Comscore Tracker

5 Gangguan Kesehatan Akibat Kekurangan Vitamin D, Patut Diwaspadai!

Vitamin D bisa didapat dari makanan atau sinar matahari

Vitamin D adalah vitamin yang sangat penting dan memiliki efek kuat pada hampir seluruh sistem tubuh. Tubuh membuat vitamin D dari kolesterol saat kulit terkena sinar matahari. Vitamin D juga ditemukan dalam makanan tertentu seperti ikan berlemak dan produk susu yang diperkaya, tetapi sangat sulit untuk mendapatkan cukup vitamin D dari makanan saja.

Mengingat pentingnya peran vitamin D bagi tubuh, tak mengherankan jika kekurangan asupan vitamin D bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan kronis seperti berikut ini.

1. Mudah sakit

5 Gangguan Kesehatan Akibat Kekurangan Vitamin D, Patut Diwaspadai!pexels.com/Andrea Piacquadio

Salah satu fungsi utama vitamin D adalah menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat sehingga dapat melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. Vitamin D dapat berinteraksi dengan sel yang bekerja melawan infeksi.

Kurangnya asupan vitamin D bisa menyebabkan kamu mudah sakit, terutama masuk angin atau flu. Sebuah studi observasi yang dilaporkan dalam jurnal PLoS One menemukan hubungan antara defisiensi vitamin D dan infeksi saluran pernapasan, seperti pilek, bronkitis, dan pneumonia.

2. Nyeri tulang dan punggung

5 Gangguan Kesehatan Akibat Kekurangan Vitamin D, Patut Diwaspadai!pexels.com/Karolina Grabowska

Vitamin D penting untuk membantu menjaga kesehatan tulang, salah satu karena meningkatkan penyerapan kalsium tubuh. Kurangnya kadar vitamin D dalam darah mungkin dapat menyebabkan nyeri tulang dan nyeri punggung bawah.

Satu studi yang dipublikasikan dalam BMC Musculoskeletal Disorders meneliti hubungan antara kadar vitamin D dan nyeri punggung pada lebih dari 9.000 perempuan yang lebih tua. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa individu yang kekurangan vitamin D lebih cenderung mengalami sakit punggung, bahkan hingga membatasi aktivitas sehari-hari mereka.

Baca Juga: Kenali 6 Gejala Defisiensi Vitamin E pada Tubuh

3. Meningkatkan risiko diabetes

5 Gangguan Kesehatan Akibat Kekurangan Vitamin D, Patut Diwaspadai!pexels.com/Artem Podrez

Terdapat hubungan antara rendahnya tingkat vitamin D dan diabetes. Peran vitamin D kemungkinan berkaitan dengan sensitivitas dan resistansi insulin. Kemungkinan lain terkait dengan peran vitamin D dalam peradangan karena penderita diabetes tipe 2 juga memiliki peradangan kronis yang lebih tinggi.

Sebuah ulasan yang diterbitkan dalam Biochemical Journal menemukan bahwa kekurangan vitamin D menyebabkan banyak proses seluler dalam tubuh menjadi rusak. Hal ini dapat menjadi awal mula penyakit kronis seperti diabetes.

4. Selalu lelah

5 Gangguan Kesehatan Akibat Kekurangan Vitamin D, Patut Diwaspadai!pexels.com/Andrea Piacquadio

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan kelelahan, salah satunya kekurangan vitamin D. Sayangnya, hal ini sering kali diabaikan sebagai penyebab potensial.

Sebuah studi observasi yang dilakukan pada perawat dan telah dipublikasikan dalam jurnal Global Journal of Health Science menemukan hubungan yang kuat antara kadar vitamin D yang rendah dan kelelahan yang dilaporkan para perawat sendiri. Terlebih lagi, para peneliti menemukan bahwa 89 persen perawat mengalami defisiensi vitamin D.

5. Depresi

5 Gangguan Kesehatan Akibat Kekurangan Vitamin D, Patut Diwaspadai!unsplash.com/Priscilla Du Du Preez

Seasonal affective disorder (SAD) terkait dengan rendahnya kadar vitamin D. Gangguan tersebut rentan terjadi di tempat yang tidak mendapatkan cukup paparan sinar matahari yang merupakan sumber utama vitamin D.

Salah satu studi yang diterbitkan pada Journal of Diabetes Research, menemukan bahwa suplementasi vitamin D membantu meningkatkan mood pada perempuan dengan diabetes tipe 2. Semua peserta dalam penelitian tersebut diberi vitamin D dengan dosis 50.000 IU setiap minggu selama enam bulan. Hasilnya, peneliti menemukan ada penurunan signifikan pada depresi dan kecemasan serta peningkatan kesehatan mental.

Kekurangan vitamin D memang memberikan dampak yang signifikan bagi kesehatan. Kabar baiknya, kekurangan vitamin D umumnya cukup mudah diatasi. Kamu bisa mendapatkan lebih banyak vitamin D dengan meningkatkan paparan sinar matahari. Kamu juga bisa makan lebih banyak makanan kaya vitamin D atau dari suplemen vitamin D.

Baca Juga: Resep Lemon Mousse, Dessert Segar yang Kaya Vitamin C

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya