Comscore Tracker

Ngeri Banget! Ini 5 Bahaya Nyata Menahan Bersin bagi Kesehatan

Yang suka menahan bersin wajib tahu fakta ini

Bersin merupakan respons alami tubuh ketika ada partikel asing di hidung yang seharusnya tidak berada di sana. Ini bisa termasuk bakteri, kotoran, debu, jamur, serbuk sari, atau asap. Beberapa saat sebelum bersin, hidung mungkin akan terasa geli atau tidak nyaman. Segera setelah itu, kamu akan bersin.

Ketika keinginan untuk bersin ini terjadi saat berada di tempat yang ramai, kamu mungkin merasa perlu untuk menahan bersin. Sayangnya, berbagai penelitian menunjukkan bahwa menahan bersin bisa membahayakan kesehatan, bahkan menyebabkan komplikasi serius. Melansir laman Healthline dan Live Science, berikut beberapa dampak buruknya!

1. Pecahnya gendang telinga

Ngeri Banget! Ini 5 Bahaya Nyata Menahan Bersin bagi Kesehatanideastations.org

Ketika menahan tekanan tinggi yang membangun sistem pernapasan sebelum bersin, kamu akan mengirim udara ke telinga. Udara bertekanan ini mengalir ke tabung di masing-masing telinga yang menghubungkan ke telinga tengah dan gendang telinga yang disebut tabung eustachius.

Menurut para ahli dari University of Arkansas for Medical Sciences, tekanan tersebut mungkin memicu salah satu atau bahkan kedua gendang telinga pecah dan menyebabkan kehilangan pendengaran.

Kebanyakan gendang telinga yang pecah dapat sembuh dengan sendirinya dalam beberapa minggu. Akan tetapi, dalam beberapa kasus, pembedahan diperlukan untuk mengembalikan gendang telinga ke keadaan semula.

2. Infeksi telinga tengah

Ngeri Banget! Ini 5 Bahaya Nyata Menahan Bersin bagi Kesehatangromaudio.com

Bersin membantu membersihkan hidung dari partikel yang tidak seharusnya ada di dalam hidung, termasuk bakteri. Seperti telah dijelaskan pada poin sebelumnya, dengan menahan bersin, artinya kamu sedang mengalihkan udara ke telinga dari saluran hidung.

Kondisi ini bisa menyebabkan bakteri atau lendir yang terinfeksi terbawa ke telinga tengah dan dapat menyebabkan infeksi telinga.

Baca Juga: 5 Penyebab Bersin Berkepanjangan yang Bikin Hidung Gak Nyaman

3. Rusuk patah

Ngeri Banget! Ini 5 Bahaya Nyata Menahan Bersin bagi Kesehatanhcah.in

Faktanya, kasus tulang rusuk yang patah akibat menahan bersin memang benar-benar ada dan bukan sekali dua kali terjadi. Hal ini bisa terjadi karena menahan bersin menyebabkan udara bertekanan tinggi dipaksa masuk ke paru-paru dengan kekuatan penuh.

4. Aneurisma

Ngeri Banget! Ini 5 Bahaya Nyata Menahan Bersin bagi Kesehatanunsplash.com/Priscilla Du Preez

Dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam British Medical Journal, dijelaskan bahwa tekanan yang disebabkan oleh menahan bersin berpotensi menyebabkan pecahnya aneurisma otak atau cedera yang dapat menyebabkan pendarahan di tengkorak sekitar otak.

5. Kerusakan pembuluh darah di mata, hidung, atau gendang telinga

Ngeri Banget! Ini 5 Bahaya Nyata Menahan Bersin bagi Kesehatanunsplash.com/Brooke Cagle

Para ahli dari University of Arkansas for Medical Sciences mengatakan bahwa terdapat risiko rusaknya pembuluh darah di mata, hidung, atau gendang telinga ketika seseorang menahan bersin.

Meningkatnya tekanan yang disebabkan oleh bersin yang ditahan dapat menyebabkan pembuluh darah di saluran hidung terjepit dan pecah. Cedera seperti itu biasanya akan memengaruhi penampilan seseorang, seperti menyebabkan mata dan hidung memerah.

Bagaimanapun juga, bersin adalah respons tubuh yang sangat normal. Bersin sendiri berfungsi untuk mengeluarkan partikel asing yang berbahaya dari dalam tubuh. Untuk itu, asalkan kamu tidak berteriak keras dan menutup mulut ketika bersin, tidak mengapa jika kamu bersin di tempat umum.

Baca Juga: Dada Nyeri Saat Bersin? Ini 6 Penyebabnya yang Perlu Kamu Ketahui

Ekaay Ekaay Photo Community Writer Ekaay Ekaay

Empty

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You