Comscore Tracker

7 Cara agar Psoriasis Tidak Kambuh, Penting Diketahui!

Jaga kelembapan kulit dan pola makan

Psoriasis ialah kondisi autoimun jangka panjang yang memengaruhi kulit. Tidak ada obat untuk mengatasi kondisi ini sepenuhnya. Kondisi terkadang membaik dengan perawatan yang tepat, tetapi dapat kambuh jika terpapar pemicunya.

Hal-hal sehari-hari, seperti stres, gigitan serangga, dan suhu dingin dapat memicu kekambuhan psoriasis. Pemicu kekambuhan bervariasi dari orang ke orang. Dengan mengidentifikasi pemicu dan mempelajari cara mengelolanya, kamu bisa mengontrol psoriasis dengan lebih baik dan memiliki lebih sedikit kekambuhan.

Di sini, kita akan membahas beberapa strategi yang dapat dilakukan agar psoriasis tidak sering kambuh.

1. Gunakan krim pelembap

7 Cara agar Psoriasis Tidak Kambuh, Penting Diketahui!ilustrasi mengaplikasikan pelembap (freepik.com/freepik)

Psoriasis biasanya memburuk saat kulit menjadi kering. Jadi, penting untuk menjaga kulit tetap lembap dengan krim dan salep. 

Diterangkan laman WebMD, yang terbaik adalah mengoleskan pelembap yang tebal dan berminyak, seperti petroleum jelly. Petroleum jelly memiliki kemampuan yang luar biasa dalam menahan kelembapan di bawah kulit. 

Untuk menggunakannya, oleskan pelembap di atas kulit yang bersisik, lalu tutupi area tersebut dengan plastik atau bahan tahan air lainnya. Biarkan selama beberapa jam, lalu lepaskan. 

2. Hindari alkohol

7 Cara agar Psoriasis Tidak Kambuh, Penting Diketahui!ilustrasi minuman beralkohol (pexels.com/Tim Erben)

Minum alkohol dua gelas atau lebih sehari dapat menyebabkan pengobatan psoriasis menjadi kurang atau tidak efektif sama sekali, menurut penjelasan American Academy of Dermatology Association. Jadi, untuk mencegah kekambuhan, kamu perlu menjauhi minuman beralkohol.

Selain itu, penting untuk memberi tahu dokter jika kamu mengonsumsi alkohol. Sebab, mengonsumsi alkohol bersama dengan obat psioriasis atau obat-obatan lainnya bisa menimbulkan risiko kesehatan.

3. Berjemur secara teratur

7 Cara agar Psoriasis Tidak Kambuh, Penting Diketahui!ilustrasi perempuan sedang berjemur (pixabay.com/Victoria_Borodinova)

Radiasi ultraviolet (UV) memiliki efek imunosupresif. Ini dapat membantu meringankan gejala kondisi autoimun, seperti psoriasis. Dengan demikian, terapi sinar UV dapat menjadi pilihan pengobatan untuk psoriasis. 

Selain radiasi UV, paparan sinar matahari alami yang singkat dan teratur juga dapat membantu memperbaiki gejala psoriasis dan mencegah kekambuhan. Menurut studi dalam International Journal of Environmental Research and Public Health tahun 2016, ini karena efek antiinflamasi dan modulasi kekebalan dari sinar matahari.

Baca Juga: 9 Pengobatan Rumahan Efektif untuk Psoriasis pada Kuku

4. Cukupi kebutuhan vitamin D

7 Cara agar Psoriasis Tidak Kambuh, Penting Diketahui!ilustrasi sereal (pixabay.com/RitaE)

Penelitian dalam jurnal Endocrine and Metabolic Disorders tahun 2017 mengungkapkan bahwa kekurangan vitamin D sering terjadi pada orang dengan psoriasis, terutama saat musim dingin.

Sebenarnya, diperlukan penelitian tambahan untuk mengidentifikasi kaitan antara vitamin dan kondisi kesehatan. Namun, mencukupi kebutuhan vitamin D dapat membantu mencegah kekambuhan.

Kamu bisa meningkatkan asupan vitamin D dengan cara:

  • Berjemur di bawah sinar matahari.
  • Makan makanan yang kaya vitamin D, seperti ikan kembung, susu, dan sereal yang difortifikasi.
  • Suplemen vitamin D.

5. Kurangi stres

7 Cara agar Psoriasis Tidak Kambuh, Penting Diketahui!ilustrasi orang sedang stres (pexels.com/Liza Summer)

Stres merupakan pemicu kekambuhan psoriasis yang potensial. Menurut studi dalam jurnal Frontiers in Psychology tahun 2017, stres menyebabkan kekambuhan pada 68 persen orang dewasa dengan psoriasis.

Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengurangi stres dan membantu mencegah kekambuhan:

  • Menghindari situasi stres.
  • Berlatih yoga, meditasi, dan teknik fokus serta pernapasan lainnya.
  • Menjalani terapi atau konseling.

6. Perbaiki pola makan

7 Cara agar Psoriasis Tidak Kambuh, Penting Diketahui!ilustrasi makan buah-buahan (freepik.com/KamranAydinov)

Pola makan mungkin berperan dalam manajemen psoriasis. Sebuah tinjauan yang dimuat dalam jurnal JAMA Dermatology tahun 2018 menemukan bahwa intervensi pola makan dapat mengurangi keparahan kondisi ini. Ini utamanya berfokus pada makanan yang mengurangi peradangan.

Makanan pemicu psoriasis dapat bervariasi dari orang ke orang. Mencoba diet eliminasi dan mencatat perubahan yang terjadi dapat membantu mengidentifikasi pemicunya.

7. Hindari segala aktivitas yang mungkin menyebabkan cedera kulit

7 Cara agar Psoriasis Tidak Kambuh, Penting Diketahui!ilustrasi seseorang sedang bercukur (freepik.com/karlyukav)

Sangat penting bagi orang dengan psoriasis untuk menghindari aktivitas apa pun yang dapat menyebabkan goresan, luka, benjolan, dan infeksi. Sebab, trauma pada kulit dapat menyebabkan kekambuhan, menurut laman WebMD. Infeksi juga dapat menyebabkan masalah. 

Berhati-hatilah saat bercukur agar tidak terluka. Hindari akupunktur dan tato, dan lakukan apa yang bisa untuk mencegah gigitan serangga dan gesekan.

Meskipun psoriasis tidak dapat disembuhkan sepenuhnya, tetapi ada banyak hal yang dapat kamu lakukan untuk membuat kondisi membaik dan mencegah psoriasis kambuh. Cobalah untuk mempraktikkan cara-cara di atas agar psoriasis tidak sering kambuh.

Baca Juga: Psoriasis, Vitiligo, dan Urtikaria Meningkat selama Pandemik

Topic:

  • Nurulia

Berita Terkini Lainnya