Comscore Tracker

5 Bahan Alami untuk Mengatasi Sakit Maag

Bahan-bahannya mudah ditemukan di rumah, nih

Memiliki gangguan lambung memanglah cukup menyusahkan dan menyakitkan. Gangguan kesehatan satu ini bisa terjadi dimana saja.

Dikutip Healthline, penyebab paling umum dari sakit maag adalah bakteri Helicobacter pylori, atau H.pylori. Namun, gangguan lambung bisa juga disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya seperti penggunaan obat penghilang rasa sakit secara berlebihan.

Sakit maag biasa diobati dengan antibiotik atau obat-obatan untuk mencegah asam lambung. Namun, tak hanya dengan antibiotik dan obat-obatan sasja, sakit maag juga dapat diobati dengan beberapa pengobatan ala rumahan. 

Intip sederet bahan-bahan rumahan yang bisa kamu manfaatkan ketika gangguan lambung melanda berikut ini, yuk!

1. Madu

5 Bahan Alami untuk Mengatasi Sakit Maagilustrasi madu (pexels.com/Adonyi Gábor)

Tak hanya untuk penambahan rasa atau perawatan kecantikan, madu memiliki banyak manfaat dalam kesehatan. Dikutip Healthline, madu juga bisa meningkatkan kesehatan mata, menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, dan beberapa penyakit kanker.

Tak hanya itu, madu pun dipercaya bisa menyembuhkan luka. Oleh karena itu, sebuah penelitian percaya bahwa sifat antibakteri madu ampuh membantu melawan H. pylori, salah satu penyebab paling umum dari sakit maag.

2. Bawang putih

5 Bahan Alami untuk Mengatasi Sakit Maagilustrasi bawang putih (pexels.com/Isabella Mendes)

Bawang putih adalah salah satu bahan makanan yang memiliki sifat antimikroba dan antibakteri. Sebuah penelitian laboratorium melaporkan bahwa ekstrak bawang putih dapat membantu mencegah pertumbuhan H. pylori, salah satu penyebab paling umum dari maag.

Dilansir Healthline, mengonsumsi dua sampai tiga siung bawang putih mentah sehari dapat membantu mengurangi aktivitas bakteri di lapisan perut pada orang penderita sakit maag. Tentu bukan hal yang sulit untuk menemukan bawang putih di rumah, bukan?

Baca Juga: Resep Simpel Membuat Kue dari Obat Maag, Cuma Butuh 4 Bahan!

3. Probiotik

5 Bahan Alami untuk Mengatasi Sakit Maagilustrasi yogurt (pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA)

Dikutip Medicalnewstoday, probiotik adalah organisme hidup yang membantu mengembalikan keseimbangan bakteri di saluran pencernaan. Meskipun probiotik tidak bisa membunuh bakteri H. pylori, probiotik bisa mengurangi jumlah bakteri yang ada dan dapat mempercepat proses penyembuhan.

Probiotik sendiri bisa ditemukan dalam yogurt, makanan fermentasi, atau suplemen probiotik. Tapi, dalam mengonsumsi suplemen probiotik, kamu harus penuh pertimbangan lantaran setiap porsi dalam suplemen memiliki konsentrasi probiotik yang lebih tinggi.

4. Flavonoid

5 Bahan Alami untuk Mengatasi Sakit Maagilustrasi buah apel (pexels.com/Suzy Hazelwood)

Flavonoid adalah sebuah senyawa yang terdapat dalam buah-buahan. Flavonoid dipercaya dapat menyembuhkan sakit maag dan berbagai masalah pencernaan lainnya, salah satunya seperti diare.

Dikutip Medicalnewstoday, flavonoid melindungi lapisan perut dari berkembangnya bisul. Senyawa ini melakukannya dengan meningkatkan lendir lambung untuk menghambat pertumbuhan H. pylori. Flavonoid sendiri juga memiliki sifat antioksidan. Senyawa ini bisa kamu temukan dalam buah-buahan, seperti apel, bluberi, ceri, lemon, dan jeruk.

5. Kunyit

5 Bahan Alami untuk Mengatasi Sakit Maagilustrasi kunyit bubuk (pexels.com/Marta Branco)

Rempah-rempah kuning yang satu ini mengandung senyawa bernama kurkumin. Para peneliti percaya bahwa kurkumin memiliki beragam manfaat untuk kesehatan.

Dilansir Medicalnewstoday, anti-inflamasi dan antioksidan yang terkandung di dalam kunyit ampuh mencegah sakit maag. Namun, laporan menyebutkan jika para peneliti masih memeriksa lebih lanjut terkait khasiat kunyit terhadap sakit maag.

Sederet bahan-bahan alami yang bisa dengan mudah kamu temukan di rumah tersebut dinilai ampuh meredakan gejala sakit maag atau gangguan lambung. Meski begitu, kamu wajib segera mengunjungi dokter apabila gejala yang kamu alami makin parah, ya!

Baca Juga: 7 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri Atas, Belum Tentu Maag lho

Dyah Sekar A Photo Verified Writer Dyah Sekar A

Nothing special about me ☀️☀️ dyahsekararuni@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya