Comscore Tracker

5 Cara Sederhana untuk Menjaga Kesehatan Mentalmu di Tengah Pandemi

Selain fisik, kesehatan mental juga wajib dijaga

Pandemi COVID-19 yang saat ini tengah mewabah di seluruh dunia tentu saja membawa dampak yang sangat luas terhadap seluruh sendi kehidupan. Tak jarang, pandemi ini juga membawa dampak serius pada kesehatan mental yang mungkin bisa diakibatkan oleh stres, ketakutan berlebih, beban pikiran berlebih, hingga pikiran-pikiran negatif.

Bukan hanya kesehatan fisik saja yang harus kamu jaga, namun kesehatan mental juga tak kalah pentingnya untuk kamu jaga agar selalu sehat. Ada beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mentalmu. Apa saja? Yuk, disimak!

1. Kelola pemakaian gadget atau gawai milikmu

5 Cara Sederhana untuk Menjaga Kesehatan Mentalmu di Tengah PandemiUnsplash/Jeshoots.com

Tahukah kamu jika penggunaan gawai secara berlebihan bisa berakibat buruk buat kesehatan mentalmu? Ya, menurut laman Mental Floss, pemakaian gawai—seperti HP, tablet, dan lain sebagainya—yang tidak dikontrol dengan baik akan mengakibatkan gangguan pada mental.

Nah, saat ada kebijakan dan anjuran untuk tetap berada di rumah, penggunaan gawai tentu akan meningkat pesat. Memandang layar HP terlalu lama dalam beberapa kasus akan mengganggu kesehatan mata dan juga menyebabkan candu.

Ditambah dengan beredarnya begitu banyak berita-berita yang negatif dan cenderung membuat stres, tentu akan membuat mentalmu semakin tertekan setiap harinya. Oleh sebab itu, batasi dan kelola pemakaian gawai secara bijak. Jangan membaca dan memikirkan kabar-kabar hoaks yang lalu lalang di gawai milikmu.

2. Istirahat cukup

5 Cara Sederhana untuk Menjaga Kesehatan Mentalmu di Tengah PandemiUnsplash/Gregory Pappas

Terlalu merasa jenuh atau bosan di rumah juga bisa berpengaruh pada kualitas tidur atau istirahatmu. Apalagi jika kamu memaksa mengerjakan tugas-tugas kantor di rumah tanpa kenal waktu, itu bisa membuat pikiranmu tertekan.

Istirahat cukup dan kualitas tidur yang baik dapat membuat kesehatan mentalmu terjaga dengan baik. Kamu bisa mengatur jam tidurmu secara ketat dan teratur dan hindari menonton televisi sampai larut malam.

Sering begadang, selain buruk bagi kesehatan mentalmu, juga akan berdampak buruk buat kesehatan fisikmu. Orang yang tidak memiliki waktu tidur yang cukup, lebih rentan terserang penyakit dibandingkan dengan orang yang memiliki waktu tidur lebih lama.

Baca Juga: Berada di Titik Terlelah? 5 Tips Ini Bantu Menjaga Kesehatan Mentalmu

3. Kelola keuangan dengan baik

5 Cara Sederhana untuk Menjaga Kesehatan Mentalmu di Tengah PandemiUnsplash/Sharon McCutcheon

Keuangan dapat berpengaruh terhadap kesehatan mental seseorang. Masalah keuangan yang berat akan membuat seseorang stres dan tertekan. Oleh sebab itu, kelola keuanganmu sebaik mungkin di masa pandemi COVID-19 ini.

Dilansir laman medis Mind, sebenarnya faktor keuangan itu berhubungan dengan kesehatan mental. Kamu harus benar-benar mengelola keuangan kamu di saat-saat yang tidak pasti seperti ini.

Pisahkan antara pengeluaran yang mendesak dengan pengeluaran yang tidak mendesak. Sebaiknya, pos pengeluaran untuk hal-hal yang bersifat hiburan bisa kamu kurangi untuk hal-hal lain yang jauh lebih penting.

4. Kelola stres dengan baik

5 Cara Sederhana untuk Menjaga Kesehatan Mentalmu di Tengah PandemiUnsplash/Nik Shuliahin

Memang di tengah pandemi seperti saat ini, akan membuat banyak orang mengalami stres dan tekanan mental, mulai dari kebiasaan yang berubah, keuangan memburuk, kebosanan, hingga ketakutan yang mungkin hinggap di pikiran kita.

Namun, di sinilah kamu harus bisa mengelola stres dengan baik. Seberat apa pun beban yang tengah dihadapi saat ini, kamu harus meluangkan waktu sejenak untuk mengelola stresmu.

Stres yang tidak dikelola dengan baik akan merusak kesehatan mentalmu. Tak jarang, seseorang mengalami depresi akibat tidak dapat mengelola stresnya. Ingat bahwa segala sesuatu yang buruk pasti berlalu. Jadi, hadapi semuanya dengan penuh kesabaran.

5. Perbanyak ibadah di rumah

5 Cara Sederhana untuk Menjaga Kesehatan Mentalmu di Tengah PandemiUnsplash/Volodymyr Hryshchenko

Ibadah, termasuk berdoa dan bersyukur, akan membuat mental dan fisikmu tetap sehat. Menurut laman Psychology Today, ada sebuah penelitian ilmiah yang menyatakan bahwa beribadah dan berdoa secara intens dapat menjaga kesehatan mental.

Orang yang beribadah dan berdoa secara teratur cenderung lebih tenang dalam menghadapi sesuatu. Bahkan, ibadah juga dapat meminimalkan risiko depresi bagi banyak orang. Nah, di saat-saat yang tidak menentu seperti ini, kamu harus perbanyak ibadah dan doa supaya kesehatan mental dan fisikmu dapat terjaga dengan baik.

Itulah lima cara sederhana yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mentalmu. Semoga artikel kali ini dapat menginspirasi kamu, ya!

Baca Juga: Hati-hati, 8 Kebiasaan Ini Dapat Mengganggu Kesehatan Mentalmu

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya