiliki sifat antibakteri sehingga bisa mencegah iritasi dan penumpukan dahak di tenggorokan. Saat meminumnya kamu juga akan merasa lebih nyaman.

4. Minum air garam

10 Cara Mengeluarkan Dahak di Tenggorokan dengan Ampuhnewhealthadvisor.com

Cobalah mencampur segelas air hangat dengan dua hingga tiga sendok teh garam. Setelah garam larut, minumlah larutan tersebut.

Garam bisa membantu mengeringkan bagian belakang tenggorokanmu. Dengan begitu dahak pun akan menjadi lebih encer dan mudah untuk dikeluarkan. Kamu bisa mencoba cara ini dua sampai tiga kali dalam sehari.

5. Jaga agar posisi kepalamu lebih tinggi daripada tubuh

10 Cara Mengeluarkan Dahak di Tenggorokan dengan Ampuhsleepbubble.com

Dahak yang menyangkut di tenggorokan bisa membuatmu kesulitan untuk tidur. Untuk mengatasinya, letakkan beberapa bantal di bawah kepalamu hingga posisi kepala lebih tinggi daripada tubuh. Posisi ini lebih memungkinkan dahak untuk bergerak ke bawah.

Baca Juga: 4 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Saat Demam Menyerang, Jangan Panik

6. Jangan menahan batuk

10 Cara Mengeluarkan Dahak di Tenggorokan dengan Ampuhcloudfront.net

Jangan pernah menahan batuk walaupun kamu merasa bahwa suara batukmu mengganggu orang lain. Batuk adalah cara tubuh untuk mengeluarkan sekresi dari paru-paru dan tenggorokan. Semakin ditahan, semakin parah pula kondisimu. Dahak yang menyangkut di tenggorokan juga akan semakin kental. 

7. Hirup uap air panas

10 Cara Mengeluarkan Dahak di Tenggorokan dengan Ampuhfirstcrycdn.com

Cara melakukannya mudah. Kamu perlu menyiapkan baskom, handuk, dan air mendidih. Tutupkan handuk di atas kepala, dekatkan wajahmu ke permukaan air panas tersebut, dan hirup uap airnya.

Handuk memiliki fungsi untuk memaksimalkan uap air yang masuk ke lubang hidungmu sehingga tidak banyak uap yang terbuang. Saat melakukan cara ini kamu harus berhati-hati agar wajahmu tidak terkena air panas.

8. Hindari asap rokok

10 Cara Mengeluarkan Dahak di Tenggorokan dengan Ampuhimperial.ac.uk

Jika kamu adalah perokok, hentikan kebiasaan itu sementara saat kamu sedang radang tenggorokan dan batuk berdahak. Kamu juga harus menghindari asap rokok dari lingkungan sekitarmu.

Ini karena zat penyebab iritasi banyak terkandung di dalam rokok. Jika terus terpapar zat tersebut, dahakmu akan semakin parah dan kamu tidak kunjung sembuh.

9. Menggunakan jahe dan kunyit

10 Cara Mengeluarkan Dahak di Tenggorokan dengan Ampuhorganicfacts.net

Jahe adalah dekongestan natural yang terbukti bisa menyembuhkan demam dan flu selama ratusan tahun. Sedangkan kunyit memiliki sifat antiseptik yang bisa melawan bakteri jahat.

Jika digabungkan keduanya bisa melegakan tenggorokanmu dengan cepat. Caranya mudah, cukup tambahkan jahe dan kunyit ke dalam teh hangat. Kamu juga bisa menambahkan madu agar rasanya lebih enak.

10. Menggunakan minyak kayu putih

10 Cara Mengeluarkan Dahak di Tenggorokan dengan Ampuhorganicfacts.net

Minyak kayu putih ampuh untuk mengeluarkan lendir yang berlebihan di sekitar dada hingga tenggorokan. Ia bekerja dengan cara mencairkan lendir sehingga bisa dikeluarkan dengan lebih mudah.

Di saat yang bersamaan, minyak kayu putih juga bisa meredakan batukmu. Kamu bisa mengoleskannya di sekitar dada, tenggorokan, serta punggung. Cara lainnya adalah dengan meneteskan minyak kayu putih ke air mendidih kemudian hirup uap airnya.

Itu dia ulasan mengenai cara mengeluarkan dahak di tenggorokan dengan ampuh jika kamu melakukannya secara benar. Jika dahakmu memang tidak bisa dikeluarkan dengan metode alami di atas, solusi terakhir adalah dengan menggunakan obat. Jangan ragu untuk konsultasi ke dokter jika batuk berdahakmu tidak kunjung sembuh.

Baca Juga: 5 Khasiat Daun Tapak Dara, Tanaman Hias Pengusir Batuk dan Pilek

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono
  • Wendy Novianto

Just For You